Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Aneka Tepung
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review

Sunday, August 18, 2013

Sumber Bestik Darmo..*Beef Steak* nya Wong Jowo..hihi..



Buat teman2 yang nengok ke sini mau cari resep baru..bentar ya..minggu depan baru mulai uji coba dan masak2 menu2 baru lagi..soalnya masih harus nyelesain beberapa kewajiban di minggu ini..jadi masih banyak jajan di luar nich..tapi nggak pa2 ya..kan bisa jadi liputan juga buat tempat jajan yang enak di blog juga kan..hihi.

Nah..kali ini..aku mau bahas tentang warung makan Bestik  Pak Darmo..yang warung aslinya dari Solo.
Kalau di luar terkenal dengan aneka menu Beef Steak..di Jawa juga ada lho..Beef Steak ala Jawa..dan biar mudah nyebutnya..jadinya nama menunya..di singkat dan di rubah jadi Bestik..sesuai lidah Jowo nya ya..hihi. Sudah pernah coba teman2..Bestik ala Solo..Bestik Darmo..?. Warungnya sudah cukup kondang lho..di Solo. nah..di Semarang...di daerah tempat tinggal ku di Ngesrep ada juga cabangnya. Memang sich..untuk kuliner..di daerah Semarang atas sangat pesat perkembangannya..karena selain pemukiman juga berkembang..orang2 pada naik semua pengennya.tinggal di daerah Semarang atas..yang masih adem..asri dan airnya bersih..wilayah Semarang atas juga berkembang pesat sejak adanya kampus Undip Di Tembalang..deket daerah rumahku juga sich..jadi..kalau cuma resto..cafe dan cabang dari warung2 makan yang terkenal..ada banyak dech...di sini...jadi kadang nggak perlu turun ke Semarang bawah / kota sich untuk berburu kuliner yang enak2. Salah satunya favorit kami nich..Bestik Darmo..yang ada di daerah Ngesrep Tembalang..^^

Dari awal buka warung ini..aku langsung penasaran dan mencobanya..buat membandingkan..apakah rasanya sama dengan bestik Darmo yang Solo..dan ternyata memang sama..otentik..karena memang ini cabang resminya....jadilah kami sering makan di sana..cuma baru sempat motret kemaren..karena kebetulan bawa kamera aja di mobil. Tapi nich..karena udah sore..jadi kurang cahaya di dalam warungnya..agak2 buram dikit dech foto2nya..nggak pa2 ya teman2..^^ Yang jelas..rasanya enak sekali bestik Darmo ini.

Ada beberapa macam bestik yang jadi andalan menu bestik Darmo ini..antara lain bestik lidah dan daging cincang. Untuk bestik lidah.daging lidah yang sudah empuk di potong kotak2 kecil..kemudian di masak dalam kuah bestik ala Jowo..mirip2 semur gitu sich rasanya..cuma lebih segar dan kaya rasa. Segar kuahnya..karena memakai tomat yang di haluskan. Citarasa Jowonya..sangat menonjol..yaitu manis dan gurih. Bestik lidah ini di sajikan dengan kentang goreng, wortel rebus, yang selain di campur di kuahnya, serta daun selada. Jadi..kalau beef steak luar biasanya sausnya cuma sedikit..kalau bestik Jowo ini..sausnya melimpah..hihi..jadi bestik berkuah gitu..hihi. Sebagai pelengkap lain yang wajib ada..adalah mayonaise ala Jowo juga..karena mayo nya bikinan sendiri dan beda sama mayo2 kemasan yang aku kurang suka rasanya. Sebuah kombinasi rasa yang pas dech..seger..manis..gurih..di padu dengan kenyal dan gurihnya lidah sapi..yummy. Nah..kalau versi bestik dagingnya..hampir sama penyajiannya..cuma memakai daging  rebus yang sudah di cincang..rasanya tak  kalah enak juga dengan steak lidahnya.Oh iya..seporsi bestik ini harganya 19 ribu saja..murah kan..^^



