Thursday, August 22, 2013

Basil Versus Kemangi..


Iseng...lagi cari2 info apa bahasa Inggrisnya kemangi..eh ternyata jawabannya ada beberapa versi...ya sudah .nurut dari Mbah Wiki saja..yang biasanya lebih ilmiah njelasinnya..hihi. Nah..karena lagi bahas kemangi nich..aku jadi ingat juga jenis daun yang beraroma lain..*saudara dekatnya*...yaitu daun basil..itu tuch daun kayak kemangi..mirip banget penampakannya..memang...( foto di atas....itu foto daun basil..), yang biasa di pake untuk masakan luar. Dulu pernah pas beli basil gitu di supermarket dan waktu bayar di kasir..mba2 kasirnya bilang...ibu beneran mau beli *daun ini* atau kemangi bu..?..Wah..ngece nich Mbaknya..batinku..di kira nggak tau basil daku..hihi. Dengan kalem aku tunjukin ke mba kasirnya..iya mba..bener kok..mau beli daun ini..ini namanya daun basil kan..nich mau bikin spaghetti ala pesto..yang pakai daun basil dan tomato chery ini..sambil ku sodorin aja belanjaanku..yang emang cuma tiga macem itu..hihi. Gantian Mba kasirnya dech yang tersenyum malu..hihi.

Ini rangkuman mengenai daun daunan beraroma seperti basil dan kemangi ya :

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.

Orang Eropa secara tradisional mengenal O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi phở. Manglak dikenal di Indonesia sebagai kemangi.

Jadi kesimpulannya..*kemangi*..menurut Mbah Wiki bahasa Inggrisnya..*Thai Lemon Basil*..oke dech noted.

Lalu apa bedanya basil dengan kemangi..nah..kalau ini..nggak usah tanya Mbah Wiki..daku juga tau bedanya..hihi. Apa bedanya..beda aroma..beda rasa..dan juga beda gunanya..hihi. Paling mudah memang kalau udah pegang dan mencium aroma basil secara langsung..kita langsung mencium aroma yang berbeda dengan aroma kemangi..kalau basil lebih ada aroma mint2nya gitu. Nah..bentuk daunnya walaupun mirip sebenernya juga sedikit beda sich. Nah..gunanya juga beda..sama2 buat masakan sich..kalau basil biasanya buat hidangan ala barat sono..kayak pasta saus pesto...buat salad..dll..Nah kalau kemangi ya paling enak lah buat di pepes..buat lalap dll..hihi..pasti udah hafal kan teman2.Kalau di suruh milih..basil atau kemangi..aku pilih kemangi saja dech..hihi..soalnya sempat nyoba juga dulu basil ini buat pasta yang terkenal gitu yaitu pesto..karena penasaran aja gimana rasanya...hemm..belum bisa nerima dech lidahku..hihi..lidah ndeso *..lha masak daun basilnya di blender, terus di masak sama pasta..masih aneh aja sich menurutku. Nah..kalau kemangi buat lalap..hayo..mau sepiring kemangi juga habis..apalagi ada sambal tomat atau sambal terasinya..plus ayam atau ikan gorengnya ...*ingat diet Mak..diet..hihi*..cuma membayangkan saja kok..^^

Jadi teman2.yang belum tau basil.semoga bermanfaat ya sedikit infonya..tetep..I love kemangi ketimbang si basil..hihi.

Nah..kalau di olah..daun basil..salah satunya jadi spaghetti saus Pesto..kayak gini : Kalau teman2 nanya enak rasanya ?..Hemm..gimana ya..hihi..sedikit aneh...belum cocok aja di lidahku..^_^



42 comments :

  1. waduh, kalao basil ane belum pernah liat. Belum pernah makan orang2 eropa sih..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..basil..kalau bentuk dan penampakannya..kayak kemangi sich Mas Yanuar..cuma beda aroma dan rasanya..:)

      Delete
  2. Oooh, tak kirain sama mbak..

    nggak pernah megang soalnya, cuma liat aja di TV :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rini..beda Mba...aromanya aja udah beda sama sekali..rasanya juga beda..ada aroma mintnya..kalau basil..:)

      Delete
  3. belum pernah tau yang namanya basil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Hanna..itu kayak di foto daun basil..mirip banget ya..sama kemangi..cuma beda rasa..dan aroma..:)

      Delete
  4. ooo... jadi beda yaa mbak.. selama ini aku kalau ada resep pk kemangi, aku suka masukan daun basil kering, biar praktis.. ternyataa >.< hahaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Coba sesekali kalau pas ke supermarket ke bagian sayuran mba..dan cium aroma daun basil..berbeda dgn aroma kemangi..wah...aku malah jadi penasaran ini..kapan2 tak mepes ikan pakai daun basil..hihi

      Delete
  5. basil dibikin lalap, enak ga y mba? #pertanyaan konyol# (?mungkin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ya..iya..kemaren pas punya basil..malah nggak kepikiran Mba Santi..hihi..karena cuma kepikiran mau coba resep saghheti ala pesto...makanya..nanti tak cobanya..buat lalap..sama buat pepes..hihi..tunggu ya..nanti ku ceritain rasanya..hihi

      Delete
  6. jalan2 di blog mbah diah didi ya ampun foto fotonya bikin ngiler hehehe makasih ya mbak atas infonya :) saya penasaran abis kalo liat orang masak di tv pake daun basil kok kayaknya enak gitu, tp belum pernah liat langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Erlinda..sama2 ya..di supermarket kayak Carefour atau Superindo gitu ada kok mba..daun basil..cobain dech biar nggak penasaran ..:)

