Wednesday, August 28, 2013

Misoa Goreng Ayam


Misoa..misoa..siapa yang suka..hayo kemari..hihi. Misoa..biasanya di masak sup dan masakan lain ya teman2..tapi kalau di Semarang..Misoanya di goreng..jadi..unik dan enak sekali rasanya. Buat yang belum tahu misoa..liat di foto ya..kayak mie..tapi lebih kecil ukurannya..dan rasanya lebih lembut. 

Di Semarang..banyak banget yang jual misoa goreng..dari pedagang jajanan keliling..warung angkringan..sampai di kios2 jajan pasar..pasti ada misoa goreng ini. Dulu sebelum tahu ini terbuat dari misoa.aku kira dai bihun. Tapi..tekturney amemang beda juga sich..sama bihun..lebih lembut misoa. Tapi kalau misoa yang di jual2..biasanya nggak di balut telur..tapi di balut adonan tepung, seperti tempe mendoan gitu. Kadanga ku buat versi begitu..atau versi yang di goreng pakai kocokan telur. Semuanya enak. Misoa ini..juga  favorit suami dan anakku,..jadi lumayan sering bikin dan udah pernah ku posting juga..yang versi pakai adonan terigu. Walau menggoda imanku..ya nggak pa2..tetep...bikin misoa goreng ini..untuk suami dan anak..hihi.

Mau coba teman2..ayukk silahkan..di supermarket juga banyak kok misoa mentahnya...semoga suka ya..^^
  • Bahan Misoa Goreng : 1 bungkus misoa, 100 gram daging ayam cincang, 1 buah wortel yang di serut,1 buah daun bawang,cincang halus.
  • Bumbu : 1 siung bawang putih, 2 buah bawang merah, 1/2 sendok teh merica butiran, haluskan, lalu tumis hingga matang. Tambahkan 600 ml air, kaldu bubuk ayam atau garam, dan gula sesuai selera. Masukkan misoa.
  •  Masak hingga air terserah dan mengental seperti ini.
  •  Tuang di cetakan atau loyang yang di oles sedikit mentega.
  • Biarkan hingga dingin, lalu balik seperti ini.
  •  Potong2 sesuai selera, lalu celupkan ke kocokan telur.
  •  Goreng hingga matang. Sajikan dengan cabai rawit atau saus sambal.
  • Enjoy...!




40 comments :

  1. hmm...
    enyyyyyak...
    i like misoa....
    yummy...
    delicious...
    perfect for cold and rainy day...
    cheap..
    MUDAH MERIAH!!!!!
    cobalah sekarang juga (di dapur masing2)...*ala mbak2 SPG
    *lebay dikit... hihihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...wah..seru sekali..iya...bener semua itu Mba..100 dech..atau seribu dech..kalau masih kurang..hihi.

      Delete
  2. Mbaaak itu misoa favoritku mbaa..hehehehe, tapi kalo capek mendingan beli aja murmer :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau di Semarang banyak yang jual ya Mba..di mana2 ada..hihi..tapi enak bikin sdr lho Mba..bumbunya lebih sesuai selera kan..^^

      Delete
  3. ini favorit saya juga mbak. Dulu suka beli di salah satu warung, saya ga tau apaan namanya. Pas kakak saya nikah, baru saya tau dari kakak ipar kalau namanya misoa goreng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mba Yanti..dulu pas pertama makan tak pikir tuch bihun goreng..hihi..ternyata misoa..di sana ada misoa juga ya Mba..?

      Delete
    2. Ada, Mbak. Tapi beda merknya dengan yang mbak Diah pakai :D

      Delete
    3. SippMba..ayo di coba buat sdr..mudah banget kok..^^

      Delete
  4. Mb Diah, tks resepnya ya. Misoa mmg enak, lembut yak?
    Mb, misoanya brp gram? Trus abis dituang di loyang gak dikukus dulu ya?
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wua..maaf..lupa nimbang Mba Ida..soalnya aku selalu pakai sebungkus kecil itu sich misoa..eh bungkusnya udah kebuang..pokoknya yang isi 3 ya..satu bungkusnya.

      Terus..kalau di Semarang..bikinnya gitu Mba..nggak perlu di kukus..soalnya.kalau di kukus..nanti jadi padat..dan nggak berbentuk misoa lagi..jadinya hancur..dan kayak bakwan potong aja gt.Kalau langsung di cetak..nanti bentuk dalamnya..masih panjang2 cantik..kayak mie.Dan itu udah mateng juga lho..kan udah di rebus..itu sampai kental..dan ngembang..juga masih di goreng..^^..

      Delete
  5. Makasih mb Diah atas pencerahannya. Pantesan pas aku pernah coba bikin koq keras. Pdhal kalo yg bikinan Ibu di Magelang dulu empuk, menul2, hahaha... Akhirnya gak pernah bikin lagi.
    Yo wis, sekarang semangat lageeehhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..ayoo semangat..coba lagi..^^

      Delete
  6. Campurannya pakai udang dan sosis ayam juga enak Mbak Diah.

