Thursday, August 22, 2013

Bakwan Jamur dan Udang..Gurih dan Yummy...^^


Bakwan again..^^..tapi percayalah..yang ini..enak sekali teman2..bakwan jamur dan udang. Jamurnya pakai jamur tiram..yang murah dan mudah di jumpai di pasar2. Dulu pernah juga bikin bakwan jamur ini..cuma jamurnya dikit cuma untuk campuran bahan atau sayuran lain.Nah kemaren nyoba yang jamurnya jadi bahan utama. Hemm..enak sekali rasanya. Sebenernya jamur aja udah enak ya..di buat isian bakwan...nah aku kepikiran aja..supaya lebih gurih aku tambahkan cincangan udang di dalamnya..wah ternyata semakin enak. terus aku coba tambahkan juga 1 buah bawang bombay..wah..klop sekali rasanya. Bawang bombai di bakwan ini menyumbang rasa gurih dan sedikit manis..jadinya enak sekali. Jadilah..menu baru yang kayaknya bakalan sering aku buat dech..soalnya bahan2nya simple dan mudah juga membuatnya. 

Senengnya memang bereksperimen di dapur...liat bahan  apa yang ada..terus main feeling aja mau di buat apa..di kombinasikan  bahan lain yang tersedia juga..semua musti di coba..biar tahu rasanya. Itulah..prinsip..Chef @ home..ciptakan menu sendiri..kombinasi bahan2 sendiri..dan trik2 sendiri..nggak harus terpancang pada buku resep dll. Kayak salah satu acara di AFC..Asian Food Channel..ada acara masak..Chef @ Home..konsepnya bagus banget....*Close your cookbooks, look in the fridge, fire up your imagination and let your instincts and appetite be your guide! Padahal..hostnya juga sebenernya seorang Chef profesioanl yang sudah sangat terkenal di luar sana..Michael Smith..cuma dia membuat suatu konsep acara masak yang berbeda..di mana dia hanya menjadi seorang *Bapak rumah tangga*..hihi..maksudnya bapak2 gitu di rumah..yang fungky dan sering masak..buat istri dan anaknya, dan teman2 terdekatnya yang sering datang ke rumah. Jadi ini benar2 cerita dan resep2 original...dapur rumahan..behind the scene dari dapur di rumahnya..bukan ala resto2 atau hotel2..seperti biasanya seorang chef bekerja....seru banget pokoknya..ada tips2 baru setiap episodenya. Jadi di acaranya itu memang resep2 dan tips trik dapurnya suka rada nyleneh..dan beda dari chef2 profesional lainnaya.Tapi ku pikir2..yang masuk logika juga sich..jadilah salah satu acara masak favoritku dech..Chef @ Home ini..soalnya..*aku banget*..hihi...sama..suka bereksperimen sendiri di dapur..kadang nyalahin pakem masakan yang udah ada...yang penting hasilnya enak..dan membuat memasak jadi lebih mudah dan menyenangkan..jadi rasanya..seperti punya laboratorium..tapi laboratorium dapur...hihi.

Back to bakwan ahh..malah ngelantur ceritanya ya teman2..oh iya..bakwan jamur ini paling enak di sajikan pas anget2 gitu ya..jadi gorenglah jika sudah waktunya mau di makan ya..bisa buat pendamping lauk lain misal di makan sama sop gitu aja udah enak..jadilah menu ekonomis..tapi tetep yummy..atau buat snack gurih sore2 juga enak...jangan lupa cabe rawitnya ya..wah..enak pokoknya. Kemaren...sambil nggoreng..pertama noel satu bakwan..abis itu...noel satu lagi..dan akhirnya sambil nggoreng kok udah habis 3 biji..hihi..aduch..help help..!..Kapan jadi mulai dietnya ini ya..huhu..padahal sebulan lagi musti berkebaya ria di pernikahan ponakan..hihi. Tapi..dalam hati ngayem ngayemi diri sendiri..Ibu Waljinah penyayi keroncong itu tetep cantik kok ya..walaupun ndut ..pakai kebaya..*alah..mulai dech..melemahkan semangat dietku..hihi..semoga berhasil..berhasil dech rencana dietku..tapi tetep kok bakal masak2 enak buat suami dan anak..teman..jadi tetep bisa posting resep yang enak enak di sini..hemm..semoga saja tidak tergoda..ikut makannya tapi ya..hihi. *lagu lama..diet cuma selalu jadi *resolusi setiap tahunnya ^__^..*

Ini bahan2 buat bikin bakwan jamurnya ya..^^

Bakwan Jamur dan Udang

Bahan :
250 gram jamur tiram, cuci dan suwir suwir kecil
100 gram udang ukuran sedang, kupas, dan cincang / potong kecil2
2 batang daun bawang, potong kecil2
1 buah bawang bombay, iris tipis panjang
1 butir telur, dan kurang lebih 100 ml air
Tepung terigu 100 gram protein rendah atau sedang ( misal : kunci biru atau segitiga biru )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
8 butir merica butiran / merica bubuk secukupnya, cuma  aku lebih suka merica butiran kalau untuk bakwan, lebih terasa.