Nah..selain aneka bestik..ada salah satu menu yang sangat unik...yaitu Risoles Kuah. Dulu sempat heran..risol kok berkuah..hihi. Aku pikir pertama yang risol2 biasa gitu yang isi ragout ..tapi ternyata risol di sini adalah risol yang terbuat dari daging cincang yang di masak dan di bumbuin..terus di bungkus pakai telur dadar dan di goreng sebentar. Nah yang unik..risol ini di sajikan dengan menu kuah seperti bestik juga..dengan tambahan kentang goreng dan lain2..sama kayak penyajian bestiknya. jadi..unik banget kan..dan rasanya sangat enak dan segar juga. Jadilah..akhirnya risol kuah ini jadi salah satu menu favoritku kalau jajan ke situ. 1 porsi risol kuah ini harganya 23 ribu..memang sedikit lebih mahal..tapi mantab kok..isian daging cincangnya melimpah..jadi di jamin tetep kenyang dech makan 1 porsi..nggak perlu nasi..hihi..walaupun ada juga beberapa pengunjung yang memakan bestik atau risol kuah ini dengan nasi..buat lauk gitu...hihi. 



Nah..mau coba bestik ala orang Jawa ini teman2 ? Silahkan..kalau pas ada acara ke Solo..atau di Semarang atas mampir ke warungnya. Rekomended dech..!..Enakk dan segar rasanya. Selamat berwisata kuliner ya..^^

16 comments:

  1. Replies
    1. Iya Mak nathalia..ayook cobain klu pas main ke Solo atau Semarang...enak banget lho..seger..dan gurih..kenyil kenyil..hihi

      Delete
    2. mbak diah,kalo yang di solo sebelah mana ya??jadi pengen nyobain juga

      Delete
    3. Yang Solo di jalan Dr. Rajiman, tidak jauh dari Matahari Singosaren, Solo..Mba..^^..met coba ya..

      Delete
  2. iya nih Darmo bestik beken lho. Waktu masih di Solo aku juga pernah makan disitu. Enak. Tapi beberapa tahun terakhir kalo mudik belum ke situ lagi. Kangen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Rina..daku juga cocok banget sama racikan bumbunya..dan konsisten kok Mba..cabang yang di Semarang ini..rasanya otentik..sama enaknya dengan yang di Solo..jadi nggak perlu jauh2 ke Solo dech..klu kangen bestik ini..coba bikin sdr Mba..aku juga pernah coba masak sdr lho..dan udah mirip2 juga rasanya..hihi.

      Delete
  3. kalau aku ke semarang lagi nanti dikasih tau ya mbak tempat2 makan yang enak disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk..beres Mak Lydia..kalau ke Semarang lagi...nanti kita muter2 kulineran ya..^^

      Delete
  4. kuahnya agak cair ya mbk...kalo ibuk saya yang buat kuahnya agak kental, bistik dimakan sama nasi punel anget enak banget mbk hehehe....eh,kreatif juga ya risoles kuah,penasaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..ini agak cair..seger banget..jadinya..di makan gt aja kalau aku..nggak pake nasi..iya kalau pake nasi enakan agak kental ya Mak..jadi miroso..atau kerasa gt..eh risol kuah..enak lhoMak..cobain dech..^^

      Delete
  5. Risoles kuah? Wahh kayaknya enak tuhh, hmm jadi pengen nyobain.

    www.echa-si.cowok-feminim.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Echa..enak lho..silahkan di coba..^^

      Delete
  6. Met kenal mba.. Aku salah satu silent reader..hehe.. Ak sering loh buka blog mba dd n nyobain resep2nya... Makasih ya mba.. Btw,rmhku ungaran mba kapan2 nyobain ah bestik lidahnya.. Hihi..^^ semoga jg sering review tempat2 kuliner semarang atas :D

    Sheila

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..sama2..senang bisa berbagi..aku tadi barusan pulang..dari Magelang..terus paginya mampir ke Gudeg Merak Mati mba..^^..Di semarang atas..byk kok yang enak2 mba..makanannya..nanti ya.aku liput satu2..^^

      Delete
  7. owhhh...rumahnya di ngesrep to mbak, aku di tembalang...sering lihat warung ini tp blum sempet ngicip, hehe...coba ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy di Sawunggaling Mba Nawanti..cuma ..suka aja kulineran di Ngresep tuch...kan deket juga dari rumah..iya..cobain..enak kok..^^

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...