Saturday, August 31, 2013

*Jangan Tewel* .....^_^



Sayur lodeh..sayur harian..yang sangat fleksibel..mau campur bahan apa saja..bisa. Salah satu lodeh favoritku adalah lodeh nangka muda..kalau di Yogya..namanya *jangan tewel / gori*..hihi. Enak..dan tidak pernah bosan. Biasanya ibuku suka bikin lodeh ini di rumah. Sering..lha tewel / gori / nangka mudanya..tinggal petik gitu di kebun. Pelengkapnya biasanya daun so, kelapa, dll juga tinggal  petik..jadi cuma tinggal beli bumbu aja dech..kalau mau bikin sayur lodeh. Kalau sekarang ya di Semarang..harus beli..dan udah lumayan lho nangka muda ini harganya..sepotong 3 ribu sampai 4 ribu. 

Seandainya nanti punya rumah baru, hem..pengen dech punya rumah yang kebunnya luas..terus di tanami macam2 tanaman gitu, kayak nangka, pepaya, singkong, buah2 an..dll. Halah..pagi2..udah ngayal..bersyukur dech..sekarang juga udah punya rumah..dan udah punya beberapa pohon..ada pohon pepaya..nangka..tapi nangka buah..rambutan, dan belimbing wuluh dan nich..lagi rajin nanem cabe di kebun belakang..iseng..hihi. Tapi lumayan lho..kalau kepepet kehabisan cabe..bisa metik di belakang..jadi..nggak ada ruginya lho teman2..kalau mau menanam cabe sendiri di rumah...hihi.

Back to sayur lodeh..aku suka yang versi bumbunya di iris saja..jadi terasa segar gitu rasanya..enak di gado..nggak pake nasi. Mau coba teman2..silahkan..enak lho..rasa ndeso..yang selalu ngangeni..^^
Jangan Tewel / Sayur Lodeh Nangka Muda Bumbu Iris
Bahan-bahan :
200 gram nangka muda, dipotong-potong, direbus
100 gram kacang panjang
50 gram daun melinjo / daun so

8 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis

2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai ( atau bisa pakai rebon )

10 butir cabai merah , di iris serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )

Tempe semangit 1 potong jika suka ( 50 gram )
1000 ml atau lebih santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa
Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas serta tempe semangit.
Tuang santan. Masukkan nangka muda dan bumbu2 lain. Masak sampai nangka lunak dan bumbu meresap. Lalu masukkan kacang panjang dan daun so. Masak lagi sebentar. Sajikan

Di makan sama gimbal udang yang renyah..wah..enyakk..!




16 comments :

  1. waaahhhh dapet lagi kan inspirasi menu yang belum pernah aku coba, cecek (orang banyumas nyebut gori) campur so, ma kacang panjang bisa yaa jadi lodeh! pasti ku coba besok,makasih ya mbak diiiii......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget Mba Esti..lha ini sayur harian ala ibuku di Yogya..hihi..cuma..jangan masuk bareng ya..nangkanya biar empuk dulu..baru masukin kacang panjang dan daun so nya..kalau masuk bareng..nanti keburu mateng duluan sayurnya..nangkanya belum mateng..^^

      Delete
  2. Tempe semangit itu kayak apa tho mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempe yang kematengan mba Dina..jadi udah kecoklatan gitu rasanya.Kalau di goreng nggak enak..tapi kalau di buat campuran sayur lodeh gini..jadi sedeepp. Bisa juga di buat sambal..ntar klu aku punya tempe semangit lagi ku fotoin ya..

      Delete
  3. dari tadi ngoment di post2 yang kemarin2 belum bisa juga,moga ini bisa....saya suka jangan tewel mbk,cocok banget sama udang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..bisa kok ini Mak Hanna..lagi lemot kah internetnya..?
      Iya Mak..wah..di gado aja enak ini..biar sok sokan dietnya tetep lanjut..hihi..diet nggak makan nasi aja..^^

      Delete
  4. cocok Mbak sayur tewel bersanding dgn peyek udang plus sambel terasi , aduh jadi laper.....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,...iya Mba Martini..apalagi tambah tempe bungkus daun yang di goreng garing ya..aduch..tambah enak lagi dech..:D.

      Delete
  5. kalau aku sukanya lodeh bumbu iris tapi gak ditumis,direbus biasa aja pake santan, segeer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...iya..bener..itu juga enak ya Mba Misrina..tambah sehat ngurangi minyak..hihi.

      Delete
  6. Mb Di, hari ini aku masak lodeh tewel ni, lauknya mujaer goreng garing, tahu bacem ma orek tempe. Hmmmm yummy banget, tks idenya ya....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.mantab lauknya komplet ya Mba Ida..tambah nyam nyam dech..sama2 ya..selamat makan..hihi..*pas nich kan jam makan siang ya..aku lagi nunggu rebusan tempe semangit nich..buat sambal tumpang lagi..di sambi online..hihi

      Delete
  7. Oooh tempe gembos ya?lupa org smrg bil nya apa Kl org jawa timur bilang tempe mbos,yg sdh bosok (busuk) gt kan......hehehe.ak pikir namae kok keren bgt hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempe Gembos..?..Itu kan tempe menjes ya Mba..atau memang nama tempe yang udah kematengan juga?..^^

      Delete
    2. Beda loh mba.. tempe gembos sama tempe semangit... setauku, tempe gembos dari ampas kedelai, kalo tempe semangit ya tempe yang udah kematangan... hee
      Irma

      Delete
  8. Jangan Tewel.....!
    Kalau pulang ke Indo pasti ini yang aku request pertama kali ke emakku...! Aku sih bisa ya mbak bikin sendiri tapi kalau yang bikin emak rasanya kok beda ya...? pokoknya jangan tewel ini misterius sekali haha...

    ReplyDelete