Tuesday, August 13, 2013

Tahu Kupat Bumbu Dadakan



Gara2 kemaren di Magelang makan tahu kupat bukan di warung biasanya langganan kami..maksudnya biar bisa jadi referensi lain gitu..sekalian di liput buat tulisan lain di blog...sayangnya rasanya kurang nendang..nah makanya tadi pas liat kupat di pasar jadi pengen buat sendiri dech. Ya..begitu dech..aku sering banget ikut arus..mencoba aneka kuliner yang di gembar gemborkan media..baik televisi ataupun di internet..yang katanya enak..di suatu daerah..walaupun kadang2 ujung2nya suka kecewa..kok biasa aja gitu rasanya..hihi...salah sendiri ya..korban berita...^^ Udah gitu..kalau musim liburan kayak kemaren suka sampai antri dech cuma mau sekedar makan sepiring tahu kupat..hihi. Baru duduk dan mau pesan..udah banyak orang yang berdiri .menunggu kita makan..nggak enak banget dech..eh pas udah makan..kok begitu aja rasanya..hihi..kata suami..ngapain jauh2 sampai Magelang dan antri segala ya..kalau cuma makan tahu kupat begini..^^.

Ku pikir2..iya juga ya..bikin sendiri aja di rumah sebenernya sangat mudah..bisa lebih puas..lebih enak dan sesuai selera bumbunya..* masakan rumah memang the best dech...* Tapi ada hikmahnya juga sich jajan tahu kupat kemaren..kalau di rumah kan Yodha nggak mau nyobain..karena banyak makanan lain..nah kemaren karena kepepet nggak ada menu lain dan laper..eh mau juga dia makan tahu kupat..dan suka kuah kacang encernya..terus bilang minta di buatin di rumah..alhamdulillah..sudah mulai suka makan dia..tadi aku buatin tahu kupat juga lahap..suka dech..katanya lebih enak dari yang beli kemaren..hihi..walau nggak mau sayurannya..tapi paling nggak nemu satu lagi menu yang di sukai Yodha..^^

Oke..segitu dulu ya..cerita tentang si tahu kupat Magelang yang kami cicipi kemaren di Magelang..nah..aku tadi bikin sendiri versi bumbu yang dadakan aja...karena cuma buat berdua..aku sama Yodha..jadi bumbu2nya fresh langsung di ulek di cobek..terus tuangi air panas dech..dan jadilah sepiring tahu kupat yang seger buat kami berdua..^^ Selamat mencoba ya..jika masih punya stock ketupat mungkin ...teman2 di rumah..^^ Kalau mau versi tahu kupat ala Magelang yang lain..yang seperti warung langganan kami yang enak di Magelang..liat di sini ya resepnya..^^

Tahu Kupat Dadakan

Bahan :
Tahu putih 2 buah, goreng
Kol mentah, taoge yang di seduh air panas, daun sledri cincang, bawang goreng secukupnya.
Kupat 2 buah, bakwan sayuran 2 buah, potong2

Bumbu kuah :
1 - 2 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
1 daun jeruk 
Gula merah 1/2 - 1 sendok makan, garam sedikit , kecap manis 1 - 1 1/2 sendok makan ( sesuai selera saja dech, di cicipin dulu..kalau kurang apa2 tinggal di tambahin sdr )
Kacang tanah 1 sendok makan

Cara Membuat :
Potong2 tahu dan kupat, tambahkan irisan kol dan pelengkap lain.
Ulek semua bahan bumbu, lalau tuangi air panas secukupnya.
Koreksi rasa..sajikan.


4 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..hayukk sarapan tahu kupat Mak Hanna..^^..

      Delete
  2. Pengeeeeen... Mbak Diah.

    Kalau di Bandung tahu kupat untuk sarapan. Di Nganjuk sama bumbunya juga bumbu dadakan, namanya tahu lontong, cuma ditambah petis. Saya yang awalnya enggak suka petis, kalau makan tahu lontong petis mesti 2 porsi. Xi xi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...kok sama ya Mba..di Semarang juga ada tahu gini yang pakai petis bumbunya..namanya tahu gimbal..nah dulu aku juga kurang suka petis..tp klu buat campuran dikit aja di bumbu kacang gini..emang jadi enak ya.
      Memang kok..tahu dan kupat atau lontong ini ada berbagai versi ya..di banyak daerah ada jenisnya..enak semua dech ..^^

      Delete