      Delete
  7. Biasanya, kalau enggak ada bahasa asingnya pakai saja bahasa latin karena enggak semua rempah-rempah kita tumbuh di negara lain, begitu juga sebaliknya.
    Misalnya 'kluwek' = 'pucung nut'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu..wah..makasih banyak Mba Dina..masukannya ya..ini lagi iseng mau nyusun kamus dapur nich..hihi

      Delete
  8. mbak, punya pohon kemangi nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak Mba Dwee..kalau butuh kemangi..aku langsung nitip tukang sayurku,..dan langsung di bawain..seger dr kebunnya..hihi..coba nanti tak minta bibitnya dulu ya..tak nanem..:)

      Delete
  9. Wah,tyt emank beda ya mb. Soalnya aq pernah baca sejarah pizza,dari wrna bendera italia merahnya dari saus tomat,putihny dari mozarella,ijony basil tapi di artikelnya dikasih "(kemangi)". Aq lgsg mikir,ms kemangi? Kok kyny ga cocok gt sm rasa pizza. Makasih infonya mb.. Ayo kamusnya segera dilengkapi ya mb. Biar aq lgsg baca aja #emak2malas ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran beda iya Mba Khusnul..soalnya aku udah sering nyicip..dan emang..bener..kadang..terjemahan resep di acara masak luar yang sering aku tonton juga gt..kalau ada chef yang masak pakai daun basil..pasti tulisan terjemahannya dlm bhs ind..pakai kemangi..hihi...lha nggak kebayang dech..spaghetti saus pesto..kan pakai basil..terus di ganti pakai kemangi di blender gt hihi...*eh..tapi sapa tau malah enak ya....hihi..aneh..*

      Ya Mba..di tgg ya..kamus dapur nya..smg sgr bisa nulis komplet..hihi

      Delete
  10. daun basil itu pengucapannya bazle bukan sih mbak? soalnya aku lagi nonton video nya jamie oliver, dan dia bilang "bazle" (ini sih yg aku denger yaa, soalnya bahasa inggris aku rada2 ngaco :D ). dan di video itu dia lagi bikin spaghetti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitu dech kira2 Mas..hihi..Logat pengucapan orang luar kadang kan juga beda2 ya Mas..:) Iya..biasa buat bikin spaggeti saus pesto..kayak yang aku buat itu..cuma resepnya juga macam2 versi saus pesto itu..:D

      Delete
  11. tapi mirip banget ya..ya emang lbih seger kemangi :D

    ReplyDelete
  12. malah Q kira daun basil itu klu di indo daun kemangi, trnyata ga sama :)

    ReplyDelete
  13. Mbak. Beli daun basil dimana yah?? Di carrefour atau gaint gitu ada kah??

    ReplyDelete
  14. Untung waktu itu gak jadi tak ambil mbak... pempakannya persis foto di atas, gemuk2 daunnya tapi di raknya tulisannya kemangi. Aku mbatin kok kemangi gemuk2 banget...apa enak kalau dilalap. Kalau aku sampai sekarang lidahku blm bisa nerima kalau disuruh makan mentah daun ketumbar mbak... perasaan rasanya kok koyo walang sangit...hihihi,,,dasar ilat ndeso.

    ReplyDelete
  15. Sukaaa banget sama tulisan" mba,resep dan ilmu kedapuran..hehe..salam Kena dr Lexa di surabaya mba,,

    ReplyDelete
  16. Daun Basil belinya disupermarket mana ya ? :( saya cari-cari nggak ketemu
    Apa susah dapet Daun Basil Kering yang siap pakai ?
    mohon dijawab terimakasih... salam kenal :)

    ReplyDelete
  17. berhubung disini susah nyari basil kalo mba masak pesto pake kemangi gimana ya? kan deket tuh belinya. nnti sharing :)

    ReplyDelete
  18. iya mirip-mirip ya mbak, kalo dari harga, basil lebih mahal jauh ya mbak dari kemangi? *belum pernah nemu basil sih* :D

    makasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  19. Sekarang sudah cukup mudah menemukan basil di supermarket2 besar, permukaan daun basil lebih halus dibandingkan Kemangi. Dan daun basil cenderung lebih lebar dr pada kemangi. Biasanya daun basil digunakan yg masih fresh bukan yg kering, kalo untuk yg kering biasanya itu daun Bay Leaves

    ReplyDelete
  20. ya udah deh kita bikin pepes ikan mas sama daun kemangi deh... hihi

    ReplyDelete
  21. nyari perbedaan basil sama kemangi ngangkut dimari... jd laper hehe

    ReplyDelete
  22. Terima kasih infonya. Any way , 1 sendok makan daun basil yang dikeringkan dan diseduh aur panas. Diamkan 10 menit. Lalu diminum sehari 2-3 kali,bisa membantu kaum hawa yang sedang kram datang bulan loh ( supaya tidak nyeri ). #love herbalist

    ReplyDelete
  23. kirain memang kemangi = basil, ternyata beda hehhee

    ReplyDelete
  24. Jadi, lemon basil dan kemangi itu sama mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkt pulkam, ada keluarga yg tanam mint, basil, dan kemangi ala Lombok. Stlah sy mncium aroma basil eh trnyata sama persis sm kemangi yg umum ditanam d Lombok cuman beda sdikit pd morfologi daunnya. Spertinya kemangi yg tumbuh di Jawa sm dgn kemangi yg tmbuh di Kalimantan yg biasanya kita makan. Tp brhubung sy lbh dl familiar dgn aroma kemangi yg mirip dgn aroma basil, jd sy lbh suka aroma basil mbk. hehehe. BTW, nice post mbk!

      Delete