Monday, August 26, 2013

Menu Sarapan Mudah..dan Enak..*Orak Arik Bunga Kol & Bakso*


Sarapan..adalah masakan yang harus tersedia di rumah sehari2 ya teman2.. Kalau keluarga suka sarapan yang praktis2 ..kayak roti tawar atau sereal..dll..sich enak..nggak perlu repot masak di dapur pagi2. tapi..buat yang lebih suka sarapan masakan seperti biasa..pasti dech harus masak ya..ntah itu sekedar nasi goreng..mie goreng dll. Tapi sebenerya..kata para ahli gizi nich..pernah aku baca ..sarapan 1 buah telur..sama susu sudah cukup lho untuk memenuhi kebutuhan energi di pagi hari. Cuma apa ya bisa ya..kalau untuk kita2...yang orang Indonesia ya...hihi. Makanya..karena kandungan gizi telur yang bagus ini..apalagi buat anak2..telur..wajib ada di menu sarapan agi kami..walau tetep..di makannya sam nasi goreng..dll..hihi. 

Salah satu menu sarapan yang mudah di buat di pagi hari..adalah orak arik..bikinnya mudah dan cepat, rasana juga enak, dan ada telur..pasti...jadi sehat kan..terus sayuran..dan tambahan protein juga..misal bakso atau sosis. Nah...tadi aku masak orak arik versi beda dari biasanya..yaitu orak arik bunga kol. Suami dan anak..biasanya kurang suka bunga kol..kalau cuma di masak sup..tapi kalu di masak orak arik begini..jadi suka dech..karena memang bunga kolnya jadi lebih gurih dan manisnya keluar gitu..karena di bumbuin. Apalagi tambah bakso ..wah..enak banget dech. Kalau aku sukanya aku gado aja..sambil nyeplus cabe rawit..nah..jadi menu diet yang enak lagi kan..hihi. Diet kok bakso ya teman2..eh,...nggak kok..baksonya buat Yodha itu..hihi..ngeles..^^

Orak arik bunga kol..jaman aku kecil dulu sich jadi salah satu menu untuk hajatan lho..di Yogya..di tempatku. Dan menu inilah yang sellau di tunggu2..kalau dapat nasi *ter ter an *..atau nasi hantaran gitu kalau ada orang hajatan. Mungkin karena terbiasa dengan menu2 Jawa yang rada2 manis....eh ada satu menu orak arik yang gurih ini..jadi menu spesial dech dulu..apalagi ada baksonya..karena jaman dulu penjual bakso kan belum sebanyak sekarang ini kali ya. Wis..pokoknya jaman dulu ini menu favorit orang2 di tempatku kalau hajatan. Kalau kita bantu2 ( rewangan ) di rumah orang yang punya hajatan gitu..liat bunga kol sewajan besar sama bakso yang di buat orak arik seperti ini..kemebul di atas tungku gitu..menebar aroma harum dan gurih..wah..udah kemecer dech..hihi.

Nah..karena di rumah pada menghindari bunga kol, suami dan anakku..aku coba saja masak menu ini..eh..pada suka dech sekarang.Untuk orak arik ini..memang bunga kolnya di masak sampai agak empuk..jadi bumbu2 bisa meresap..jadi rasa manis dari kembang kolnya bisa keluar..di padu bumbu gurih orak arik..wah..pas dech rasanya..^^. Selamat mencoba..jika teman2 suka menu yang simple..mudah tapi enak..^^
Orak Arik Bunda Kol & Bakso

Bahan :
250 gram bunga kol, potong2 sesuai selera.
10 buah bakso ayam ( bisa juga bakso lain )
Telur ayam 2 butir
1/4 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam / garam sesuai selera

Bumbu halus :
2 buah bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 buah kemiri
2 butir bawang merah

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bakso , aduk sebentar, sisihkan di pinggir wajan bakso  dan bumbunya. ( jika takut gosong ya di angkat dulu aja, taruh wadah lain ), lalu masukkan telur dan buat orak arik. masukkan air kira2 200 ml, masukan kembali bumbu dan bakso jika di angkat dari wajan.
Masukkan bunga kol, dan bumbu lain, aduk rata dan tutup..lalu tutup hingga bunga kol lunak dan bumbu meresap. Koreksi rasa, sebelum di sajikan.


6 comments :

  1. Bunga kol bisa diganti wortel kan mba? anak2 saya kurang suka bunga kol :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu sama Mba Santi..sebelumnya Yodha juga kurang suka bunga kol..tapi kalau di masak orak arik gini..bunga kolnya jadi empuk..manis dan gurih..jadi suka..jadi ini salah satu menyiasati..agak doyan bunga kol..cobain aja..di campur wortel..juga..pasti dech kemakan juga nanti kembang kolnya..atau di irisnya kecil2..biar nggak keliatan..hihi. Ya tidak suka..di bikin jadi suka..kan seru mba..bisa menaklukkan selera anak2 dengan masakan baru....^^

      Delete
  2. kalo saya mbk,pasti saya kasih wortel hehehe..maklum berkacamata jadi hobi makan wortel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Hanna..wortel..juga enakk..kalau wortel..aku biasanya..pakai kol mak..tambah enak lagi..apa sich yang enak buat aku ya Mak..hihi..tukang makan..:)

      Delete
  3. simpel bgt resepnya tp rasanya enaaaakk bikin nambah, ya, Mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Myra..buat sarapan..yang cepat2 saja..yang penting..enakk..hihi..^^

      Delete