Saturday, August 3, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari Ke 26 / Menu lebaran..Sambel Goreng Kreni ( Yogya )



Udah deket2 Lebaran nich ya teman2..masih semangat masak kan teman2..?..Atau udah mau mudik nich..wah ..kalau mudikers sich enak..udah nggak perlu repot2 masak lagi..pasti  di kampung halaman di manjakan oleh keluarga yang di rumah..udah di siapin masakan yang enak2 ya..karena biasanya udah setahun nggak ketemu..ibu atau nenek kita dengan senang hati..memasakkan apa saja yang kita sukai..^^

Nah..buat yang belum mudik dan masih setia di dapur kayak aku..karena mudiknya cuma ke Yogya..deket ya santai aja..hihi...ayooo..tetep semangat masak ya di hari2 tarakhir puasa ini..jadi menunya yang  lebih spesial ya..biar sekalian bisa jadi ide buat menu Lebaran nich. Kalau orang Jawa..musti ada ketupat..opor dan sambal gorengnya nich. Sambal gorengnya kalau di Yogya atau lebih tepatnya di rumahku..hihi..yaitu sambal goreng bola2 bola daging..atau yang di sebut juga *kreni*..di campur dengan krecek dan kapri..rasanya..enak sekali. cocok banget dech buat teman opor ayam dan ketupat. Kreni..di buat dari daging cincang yang di bumbui garam dan di beri putih telur, kemudian di bentuk bulat2 dan di rebus..seperti bakso sampai mengapung..cuma rasanya beda sama bakso..karena ini murni daging aja. Paling enak..yang di  buat sambel goreng begini..atau di semur. Membuatnya sangat mudah kok..yukk.cobain ya..jika suka..resep step by step aja sekalian ya ..biar lebih jelas..^^
  • Siapkan daging sapi yang bagus ya..yang nggak berlemak..biar  mudah di cincang halus seperti ini. Kalau enggak mau repot..ya beli aja daging cincang di supermarket atau toko daging..selalu tersedia kok. Karena aku keluarga kecil..aku cuma butuh 250 gram saja..jadi sesuaikan kebutuhan saja ya..jumlahnya. Beri daging cincang ini garam sedikit dan putih telur.
  • Setelah di bumbui dan di aduk rata, bentuk bulat bulat seperti ini ya..
  • Setelah itu di rebus dengan air mendidih sampai terapung..

  • Hasil jadi kreni..seperti ini nich..siap di olah ..
  • Nah..setelah itu siapkan bahan sambel goreng lain ya..yaitu krecek dan kapri secukupnya serta bumbu2..seperti di bawah ini : Cabai merah sesuai selera, bawang merah kira2 8 butir, bawang putih 4 butir, lengkuas dan salam. Bawang merah dan bawang putih di ris tipis saja.
  •  Sedangkan cabenya di ulek halus..biar warna sambel gorengnya merah cantik.
  • Bumbu2 lalu di tumis dan di masak sampai benar2 matang dan berubah warnanya..kayak gini nich..lalu masukkan santan kira2 800 ml , tunggu sampai mendidih , baru masukkan kreni ( bola bola daging), dan krecek , serta bumbu2 lain yaitu 1 sendok teh kaldu bubuk sapi dan garam secukupnya, gula merah 1/2 sendok makan ( sesuai selera ), lalu masak sambail sesekali di aduk supaya santan tidak pecah. Terakhir masukkan kapri jika bumbu sudah meresap dan kuah menyusut. Koreksi rasa sebelum di sajikan.
  • Udah siap dech di hidangkan..oh ya..kalau yang sambel goreng kreni ini paling enak jika di masak sampai agak kering dan kuahnya menyusut jadi sedikit..tapi jika teman2 suka sambel goreng yang berkuah banyak..ya nggak masalah..masak sampai bumbu2 meresap saja. Sajikan sebagai penamping menu opor ayam atau gudeg jika suka.



9 comments :

  1. jaman kecil dulu paling seneng kalo dapat besek dari kenduri. Sambel goreng gini aku embat duluan sambil dimakan pake nasi panas, walaaahhhh enakeeee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah sama Mba Rina..mana dapetnya cuma se sudi kecil ya..kadang rebutan ama Kakak..^^

      Delete
  2. haddueh mak diahhhh,pinter banget yak masak....mauuuuu hehehe
    besoklah pengen nyoba :D
    oh iya,selamat yaaaa.....mak of the month kan???makan-makannnn....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..Hanna..met coba ya..^^
      mksh ya..ayukk makan2..tinggal pilih menunya ya.komplet di sini lho..hihi..

      Delete
  3. enak nih mbak, makin semangat makannya bisa2 minta nambah terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Lidya..jadi lupa diet kalau Sy..^^

      Delete
  4. Krecek itu udh lunak ya mbak jd bs lgs diolah kan ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pas mentah..bentuknya kayak kerupuk Mba Dina..nanti kalau di masak jadi lembek..^^

      Delete
  5. Mbak diah, salam kenal ya..
    Saya suka liat resep2nya mbak diah soalnya lengkap pake foto jadinya ada gambaran kayak gimana masaknya..
    Mau tanya nih mbak, kalau dagingnya digiling pake food processor barengan putih telur dan garam itu bisa ngga yah? Terima kasih

    ReplyDelete