Thursday, August 29, 2013

Sambel Terong Panggang


Yuhuuu..aku menemukan resep sambal yang nggak perlu minyak sama sekali..selain sambal dadak mentah dan sambal kukus..hihi. Biasa..masih melanjutkan acara dietnya..teman2..tapi..tetep pengen makan sambel dong..aduch..nggak bisa dech kalau ninggalin cabe. Emang diet boleh makan sambal ya? Boleh..kalau diet ala aku..hihi..yang penting makannya pakai nasi merah..dan nggak pakai minyak atau di goreng sambalnya.

Nah..tadi iseng aku pengen sambal..terus ingat masih punya terong hijau satu di kulkas. Ya..jadi pengen sambel terong dech..cuma..kalau di goreng..biasanya nyerap minyak banget si terong ini..akhirnya..cari akal..coba2 aku panggang / sangrai aja tanpa minyak di wajan besiku..eh berhasil lho..terongnya matang, dan bisa empuk..malah ada sensasi bakarannya gitu aromanya.
Ya oke..lanjut..cabai..bawang merah, bawang putih di sangrai juga sampai matang. Terus terasinya di bakar..lalu aku buat sambal kayak biasanya..wah..wah..ternyata..enak sekali lho..walau tanpa minyak..hihi. Sippp dech berhasil..membuat resep sambal  yang sehat. Buat teman2..udah pernah coba sambel terong..? enak lho. Terongnya jadi lembut dan ada rasa2 manis gitu kalau di sambel..enak banget pokoknya..nich liat sendiri..di jamin kemecer..hihi.
Aku aja..tadi nggak sabar mau mindah2 ke piring atau motret2 dengan nasi dll..keburu kemecer pengen nyolek sambalnya pakai nasi merah..hihi.Ya udah..langsung saja ya..monggo..sambal terong secobek cobeknya..selamat menikmati..hihi.
Sambel Terong 

Bahan :
150 gram terong hijau, kupas, iris tipis2
4 buah cabai rawit
5 butir bawang merah dan 1siung bawang putih , potong kasar
Terasi 1/2 sendok teh, bakar
Garam dan gula merah sedikit.

Cara Membuat :
Panggang terong di wajan besi atau teflon hingga matang,sambil di bolak balik agar enggak gosong.
Sangrai cabai, bawang merah dan putih hingga matang, ulek dengan terasi , garam dan gula merah. Masukkan terong panggang, ulek rata, kasar aja. Sajikan..yummy. Tips : Buat yang enggak diet dietan..boleh kok bahan2 nya di goreng biasa..cuma memang terong menyerap banyak minyak kalau di goreng..jadi kalau sama enaknya..kenapa tidak ya..di panggang saja..^^

14 comments :

  1. Ngeliatin sambal ini bikin.... *elapiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kemecer ya Mba Leyla..sambel is the best..kalau lagi bingung mau makan apa :D

      Delete
  2. mbak makasih inspirasi resep sambel terongnya yaaaa, udah aku coba tadi siang, enak, di habisin art ku katanya baru pertama makan sambel terong, halaahh...mbae sama aku juga baru pertama makan ni sambel hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Esti..asyik..udah bisa main ke sini lagi ya..internetnya udah oke lagi ya..sipp2..unik kan mba..rasanya..hihi

      Delete
    2. iya nih mba udah lancar dari kemaren, udah ganti modem speedy yang baru jadi bisa buka, lama ga buka soalnya emang bener-bener ga bisa buka lingknya njenengan jadi banyak yang ketinggalan hehehe, tiap hari kudu ngintip mba, buat referensi bekel sekolah anaku mba, secara aku kan ga ikut catering, mahal mbak anak kembar pengeluaran dobel, mending emaknya yang rajin ngubek blog kuliner, praktekin kan serumah bisa ikut makan hehehhehe

      Delete
    3. Wah..iya ..bagus itu Mba...lebih irit ya..ayukk semangat masak buat si kembar..bonusnya..semua juga bisa icip2..enak gitu lho..dedeknya ada doyan ngemil semua.wah..seandainya Yodha mau makan seperempat loyang kue aja..nggak usah setengah loyang..pasti tiap hari aku bakal update resep cake baru terus mba..hihi

      Delete
  3. langsung masuk list utk hari minggu besok... Hehehe... Kalo cabe bawangnya dikukus pengaruh ke rasa gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga kayaknya Mba Lina..cuma lebih berair ya..kalau di kukus..kalau ini kan keset..garing gitu..kayak di goreng sambelnya..^^

      Delete
  4. kalo di tempatku sini di pemalang,si terong biasa dibuat pecak terong mbak...terongnya dibakar dulu...terus bumbunya bawang merah,cabe,di bakar juga,trasi,garam,gula dikit,kasih kencur dikit,ndak pakai tomat.makannya disajikan dengan santan yang ndak dimasak,jadi kelapa parutnya diperas dengan air matang/air matang hangat aja....jadi lebih sehat mbak,karena lemaknya tidak melalui proses pemanasan,maka kandungan lemaknya yaitu lemak yang baik....kan santen yang dimasak itu yang bikin ndak sehat..,eh maaf mbak bukannya sok ngajarin tapi itu yang pernah kubaca. rasanya....sedeppppp...tapi ya buat yang doyan sedep2an,ilat ndheso kayak aku....alternatif pengganti terong yaitu tempe yang dikukus atau dibakar,lalu tumbuk kasar/dipenyet2 sekalian di layah tempat nguleg bumbunya,trus diguyur pakai santen yang ga dimasak....mbak diah udah pernah coba belum?hehehe resep ndeso aja dipamerin...maaf deh mbak... ^_^ emma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik..dape ide menu sehat2 dari Mba Emma..mksh mba..aku juga suka yang ndeso ndeso gitu kok..hihi..ntar aku coba dech..itu santannya terus di aduk gt kah sama sambalnya Mba?

      Delete
  5. resep sambalnya benar2 muantabbb mak diah.salam kenal ya sy mak Ema dr lombok,NTB.klo kita dilombok mbak cabe rawitnya dibanyakin paling dikit pake 10biji hehehe orang lombok gtu loh sukanya makan cabe hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Ema..salam kenal juga ya..^^

      Wah..iya Mak..silahkan di tambahin lho cabenya..biar nampol pedasnya ..hihi..
      Kalau aku juga suka pedas..tapi lumayan heran juga Mak..kemaren cabe 4 aja..udah kepedesan aku..tumben juga..jadi mikir..apakah cabe rawit yang ku pakai ..sudah impor..hihi..* apa2 di tukang sayur aja udah impor sekarang..bawang merah..bawang putih..dll.hihi*

      Delete
  6. cabenya beli dilombok aja mak,asli gtu lho hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mauuu Mak..ke lOMBOK..beli lombok = cabe kalau bhs Jawa..hihi

      Delete