Saturday, August 24, 2013

Kue Cubit...Pakai Cetakan Jadul Kuningan..Hasilnya..Mulusss..^^


Pagi tadi..tumben Yodhaku kok minta makan terus..hihi..kali2 karena dingin ya..pagi hari di Semarang nich..padahal..siang dikit kayak sekarang puanass poll..pengen bikin es dawet terus..cuma nggak sempat..hihi. Tadi pagi tuch habis  sarapan..sepupunya Yodha dik Icha datang main ke rumah..eh mereka berdua terus asyik makan chococrunch sama susu..eh setengah jam kemudian udah tengok ke meja makan cari2 cemilan..adanya cuma biskuit..terus ngak jadi. Aku tanya ke kakak..mau di buatin kue..iya..katanya. ya udah..mikir..bikin kue apa yang cepat..soalnya mumpung Yodhanya mau makan..hihi..kalau kelamaan..sibuk main atau apa..udah lupa dech pengen makannya. Dan akhirnya..ingat dech..kalau cetakan kue cubit kuningan yang aku beli di Yogya kemaren belum jadi di pake..oke dech..akhirnya..aku coba aja..bikin sedikit dulu..kan masih ujicoba..eh jadinya banyak ternyata..^^..ya iyalah..kuenya kecil2 imut2..lucu dech. Dan..ujicoba pertama pakai cetakan kuningan..berhasil..mulus2 kue cubitnya..nggak cepat gosong kuenya..kayak kalau pakai setakan alumunium biasa, dulu pernah beberapa kali bikin soalnya. Selain itu..aku juga ganti resep..dan hasilnya ..lebih puas yang tadi rasanya..lebih enak. Luarnya garing..dalamnya empuk. tapi jangan berharap empuk kayak cake ya..kalau kue cubit..hihi..empuknya ya..empuk..kayak bolu2 jadul kecil2..yang rasanya khas karena di panggang di api kompor langsung gitu.

Habis matang...aku sodorin ke Yodha..eh doyan dia..habis 4 atau 5 biji tadi ya..sekali makan..seneng dech. Kue cubit punya yodha..aku taburi meises..sisanya aku panggang biasa..terus ku balik..biar hasilnya cantik..soalnya yang tabur meises belepotan..kurang cantik permukaannya..hihi. Hasil jadinya untuk tepung 125 gram..lumayan juga kok..jadi 3 kali panggang gitu..hitung sendiri ya..hihi..ya jelas..sekarang udah habis..soalnya papinya Yodha juga doyan...^^

Oh iya..tips..untuk memanggang kue cubit nich..apinya musti kecil ya..biar nggak cepat gosong..dan balik menggunakan tusuk sate, biar hasilnya mulus..kalau di abang2 tukang jualan kue cubit itu..ada sich alat tusuk khusus untuk membaliknya..karena aku nggak punya..ya pakai tusukan sate aja.bisa juga tuch..mulus2..^^
Mau coba..yukk silahkan..ini resepnya..hasil utak atik beberapa resep yang dulu dan dengan tehnik sendiri juga..ya penting jadi..hihi. Oh ya..aku suka kue cubit yang pakai ragi..jadi bisa empuk..biasanya pada di diamkan dulu ya beberapa waktu sebelumnya...kan kalau bikin kue cubit..aku tadi langsung aja..enak juga tuch..tetep empuk dan jadi..hihi..soalnya keburu kelamaan kalau di diamkan..keburu nggak mau makan kue lagi Yodhanya..^^
Resep Kue Cubit 

Bahan2 :
125 gram tepung terigu protein rendah
2 sendok makan tepung tapioka
2 butir telur
100 gram gula pasir
4 sendok makan susu cair
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh ragi instan
1/8 sendok teh soda kue
1/8 sendok teh vanili bubuk
50 gram margarin, lelehkan

Cara  Buat :
Kocok telur dan gula hingga kental ( nggak perlu ngembang2 banget )
Masukkan bahan2 kering sambil di ayak, kocok rata dengan speed rendah
Masukkan susu dan margarin leleh bergantian, sambil di kocok perlahan dengan speed rendah
Panaskan cetakan kue cubit ( jika pakai cetakan dari alumunium biasa..ganjal dengan seng atau apa yang cocok ya..biar agak jauh dari api..jadi nggak cepat gosong )
Tuang adonan 2/3 tinggi cetakan saja..karena nanti akan mengembang. Tutup dan masak dengan api kecil hingga hampir matang. Nggak masalah jika kulit bawah udah kecoklatan, tapi bagian atasnya masih terlihat agak lembek, balik saja sebentar..nanti akan matang dengan cepat bagian atas kue nya,. Angkat. Sajikan.