Cara Membuat :
Campur bumbu halus dan semua bahan2 lain..sampai menjadi adonan yang kental. Goreng di minyak panas sedang dan terendam  minyak ya..supaya matang sempurna sampai kuning kecoklatan. Sajikan hangat dengan cabe rawit.
Adonan bakwannya seperti ini ya jadinya..Selamat mencoba..^^



18 comments :

  1. Hohoho jamur tiram yaak.. enyaak itu, ntar mau coba bikin aahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Noe..met coba ya..enak dan gurih..murah dan sehat juga kan..hihi..
      Eh tadi lupa nulis airnya buat ngadonin Mak..skrg udah ku update ya resepnya..^^

      Delete
  2. hhhmmmm..... yuummooo.....
    liat potonya aja udah ngiler... anakku doyan ni pasti, nyobain ahh...
    btw salam kenal ya mak (dr sesama org Semarang), eh bener kan?? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,,mskh Mak...iya..enak lho..met coba ya..
      Salam kenal juga Mak..iya bener..daku tinggal di Semarang..ikut suami..cuma asal dari Yogya..asyikk..deket tetanggaan ya Mak..berarti..^^

      Delete
  3. jamur di batam mahal mak hehe...tapi sesekali dicoba seru juga,nantilah kalo suami pulang baru masak lagi hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya tho Mak Hanna..hihi..lha di sini seplastik gt cuma 4 ribu paling mahal...met coba ya mak..^^

      Delete
  4. huwaa...belum makan siang nih maak...lapeerr :D
    sukaa banget jamur. ternyata bisa berjodoh juga ya sama udang lalu jadi bakwan. patut dicoba nih. tengkiyu yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Riana..klop banget kok..mereka..hihi..udang dan jamur..jadi super gurih..ayook di coba ya..^^

      Delete
  5. mak Didi, coba bumbu halusnya tambahin ketumbar deh, trs gilingnya jgn terlalu halus, agak masi kasar gt, enak jg lho mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Aulia..makasih ya tips ya..iya Mak...kadang2 ..kalau buat bakwan yang benar2 mau di buat lauk nasi dan sayuran..aku kadang suka pakai ketumbar juga..jadi lebih gurih ya..bener..tapi klu cuma buat cemilan..daku suka yang agak soft gurihnya Mak..cuma bwg putih aja..biar habis banyak gitu makannya..hihihi..*batal diet dech..*

      Delete
  6. Daun bawang yg dimaksud itu onclang (yg gede) ato godhong brambang (yg kepalanya kecil,biasa buat taburan d kuah bakso).......d semarang agak bingung tukang syur kl ak sebutin godhong brambang,mereka kbnykn tau nya onclang.....d resep2 kdg sebutin nya daun bwang,itu mskdnya yg mana y mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun bawang itu ya..yang ada di tukang sayur itu Mba Dina..yang daunnya gede2..kalau daun brambang..malah jarang liat aku di sini Mba..:)..tapi kalaubuat bakwan..daun brambang enak juga kali mba..kalau ada..kadang2 juga..aku pakai kucai malah..hihi..atau sledri..pokoke buat bakwan itu apa2 masuk..hihi

      Delete
  7. langsung dibookmark nih :D
    apalagi di komplek lagi ada usaha jamur, jd tiap minggu melimpah jamur tiram :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sipp banget itu Mak..bisa sering2 makan aneka masakan jamur..soalnya pasti murah ya..klu beli langsung di tempat budidaya jamurnya..^^

      Delete
  8. Iya mbak brarti onclang ya...bener dsini jarang mmg daun brambang,tp biasa nya d pasar gg.baru sih ada.d pasar langgar jg ada...tp krg tau kl pasar2 yg laen hehehe...ok thanks ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sm2..Hihi..aku taunya pasar Jati atau Damar Mba..di Semarang atas..:)

      Delete
  9. Mba, aku udah bikin bakwan jamur nya tapi ga pake bawang bombay krn aku dan suami kurang suka. Aku tambahin ketumbar sedikit. Wahh enak bgt mba! Ternyata jamur tiram itu enak ya dibuat bakwan. Ini pertama kalinya aku bikin dan aku suka bgttt :) jamur itu rasanya sprti daging gitu ya mba jd bikin kenyang kalo ngemil nya banyak heheh. Thanks mba buat resep nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Evelyne...sama2..syukurlah jika suka..enak jamur tiram memang..murah meriah pula ya Mba..:)

      Delete