Saturday, August 31, 2013

Soto *Lenthuk* Khas Yogya


Lenthuk ( *thuknya di baca seperti ge*thuk*..gitu ya..hihi ). Apa itu Lenthuk ? Gorengan dari singkong. Apa itu singkong..? Halah..singkong juga nggak tau...? Itu lho..primata besar hitam yang pernah di filmkan..hihi..eh..salah ya..itu Kingkong dech..hihi.(*lelucon garing ala lomba lawak di tivi..*)
Singkong..adalah ubi kayu...alias ketela pohon , alias ketela pohong, alias telo kaspo alias apa lagi ya..oh ya..lebih keren lagi namanya...Cassava..tau kan ..hihi.

Lenthuk ini memang gorengan yang terbuat dari singkong yang di kukus terus dihaluskan,di beri bumbu2 lalu di goreng. Kalau di Yogya..jajanan pasar ini bersanding dengan saudara dekatnya yaitu gethuk goreng..bahannya sama..tapi gethuk goreng itu manis..kalau lenthuk..itu gurih...jadi kayak kembar tapi beda jenis gitu..hihi..kan namanya..mirip kan..si lenthuk..sama si gethuk..*halah..garing maning ya teman2..hihi..*..biarin..sapa tau ntar ada audisi pelawak ya nggak lucu..tak daftar wis..hihi. Dulu jaman kecil..belum ada aneka jenis makanan kayak sekarang..oleh2 oleh ibu kalau tindak pasar..selain jajan pasar lain..juga si lenthuk dan si gethuk goreng yang bulat bulat ndut gitu..enak..aja sich jaman dulu..dan mengenyangkan..hihi. Kalau di lenthuk ini warnanya ya alami kecoklatan gini..tapi kalau si gethuk goreng..lebih centil..ada yang berwarna pink juga. Enak mana..?..Semua enak..hihi. Nah..yang belum tau..ini penampakan si lenthuk ya, kalau si gethuk..entar dech..belum aku buat..^^


Lenthuk..selain di cemil buat snack..juga bisa menjadi salah satu lauk pendamping untuk makan soto..makanya di Yogya..banyak warung2 soto lenthuk yang terkenal..ada beberapa..malah udah legendaris..katanya dari jaman dahulu gitu warungnya. Ya mungkin saja sich..lha memang si lenthuk ini kan memang jajanan jadul. Mungkin jaman dulu kan kentang mahal ya..jadi sebagai pengganti perkedel..di soto..di ganti sama lenthuk ini. Dan..berhasil..malah jadi salah satu ikon kuliner Yogya lagi..yang unik..yaitu..soto lenthuk ini. Mau coba Soto lenthuk..silahkan datang ke Yogya..kalau belum sempat ke sana..tenang..buat sendiri di rumah..nich..aku kasih resepnya ya. Tapi..sotonya ala aku sendiri lho ya...yang penting sama enaknya kan..sama soto lenthuk di Yogya..hihi. 

Jadi..soto lenthuk itu intinya adalah soto ayam kampung..yang di kasih tambahan gorengan dari singkong..atau yang sering di sebut lenthuk ini oleh orang Yogya..sebagai pengganti perkedel kentang. Rasanya..tentu saja enak sekali. Pas banget rasanya memang si lenthuk ini menemani kuah soto yang seger..nggak kalah lho..rasanya..sama..perkedel kentang. Cuma..pilih singkong yang mempur ya..dan nggak pahit..biar lenthuknya enak. Kalau aku lebih suka singkong putih..yang bagian dalam kulit arinya berwarna pink..wah..itu enak banget di buat lenthuk atau gethuk. Singkongnya mudah empuk jika di kukus..mempur gitu istilah orang Jawa..jadi mudah di tumbuk dan di bentuk2. Soalnya..ada juga lho..singkong yang kalau di kukus nggak bisa empuk..malah kenyoh kenyoh (apa yang bahasa indonesianya kenyoh kenyoh ?..hihi....magel gitu kali ya..pokoknya..malah jadi keras ) 

Ya udah..segitu aja cerita tentang si lenthuk..ya..sekarang..yukk..mari buat sotonya dulu..soto seger ala Mak Didi..hihi. Jadi..rasa soto lenthuk itu kuahnya mirip2 soto Lamongan yang seger dan gurih gitu. Atau mau pakai resep soto yang lainnya..boleh2 saja..asal di makan sama lenthuk..kan juga udah jadi soto lenthuk kan..hihi..*maksa..*..asal jangan soto Betawi..di campur lenthuk ya..hihi..walaupun rasanya juga enak mungkin..cuma..jadi menyimpang jauhhh kan..hihi. Pokoknya..soto ayam kampung..yang di sajikan dengan lenthuk..itulah..yang di sebut Soto Lenthuk..di Yogya. Yukk...mari yang penasaran sama si lenthuk..silahkan di coba..enak lho..Yodha aja yang biasa *alergi* makanan dari singkong..doyan..pas maem sotonya..bilang gini..Mi..aku mau nambah perkedelnya lagi..hihi..di kira perkedel kentang ya Kak..^_^
Resep Soto Lenthuk Seger
( Buat 3 porsi aja ini yach..kalau keluarga besar..masak yang banyak..^^ )