28 comments :

  1. hiyaaaa....naksir berat sama cetakannya mb diah...jadi inget punya cetakan carabikang dari kuningan tapi ilang ketika aku masih di Bawen.
    Emang ya kalo cetakan dari kuningan nggak gampang gosong. Mantep lagi pakenya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Rina..serasa nemuin harta karun kemaren di Pasar Beringharjo Yogya..lha dulu punya ibuku juga malah di kasih orang..skrg mana ada pabrik kuningan yang mau bikin cetakan gini ya Mba..:)

      Delete
  2. oowhhhh itu toh kue cubit..rasanya kayak gimana mak??kyk kue bolukah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..kue kayak bolu jadul gitu..cuma bentuknya lucu2..dan cepet banget bikinnya..nggak nyampe 5 menit..udah mateng..di panggangan..:)

      Delete
  3. aku punya satu cetakan kuningan warisan dari nenekku belum pernah dipakai..
    coba pakai resepnya mbak Diah ah..., makasih resepnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...asyik itu Mba..di simpan baik2 cetakannya..susah lho nyarinya..:)..met coba ya ..ayo di manfaatkan cetkan warisan nenenknya..:)

      Delete
  4. whoaaa mbak Di perfect banget bentuk nya. terus warna bagian dalem nya bagus deh.. <3<3<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak..mksh. Ini karena cetakannya dari alumunium..lebih tebal dan menyerap panas dengan baik..jadi..walaupun api kecil..kue tetep mengembang dan matang dengan sempurna.Dulu kalau pakai cetakan alumunium putih..yang selalu bagian bawahnya agak gosong..hihi..

      Delete
  5. Jeng didiiii... eh kok komen ku yg dulu ilang, btw sepupuku di perumahan karang rejo asri... deketkah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduch maaf Mba Lala..komen yang mana Mba.hihi..mungkin masuk spam ya..coba aku cek dulu..ya. Oh..Karangrejo Banyumanik..ya..lumayan deket Mba..ke karangrejo ya sering wira wiri aku.makan soto sedep..ke toko daging Nandisari..dll..klu ke rumahku ya 5 - 10 menit lah...^^

      Delete
  6. Oh, boleh, boleh kalo agak lamaan di semarang ta mampir deh mw berguru n liat koleksi sango nya n mw nyulik cetakan kue cubitnya, haha... jaman msh jomblo sering nginep trus ke pasar njohar... huhu.... sejak pny mertua di jogja lamanya di jogja deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mba..wah..mau komplit lagi di show roomnya Sango Mba..di Semarang bawah..bisa pingsan kita..karena liat keramik bagus2 semua..:D

      Delete
  7. Salam kenal, soda kue itu apa bahasa englishnya, kalau ragi yeast
    Makasih banyak, saya di US kangen makan nih kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baking soda Mba Irene...:)..Selamat mencoba ya..:)

      Delete
  8. kak, adonannya ga dibiarin dulu sampai mengembang ? kan pakai ragi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba..kalau untuk roti ..donat dll..di diamkan hgg mengembang..klau kue cubit nggak perlu..nanti terlalu empuk..jadi apem..:)..kalau di biarkan mengembang dulu..:)

      Delete
  9. Mb Di...TBK di Pasar Bringharjo dmnax sih? Aku seriiiinngg bnget maen kJogja,tp yo koq ğ tw kl ad TBK di Pasar Bringharjo x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bukan TBK itu Mba..itu kios klitikan atau yang jual barang2 antik jadul..di dalam pasarnya Mba..di bawah tangga yang menuju naik ke atas..:)

      Delete
  10. Mbak kalau pakai tekan lumpur bisa tdk ya?

    ReplyDelete
  11. Mba saya udah coba sesuai resep, kok agak keras ya mba?
    apa tepungnya kebanyakan? Supaya lebih lebih lembut, lebih baik ditambahin kuning telur apa dikurangin tepung?

    Mau nanya juga, kalo gak pake ragi gpp? Trus fungsi tepung tapioka utk apa ya mba? Maaf banyak nanya hehe, mohon bimbingannya ya. Makasih mba

    ReplyDelete
  12. sore mbak,
    saya sdh nyobain resep ini, dgn cetak waffel alumunium beralas besi spy panas mrata cantik. hasil kue nya cantik sesuai motif di cetak, tp kue nya kq keras yah?spt kue bantat gitu..pdhl kuenya mengembang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya..cetakan wafel kan lebih lebih pendek mba..jadinya mudah kering ya..:)

      Delete
  13. Mbak diah resep kue cubitnya itu bisa nggak ditarok daun pandan ?

    ReplyDelete
  14. Mbak dian saya mw tanya klw mw cari cetakan kue cubit bulat yg isi 1 loyang 7 dmn ya hbs d tempat saya gx ada . Klw mbak bisa bntu .. ne no hp saya 081345219952.makasih mbak dian

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini byk, tapi alumunium biasa Mas...:) no hp ku 089654712500

      Delete
  15. Makasih resepnya mbak, aku mau cb hari ini tp pangganganku yg aluminium tipis. Semoga sakseeis ndak gosong. Aamiin.

    ReplyDelete
  16. Wah mba di aku barusan bikin kue cubit, adonan si ga ada masalah mba tp kuenya gosongan huhu aku bli cetakan biasa yg putih seperti wajan kecil yg murah itu mba huhuhu kira2 di kasih penyangga nya gmn si mba aku msh bingung

    ReplyDelete