    Hemmm..., pengen coba bikin lagi.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Devy..enak semua..daging cincang juga..enak..apa yang nggak enak buat kita2 ya.hihi..ayukk buat ..^^

      Delete
  7. mbak...jadi dalam adonannya sama sekali ga pake telur tapi bisa melekat gitu?heran...layak dicoba nih....irit telur soale hehehe*ketularan mak irit :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..ajaib kan..:D..logikanya..si Misoa ini lebih lengket daripada mie2 biasa Mba..jadi ketika udah dingin..ya..jadi satu..kayak di foto itu lho..beneran irit ini..hihi..Mak Irit gt lho..:D

      Delete
  8. mak.. barusan daku coba bikin misoa gorengnya..
    enaaakkk..
    tp pny saya mah sebagian berantakan wkt dpotong..
    kurang lama kali yah didingininnya? *emak ga sabaran :D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mak Nathalia..iya..harus di diamkan dulu sampai padat dan benar2 dingin Mak..hihi..biar gampang di potong2..atau kalau mau cepat lagi..ya taruh kulkas..jadi padat sdr nanti..di coba ya Mak..kalau nanti buat lagi..pasti dech mulus..:)

      Delete
  9. Wah aku sebelumnya ga tau kalau ada yg namanya misoa goreng. Dulu orang tua ku suka masakin sup misua and it's a very comforting food. Wah bakal aku coba nih resepnya, kelihatannya enak and gampang heheh. Mbak, aku senang sekali dgn blog nya selalu kasih inspirasi krn kadang kita sbg istri or ibu suka bingung mau masak apa lagi heheh biar ga bosan. Kalau boleh saran, mungkin mbak bisa taruh label spt ayam, mie, daging, pisang, sayur, dll supaya lebih convenient utk pembaca cari menu2 inspirasi dr mbak. Overall I love your story at the beginning of every posting and you do a great job :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Evelyne..mskh ya..iya mba..sama2..aku juga senang bisa berbagi dan berteman dengan sesama ibu2 tukang masak kayak kita2 ini ya Mba. Makanan rumahan is teh best ya Mba..jadi..semangat ya..untuk selalu masak buat keluarga...^^

      Iya..enak dan mudah kok misoa goreng ini Mba..met coa ya..oh ya..label yang detail..er kategories..coba ntar di usahain dulu formatnya ya Mba..soalnya..sidebarnya nich udah penuh..hihi

      Delete
  10. Pagee Mbak Diah..:) tadi malam nyoba bikin misoa goreng ini.. Uhmmm nyummny banget.. berhasil praktekin resep dari Mbak diah:) cuma ku modif dikit pakai kornet dn airnya kuganti air kaldu, dicocol saus mayones enakk..:) suamiku suka..makasih ya resepnya mbak Diah:) nanti lagi bikin misoa versi lain yaa..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Morning juga Mba..*Gaya dikit bhs inggris nich..gr2 keyboard rusak..nggak bisa ngetik huruf setelah O mba..hihi

      Hore..berhasil ya Mba Intan..ikut seneng..wah iya + air kaldu tambah gurih ya, isiannya boleh di ganti sesuai selera kok mba..bisa ayam..daging cincang sosis dll..enak semua..hihi

      Delete
    2. Hihihihi.. Gaya euy:) aku penasaran deh mbak, kalau kuganti bihun apakah bisa? misoa enaknya dibuat apa lagi ya mbak? masih ada sisa misoa kering sisa semalam

      Delete
    3. Hihi..iya Mba.gr2 keyboard error...^^
      Kalau bihun haslinya kurang lembut Mba.kan beda tekturenya misoa.
      Sisa misoa..bisa di buat su ( aih..gak bisa nulis hruf akhirnya lagi..itu yang seger..kayak soto tuch Mba..*malah tebak tebakan...hihi Mba..enak juga..lembut...^^

      Delete
    4. oh.. hehehe Sop ya? tebakan jitu hahahha:) oks oks ta cobain ah.. makasih ya mbak Di:)

      Delete
    5. Hahaha..iya Mba..hari ini lagi aneh...nggak bisa ngetik huruf itu dech..D

      Delete
  11. Baru tau kalo misoa bisa dibuat makanan seperti ini, saya pikir cuma bisa dibikin kuah aja.. Lain kali harus dicoba nich.. Thank's mba udah sharing resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Umi..bisa lho..dan enak rasanya..jadi bisa buat variasi lauk di rumah..:)

      Delete
  12. Mba Diah..ijin save resep nya ya... jd pgn nyoba bikin cemilan yg gurih2...

    ReplyDelete
  13. Hi mbak, salam kenal. Aku lagi praktek misoa gorengnya nih. Sekedar info aja, untuk misoanya kurang lebih 100gr. Makasih ya mbak sudah mau berbagi ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..sama2..mksh juga infonya ya..:)

      Delete
  14. sy belum pernah liat mie soa di jual di supermaket mbak.... mungkin didaerah kami kurang begitu kenal dg jenis masakan ini.. jd pengen bikin tp bahan bakunya g ada hehe.. bisa diganti g mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti bihun atau mie bisa Mba..tp nggak selembut misoa..:)

      Delete
  15. akhirnya sy ketemu jg sama mie soa disupermarket hehe... pas sy liat gambar plastiknya jd ingat sama foto mie soa yg diposting sama mba.. langsung beli 3 kemasan ... 1 bungkus hargax 3000.. ah jd g penasaran lg sm mie soa hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..alhamdulillah..ada ya ternyata di sana Mba..2500 kalau di sini mba..hihi. Udah coba misoa gorengnya mba..?..Sipp. Itu enak di buat sup juga..:)

      Delete
  16. Salam kenal mbak Diah..itu misoa gak pke dikukus udh padat sendiri ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,.kalau misoa ndak perlu di kukus..nanti kalau di kukus malah hilang tekture mie nya..jadi padat kayak adonan biasa,..kurang enak..:)

      Delete
  17. Mbaaak yu, apa kabar lama gak mampir disini, hehehe. mau nanya ini misoanya jadinya berapa potong mbak. atau 1 bungkus itu bs jadi berapa loyang? soalnya pengen bikin buat arisan minggu besok, dengan perkiraan tamunya 30an orang. kira2 perlu berapa resep ya? matursuwun yo mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba Amelia..baik mba..:)

      3 resep cukup mba..buat 30 orang..:)

      Delete