Bahan :
1/2 ekor ayam kampung / pejantan. 
1500 ml air
Soun 1 ikat kecil
Kol 5 lembar, iris kecil2
Daun bawang 2 batang, iris kecil2
Daun seledri 2 batang, iris halus
Bawang goreng secukupnya.
Lethuk goreng secukupnya
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk purut 3 lembar
Lengkuas 3 cm, geprek
Serai 2 batang,memarkan
Garam, dan kaldu bubuk ayam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan ( Gula pasir )
Kecap manis secukupnya
Sambal cabe rawit jika suka pedas secukupnya

Bumbu Halus :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1  cm kunyit
1 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Rebus ayam dengan air di api kecil,hingga keluar kaldu beningnya.
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang. Masukkan ke air rebusan ayam. tambahkan bumbu dan rempah2 lain, lalu masak hingga bumbu meresap .
Angkat ayam, goreng , lalu suwir suwir secukupnya. Sisanya..simpan di kulkas..bisa buat campuran nasi goreng..mie goreng dll..*Mak Irit..hihi*
Sajikan soto dengan soun , kol iris, daun bawang dan sledri iris, bawang goreng..dan jangan lupa..si lenthuknya ya. Juga kecap dan sambal,jika suka. Rasanya..sueggger..dan gurih..^^. Selamat mencoba. Kalau mau kayak di warung, bisa di tambah sate telor puyuh..tempe tahu bacem..dll..pelengkap soto kayak biasanya dech.
Resep Lenthuk Khas Yogya 

Bahan :
250 gram singkong kukus , haluskan

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya

Cara Membuat :
Aduk rata singkong halus dan bumbu halus, lalu kepal2 bentuk bulat gepeng atau sesuai selera. Goreng hingga matang dan kecoklatan. Sajikan buat teman makan soto..atau buat cemilan.
Tips..Jika nanggung ngukus singkong 250 gram..beli aja sekilo sekalian..murah ini..cuma 3 ribu..sisanya bisa di buat gethuk goreng..emping singkong..dll..sekalian gitu ngukus singkong sekilo..hihi..biar nggak rugi gasnya..* teori Mak Irit.. again..hihi *



6 comments :

  1. mak, ngiler daku liat sotonya...
    tambah jeruk nipis+emping, pasti tambah enyyak... hihi..
    tp, ada yg kurang nich, minumannya... .(halah, udah untung dikasih resep malah minta minum...hehe..)
    iya mak, soale daku jarang liat mak didi ngep
    ost tntang resep minuman...
    cappucino, es goyobot, hot chocolate, es krim, dan sebangsanya...
    asik tuch kalo ada rsepnya...
    biar mantep, ada mkanan, ada minuman...
    boleh ya mak? hihi...
    thanks before... ^^

    ReplyDelete
  2. Hihi..ya Mak Diah..iya ya..daku kok..jarang bikin minuman..hihi..* Baru Sadar*..
    Oke dech..nanti aku posting minuman ya... Lha..biasanya udah nggak sempat bikin minuman macem2..akhirnya ya nge teh aja gt..atau milo..minuman andalan yang pada di sukai di rumah..:D

    ReplyDelete
  3. jangan-jangan lenthuk ini plesetan dari lentho ya *halah ngarang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau lentho kan pakai kacang tholo Mba Rina..kalau lenthuk ini yang jelas ..saudaraan sama gethuk..hihi..*ngarang juga..*

      Delete
  4. mbak,kalo di pemalang singkong itu namanya bodin. hehehe lucu kan namanya....oh iya...mbak diah udah pernah nyobain soto tauco/tauto belum...?mungkin khasnya pekalongan ya,tapi di pemalang dan tegal juga banyak soto tauco gini...mungkin karena tetanggaan ya...kapan2 bikin ah,sama lenthuknya juga...barangkali cocok.kalo ga cocok ya dicemil aja hehehe."emma"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..asyik..nama kosakata kuliner singkong..satu lagi ..mksh ya Mba emma..di catet..hihi. Ternyata..byk bgt ya..singkong ini namanya..:D..kalau cocok sich cocok aja ya Mba..kan sebagai pengganti perekdel gt..eh..aku di bocori tho Mba..resep soto Pemalang yang otentik..hihi..nanti tak praktek..soalnya..belum pernah cobain..hihi..jd belum pernah bikin..Kalau Soto tauco Pekalongan..udah sering coba..makan tapi..di Pekalongan..hihi.

      Delete