Google Ad

Tuesday, August 27, 2013

Butter Cake Dasar...Dengan Tehnik Kuning Telur dan Putih di Kocok Terpisah



Ada macam2 cake..ada butter cake..sponge cake..chiffon cake..dll..seperti yang udah pernah aku posting di sini. Aku selalu excited..mencoba resep2 cake baru..cuma yang jadi masalah..adalah..siapa yang akan menghabiskan seloyang cakenya..hihi. Suami dan anak..kurang begitu hobby makan cake..mereka lebih suka makan roti daripada cake..jadi..aku bikin cake..kalau mau di kasih ke orang..atau buat acara2 tertentu saja kadang.Padahal..pengennya sich..sering sering mencoba berbagai resep cake baru gitu biar nambah ilmu terus. Ya..tapi...tidak apa lah..masih banyak resep2 lain yang bisa tetep di coba dan keluarga suka..soalnya kan memang niat masak..buat keluarga tercinta kan..jadi masak yang di sukai keluarga ..itu yang terpenting.

Tapi..berhubung Yodha mau ulang tahun..September besok..dari minggu kemaren aku udah uji coba beberapa resep cake untuk ultah Yodha. Tahun ini requestnya temanya Mickey Mouse Club House..seri kartun favoritnya di Disney Junior..dari kue ultahnya..goodie bagnya..sampai kadonya..hihi..minta yang serba Mickey..e alah..udah besar lho Kak kamu itu..masih aja mau ultahnya pakai tema kartun..hihi. Ya udah..demi Yodha..apa sich yang nggak. Nah..rencana akumau bikin cake yang bertingkat dua..terus pakai fondant aja..biar lebih mudah menghiasnya..dgn tema Mickey..jadi..base cakenya musti cake yang kokoh..bukan seperti  sponge cake..dll. Nah..yang paling cocok adalah butter cake.Karena cakenya padat dan kuat jika di tumpuk cake lain di atasnya. Jadilah..pengen uji coba dulu beberapa resep buttercake..dan cari mana paling oke..buat kuenya yodha nanti. 

Kemaren mulai uji dengan resep dasar butter cake yang sering ku buat..yaitu yang pakai telur 6. Tapi pengen yang sedikit lebih moist dan lembut di banding butter cake biasanya yang memang padat ya jenis butter cake ini...makanya aku pakai tehnik kuning dan putih telur di kocok terpisah. Hasilnya..oke..lebih moist daripada biasanya, manisnya pas..dan wangi vanilla..enak..karena aku pakai vanila dari Ny Liem..ternyata memang wangi banget. Beruntunglah di dekat rumahku ada TBK yang komplet..dan yang punya juga gaul..selalu ngikutin trend perbakingan..jadi bisa dapat bahan2 bagus dan berkualitas dech..nggak perlu jauh2 turun gunung ke Semarang bawah.Tapi..ini baru percobaan pertama..besok mau coba beberapa resep lagi..buat perbandingan. aku simpan dulu resep yang ini di sini ah...biar nggak lupa..kalau buat lagi.Cuma, ternyata loyang bongkar pasangku agak kegedean untuk membuat satu resep ini..jadi next time..kalau mau penuh satu loyang isinya..musti buat 1 1/2 resep dech, jika memakai resep ini...catet..sekalian..biar nggak  lupa..hihi...soalnya rencana memang pakai loyangku yang ini..loyang bongkar pasang dan bagian bawah bisa datar bulat saja atau bentuk tulban..jadi sekalian tes loyang juga..perlu berapa resep gitu.agar penuh dan setinggi loyang ini cakenya nanti.
Resep Dasar Marble Butter Cake 
( Versi Kuning dan Putih telur di kocok terpisah )

Bahan A :
250 gram margarin
6 kuning butir telur
100 gram gula pasir 
280 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
20 gram maizena
100 ml susu cair
1/2 sendok teh pasta vanila

Bahan B :
6 putih telur
100 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam

Bahan C  :
Pasta coklat secukupnya

Cara membuat :
Olesi loyang bulat atau loyang tulban dengan margarin, taburi permukaannya dengan tepung sampai rata.

Adonan pertama :
Kocok margarin, pasta vanila dan gula sekitar 5 menit sampai lembut.
Masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata.
Masukkan tepung terigu, baking powder, tepung maizena sambil di ayak dan di kocok perlahan bergantian dengan susu cair. 

Adonan kedua :
Di wadah lain yang berih, kocok putih telur ( dengan mixer yang bersih juga ) dan garam sampai setengah mengembang, lalau masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil di kocok sampai kaku ( soft peak,  liat foto ya )
Campurkan adonan pertama ke putih telur yang sudah mengembang, tuang sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata, aduk melipat dari bawah ke ats, jangan terlalu kuat mengadauk ya..supaya tidak bantat cakenya. Ambil sedikit adonan , beri coklat pasta, aduk rata.
Tuang adonan putih di loyang, beri adonan coklat secara acak, tuang adonan putih lagi. Bentuk marmer dengan bantuan tusuk sate.
Panggang di oven suhu 180C selama 50menit.
Dinginkan di rak kawat. Sajikan




26 comments :

  1. Mbak, ini sama dengan bolu ya? Aku waktu kecil seneng banget makan bolu. Kalau pakai loyang biasa bisa gak? Aku gak punya loyang tulban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..rasanya kayak bolu..cuma beda tehnik buatnya. Kalau bolu kan telur sama gula di kocok sampai mengembang..nah..kalau ini buttercake..yang mentega sama gulanya di kocok dulu...baru telurnya masuk. Hasilnya ini juga lebih moist dan empuk..karena pengocokan putih dan kuning telurnya di pisah.

