Tuesday, August 20, 2013

Gudeg Koyor Goreng *Merak Mati* di Bawen


Gudeg Koyor..adalah gudeg versi Semarang dan sekitarnya. Inilah yang membedakan gudeg koyor dengan gudeg Yogya biasanya..yaitu adanya tambahan lauk koyor..yang di masak kuah pedas / sambel goreng koyor..atau di buat koyor goreng. Nah..salah satu gudeg yang koyornya versi koyor goreng yang terkenal..adalah gudeg Merak Mati di Ambarawa. Aku udah sering makan di sini..kalau perjalanan mau ke Yogya. Cuma bukanya memang agak siang jam 8 atau jam 9..jadi kadang  kalau kita berangkat pagi2 dari Semarang suka belum buka warungnya..

Nah..tadi kebetulan pas aku mau ke Magelang ada acara..berangkatnya agak siang..jadi bisa mampir ke warung gudeg koyor Merak Mati dulu. Warungnya sich biasa aja..tapi cukup bersih lah..tapi yang parkir di depan..mobil2 semua  berderet2..hihi. Kayaknya..orang daerah sekitar, malah jarang dech yang beli di situ..soalnya rata2 yang datang berpakaian rapi dan bermobil...atau para pegawai negeri..hihi. Yapp..begitulah imbas baik..dan berkah warung makan yang terkenal ya..gara2 sering di liput oleh tipi..apalagi sudah pernah masuk acaranya Pak Bondan mak nyuss tuch..udah dech..pasti rame warungnya. Kalau menurut aku sich gudegnya biasa aja..versi gudeg basah..dan masih lebih banyak yang lebih enak sich di Semarang kalau gudegnya.

Tapi lauk pendampingnya itu lho..yang komplet dan menarik hati..hihi..dan yang paling aku sukai adalah koyor gorengnya..karena ini khas sekali warung ini..kalau di Semarang..seringnya koyor di masak basah pedas gitu..jadi kadang kurang mak nyuss karena bumbunya susah meresap  ke dalam koyor..nah kalau di warung Merak Mati ini..koyornya di ungkep dulu..terus di goreng..jadi lebih gurih, karen abumbu2nya terasa..dan enak..lembut dan empuk. Lauk lainnya juga tak kalah menggoda..ada berbagai macam jerohan bacem lain yang ukurannya besar2..kayak paru..babat iso..ati..dll..serta empal juga ada. jadi..mungkin itu juga ya..daya tarik warung ini..menunya gudeg dan sambel goreng biasa..tapi lauk pendampingnya yang banyak pilihan dan komplet. Jadi..kalau pagi..jangan heran..kalau makan di sini kadang antri..berbaris rapi menunggu giliran si *Embah* yang punya warung melayani kita dengan mengambilkan nasi..gudeg dan lauk pauk..sesuai keinginan kita. So far..boleh lah mampir teman2 sesekali..kalau lewat sana teman2..dan cobalah gudeg koyornya..enak koyornya, aku seneng koyor soalnya..lebih gurih gitu daripada daging sapi biasa..cuma memang cari koyor di pasar memang rada susah..pernah nitip tukang sayur..dapetnya koyor yang rada alot..besok hunting koyor di pasar ahh..^^

Jika mau coba..ada di Bawen, kalau dari arah Semarang kiri jalan ya, Depan Pabrik Apac Inti Corpora setelah penyebrangan jembatan ya teman2..nggak mahal kok walau yang datang bermobil2..2 porsi dengan lauk koyor, telur dan kepala ayam...cuma 55 ribu saja....plus minumnya. Selamat berwisata kuliner ya..^^





13 comments :

  1. mak nyuss... hehe ^^
    koyor itu apa sich mak (yg pasti bkan kain yg btk segitiga itu khan)? *hihi, akuw bkan org jawa soalnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lho..kok kain..?..koyor itu uratnya sapi Mak..kalau di masak lama..bisa empuk dan lembut..enak lho..^^..klu pas ke Semarang cobain dech..banyak aneka masakan dari koyor..^^

      Delete
  2. laperrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr mbk sayaa :D

    ReplyDelete
  3. baru mau tanya kalo koyor itu apa? ternyata udah ada jawabannya di kotak komen hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..bagian urat2 sapi..kenyil2..aslinya..tapi kalau di ungkep lama gt jadinya empuk dan lembut..kayak di foto pertama itu lho..:)

      Delete
  4. mbak, aku pernah jadi penduduk Merak Mati selama 5 th kok nggak tau ya ada gudeg koyor di situ ? Itu persis di depan Apac Inti (Kanindo)ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya Mba Rina....Iya Mba..di dpn pabric..kiri jalan..tulisannya gede2 plangnya gudeg Merka Mati gt..aku sejak bolak balik Semarang Yogya..sering makan di situ Mba..memang yang makan di situ itu kebanyakan pada yang lewat mau ke luar kota kayaknya, tapi udah sering di ulas di tipi2 lho mba..Pak Bondan dll..^^

      Delete
  5. aq kmrn minggu ke sana mba.... udah ketemu sih t4 nya.... tp kok tu2p y....
    hiks...sedih deh.... gagal nyicipnya....
    T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kepagian apa Mba?..Memang bukanya agak siang sich..atau pas lagi tutup kali yach..:)

      Delete
  6. Jadi pengen nyoba gudegnya deh mba diah.. kebetulan ga terlalu jauh dari rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain mba..enak..tapi jgn kesiangan ya..antri bgt soalnya..hihi

      Delete
  7. Ada resepnya gudeg koyor ga bund? Pingin deh..

    ReplyDelete