Friday, August 16, 2013

Tempe Mendoan Purwokerto Asli...Enakkk...^^



Tempe mendoan...sudah biasa ya..kita buat teman2..tapi..jika tempenya asli dari Purwokerto yang khusus buat tempe mendoan..hemmm...memang beda dan enak sekali. Entah mengapa ya..tempe mendoan Purwokerto ini beda sekali rasanya dengan tempe2 biasanya yang sering aku beli di sini. Rasanya..enak..alami..ndeso gitu dech..nggak ada aroma2 asam..atau aroma tempe pabrik..kayak tempe Semarang..hihi. Pokoknya beda aja..dan jika di buat tempe mendoan..wah..enak banget..apalagi tempenya memang sudah dalam bentuk lembaran tipis..pas untuk 1 mendoan..jadi enggak perlu motong2 lagi..tinggal di celup ke adonan tepung..terus di goreng setengah matang..masih agak basah gitu..dan di cocol pakai sambal kecap pedas..wahhh..yummy dech..nggak mau berhenti makan sebelum piring kosong dech..^^
Aku biasanya nitip tempe mendoan asli dari Purwokerto ini..dari adik Iparku yang Semarang..yang istrinya asalnya dari Banyumas..nah kemaren tuch udah mau nitip..eh lupa..tapi alhamdulillah..adik iparku berbaik hati membawakannya untukku. Makasih ya buat Tante Ana..yang ingat bawain aku tempe mendoan favoritku ini..hihi. Yodha juga suka lho..mendoannya..dan habis banyak kemaren.

Oke..aku share resep Tempe Mendoan Khas Purwokerto ya buat teman2..cuma tempenya yang asli sana susah ya carinya..jadi ganti tempe biasa aja yang lebar terus di iris2 tipis2..bisa juga..cuma memang lebih enak..kalau tempenya asli purwokerto..hihi. Sebenernya kemaren di beliin tepung bumbunya juga yang udah siap pakai dari Purwokerto juga sama adik ipar..cuma..kalau aku kok lebih suka meracik sendiri tepung dan bumbu2nya..lebih sesuai seleraku rasanya...^^

Ciri Khas tempe mendoan Purwokerto...selain bentuknya yang tipis2..jadi udah pas untuk 1 mendoan..juga cara menggorengnya..nggak perlu sampai kering..kayak mendoan biasa..jadi masih setengah matang gitu..tapi jangan kuatir..tempenya cepat matang kok..karena tipis2..dan karena masih setengah basah inilah yang membuat citarasa tempe mendoan Purwokerto ini..semakin istimewa..karena rasa gurih alami tempenya semakin menonjol rasanya. Cobain dech..enakk..tapi jika tidak suka ya..bisa di goreng kering seperti mendoan biasanya..tetep..enak juga..^^
Resep Tempe Mendoan Ala Purwokerto

Bahan-bahan  :
10 buah tempe mendoan Purwokerto/  tempe biasa , diiris tipis melebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka / tepung beras
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1  sendok teh  bumbu kaldu bubuk dan garam secukupnya
3/4 sendok teh ketumbar
1 cm kencur

Bahan Sambal Kecap Pedas (aduk Rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
1/8 sendok teh garam

Cara Membuat :
Aduk rata tepung terigu, tepung tapioka, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering.
Tiriskan. Sajikan dengan sambal kecap pedas atau cabai rawit..Yummy ..^^





10 comments :

  1. sebetulnya saya kurang suka sama tempe mendoan, tapi melihat foto tempe mendoan yg udah jadi dan tempe mendoan purwokerto nya, jadi ngiler deh..
    Tapi beli tempenya mesti ke Purwokerto dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Santi..yang asli ini cuma ada di Purwokerto..aku aja bikinnya klu pas di oleh2 hin adik ipar..tapi pakai tempe bisa yang papan itu juga bisa kok mba..di iris tipis2..asal tempenya enak dan nggak asem..^^..enak lho Mba.mendoan..hihi..kalau aku suka banget dr dulu..^^

      Delete
  2. halo mba, saya ngfans blog mba nih hehe^^ helpful banget. btw saya lg ngkost di purwokerto, mendoannya emang enak tp harus panas2, kalo dingin bagiku eneg :/ tp entah kenapa tempe biasa disini (bkn yg khusus mendoan) pahit dan rasanya aneh :(
    susi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Susi..makasih ya udah sering main sini..:)..iya mba..emang paling enak di makan anget2..mendoannya..soalnya kan belum kering bener ya.
      Oh ya..yang tempe biasa pahit ya Mba..mungkin bukan buatan rumahan kayak yang khusus mendoannya ya Mba..^^..aku malah belum pernah coba tempe yang biasa dari Purwokerto..hihi..

      Delete
  3. tadi pagi-pagi banget aku coba bikin tempe mendoan ini mbak tp pake tempe khas sidoarjo aja.kalo aku kencurnya tak ganti kunyit.enak ya mbak dimakan sama nasi anget2.anakku (2 th) yang biasanya ga suka tempe jadi doyan dia.makin semangat cobain resep lainnya. udah 4 resep kucoba mbak.
    syofi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Syofi..yukk semangat cobain resep2 lainnya ya..:)

      Delete
  4. Mbak Diah, tetanggaku jualan mendoan pakai resep ini lho
    Kata dia laris manis
    Sehari bisa seratus potong tempe
    Aku pribadi juga cucok banget bikin mendoan pakai resep ini
    Minimal sekali seminggu pasti bikin mendoan

    ReplyDelete
  5. Sipp mba..alhamdulillah..jk bisa jadi jalan rejeki ya resep nya..:) ikut seneng mba :)

    ReplyDelete
  6. Berhasil bikin mendoannya..suami saya suka bgt..orang padang jg bisa bikin mendoan hheeheeh..Enak bgt nih..recommended bgt resepnya :D

    ReplyDelete
  7. kalau mau menu lain dari mendoan silahkan liat di di sini

    ReplyDelete