      Delete
  2. mbak...mana foto telur yang dikocok sampai soft peak?hiks hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduch..lupa di foto Mba..hihi.ntar ya..kalau aku ngocok putel lagi tak fotoin dech..^^

      Delete
  3. Sudah di coba resepnya mbak... lembut dan empuk... manisnya juga pas... makasih ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Salam kenal Mba Diah... :) , lezat banget & mudah buatnya, jadi pingin belajar buat kuenya, sy copy ya mba...trm ksh... :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mba Diah.

    mba, nyampur adonan pertama ke adonan ke dua itu harus pake metode aduk balik ya mba?... apa ga bisa pake mikser aja atau aduk biasa gitu?... secara sy blum bs aduk balik ni mba?... trima kasih sebelumnya ya mba

    Resty.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Resty..salam kenal juga Mba..:)
      Kenapa tidak belajar saja mba..tehnik aduk balik..toh nanti kalau mau bikin aneka cake lain juga begitu ngaduknya..nggak susah lho..adonan di aduk melipat pakai spatula..dari bawah di aduk ke arah badan kita perlahan..sampai rata..gitu aja kok..:)

      Delete
    2. Trima ksh tuk jwbannya mba diah.
      Saya prnh mencobanya skali teknik aduk balik dan sukses gagal hehe.. wktu itu aduk mentega cair ke adonan bkan putih telur. next time sy mncoba lg dech.
      Btw...Mba jd pake cake ini utk dasar cke ultsh putra mba? Atau mba pake cake lain yg lbh oke?
      Trima kh, resty.

      Delete
    3. Kalau untuk cake ultah yang di hias fondant bisa..kalau untuk di hias butter cream kurang cocok mba..:)

      Delete
  6. Hai mba Diah, setelah baca postingan ini saya baru tau kalo mba juga stay di semarang atas, padahal sudah follow cukup lama, hehe. Saya mau tanya, TBK lengkap yg mba maksudkan di atas dimana ya? atau, TBK lengkap di smg atas ada diman? terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Novia..iya Mba..aku di Banyumanik..aku bais abeli bahan2 kue di Kabhita mba..di Kanfer Raya..:)

      Delete
  7. Halo mbk didi salam kenal
    Setelah cari2 resep cake kesana kemari ktm deh ma resep mbk didi. Dan tnyt.... .tetangga pula. Aq jg banyumanik mbk. Mbk.....kl beli foundant dimana ya mbk. Di kabhita jg ada mbk? Trima kasih mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Vita..salam kenal juga mba..iya..sama aku di Banyumanik..:)
      Di Kabhita ada Mba..:)

      Delete
  8. Halo, Mbk Didi, resep marble cake ini bisa ngak untuk dikukus? Soalnya saya belum ada oven. Kalaupun tidak bisa, apa kira kira bahan yang perlu dirubah agar bisa untuk dikukus? Terima kasih untuk jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah belum pernah coba mba..jd belum bs kasih saran..setauku cka ekukus yang tehnik sponge cake..bukan butter cake..:)

      Delete
  9. mbak mau nanya dong tapi sebelum salam kenal dulu ya, aku deby pemula yg hobby bikin kue apa aja
    Pertanyaannya :
    1.Kalo adonan margarine nya di mix dengan wisman bisa gak?terus ukurannya jadi harus berapa margarine dan berapa wisman??
    2.Susu cair yang mbak maksud susu cair ultra UHT atau boleh diganti susu bubuk full cream ya ??Kalo boleh bubuk ukurannya brp??

    Terima Kasih mbak

    ReplyDelete
  10. Salam kenal mb, saya cba resep mb,tp gagal.. knp ya...

    Apa krn ngaduk nya kelamaan...? Krn saat putih telur dimasukkan, menggumpal diadakan pertama

    ReplyDelete
  11. Salam kenal mb, saya cba resep mb,tp gagal.. knp ya...

    Apa krn ngaduk nya kelamaan...? Krn saat putih telur dimasukkan, menggumpal diadakan pertama

    ReplyDelete
  12. Ini kayaknya namanya sarche torte mba.hehebagi tw aja

    ReplyDelete
  13. Halo mbak, aku newby sakaleee dalam urusan baking, pas kocok putih telurnya koq gak mengembang, tekniknya yg salah kah? Makasih

    ReplyDelete
  14. Hi mbak Didi Diah,
    Kalau margarine diganti minyak sayur & susu diganti dg santan, apa masih bisa mengembang?
    Saya mau coba modifikasi untuk konsumsi ABK. Kemungkinan ga pakai terigu juga.

    Makasih mbak ��

    ReplyDelete
  15. Mbak kalo mau di tambah tbm, takaran nya seberapa?

    ReplyDelete
  16. Kalo bikin bolu tape dgn cara ini bagus kali yh😁

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel