Tuesday, August 6, 2013

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 30...Sambel Goreng Kentang Krecek dan Kering Tempe Kentang ..( Semarang Lagi...hihi )



Masih melengkapi menu untuk Lebaran..dan melengkapi menu inspirasi 30 hari untuk berbuka / sahur..ye ye..akhirnya bisa juga memenuhi janji ke teman2..30 hari non stop posting aneka menu rumahan untuk  buka / sahur..dari berbagai daerah..walau..mentok2 nya nguplek aja di menu2 ala Yogya dan Jawa Tengah..hihi..maafken ya teman2...maklum..lidah Jowo...^^

Nah sebelum tutup dapur alias mudik..hihi...menu ke 30 ini sambal goreng kentang dan krecek ala Semarangan jadi menu pamungkas ya...masakan ini jadi  menu wajib..di rumah mertua..kalau ada acara hajatan..atau Lebaran pasti dech duet samabal goreng kentang dan empal kelem tak pernah ketinggalan. Berbeda dengan sambal goreng ala Yogya..kalau sambel goreng kentang Semarangan ini lebih encer kuahnya dan warnanya tidak begitu merah merona seperti sambel goreng krecek Yogya..tapi cenderung merah kekuningan. Jadi cocok sekali untuk makan ketupat Lebaran nich..di tambah empal kelem yang ku posting kemaren..dan kering tempe plus kentang...udah dech..enak !
Sambel Goreng Kentang Krecek

Bahan :
200 gram kentang,potong dadu kecil, goreng
100 gram krecek
4 siung bawang putih, diiris tipis
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 cm lengkuas, dimemarkan, 2 lembar daun salam
1 sendok teh garam dan bumbu kaldu secukupnya jika suka
20 gram gula merah
1000 ml santan encer / sedang dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
6  buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting  ( cabai bisa sesuai selera )

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus sampai harum dan bumbu benar benar matang.
Masukkan santan, garam, dan gula merah. Biarkan samai agak mendidih,lalau masukan kentang goreng dan krecek. Masak sampai matang. Masak sampai bumbu meresapdan kuah sedikit menyusut.

6 comments :

  1. G dapet krecek..brusn dah blnja kentang sm hati..mw dimasak bginian...q mw resepnya ya mbk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..susah ya Mak Hanna..di sana krecek..wah emang banyaknya di Jawa Tengah berarti ya..nggak pa2 Mak..ada atinya..udah enak juga kok..^^ Selamat masak yach..^^

      Delete
  2. Selamat Pagi Mbak Diah...:)

    Dah seminggu nih gak mampir2 ke blog Mbk Di.. wahh dah banyak ketinggalan banyak menu sedap nih:) kebetulan tadi malam, dah praktekin nih menu sambal goreng krecek plus menu terbaru mbak di di lama depan yaitu tahu susur alias tahu isi hihih baru tahu namanya tahu susur, aku nyebutnya tahu isi aja hehhe:)

    Ohya, tadi malam, aku buat krecek ini gak pakai bawang putih dan emrah yg di iris, semua ku ulek. tapi diresep, mbak Di, pakai irisan juga, itu biar apa ya Mbak? jadi beda rasa gitu ya?

    -Intan-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Mba Intan..iya Mba...aku selalu pakai tambahan bwang merah dan putih yang di iris..biar sedep Mba..walaupun pakai banyak bawang putih dan merah..tapi jika di iris..tidak akan terlalu tajam berbumbu dan kuat rasanya..tapi makin sedep aja..aku belajar dari ibuku sich..memang kalau pakai bumbu banyak dan di ulek semua..jadi terlalu berbumbu mba..rasanya..tapi kalau di ulek semua dan cuma dikit nggak masalah sich mba.

      Oh ya..aku udah post ya..cara melipat dadar gulung..barusan..:)

      Delete
    2. Oh gitu ya.. jadi biar sedep, sebagian di ulek sebagian di iris, gak terlalu lekoh banget bumbunya tapi berasa sedep hmm.. ok, thank you:) beda urutan masukin bumbu dan bahan juga ngaruh ke rasa ya mbak? misal, garam dtambah di depan atau belakangan beda rasa sedepnya ya?

      jadi penasaran nih, tentang penggunaan bumbu2 dapur dan cita rasa yg dihasilkan tiap bumbu. :)

      Delete
    3. Iya Mba..beda rasa bumbu di ulek dan di iris..coba sekali2 bikin nasi goreng bawang putih dan merah di iris..pasti citarasanya akan berbeda dengan nasi goreng yang pakai bumbu ulek..kayak bumbu oseng..kebanyakan di iris kan..karena jika bumbu oseng di ulek..rasanya jadi berbeda..juga. Kalau garam..tambahkan sedikit dulu di awl..supay amerasuk juga ke bahan yang di masak..kalau di tambahkan di akhir,,misal ngungkep ayam gt..nanti kurang meresap garamnya ke dalam daging ayam. tapi kalau untuk sayur..yang di panasin lama..misal gudeg dll..jangan masukkan byk garam dulu di awal..karena selama proses pemanasan yang lama..nanti akan semakin terasa garamnya..karena kuah menyusut..jadi beda2 mba..penanganan tiap masakan.nanti lama2 biasa kok..:)

      Delete