Friday, August 2, 2013

Kue Semprit Vanila Jadul


Kue semprit klasik..rasa vanila atau vanili..dengan di hias ceri sedikit di tengahnya..sapa yang suka hayo..ini salah satu kue semprit jadul ya..yang rasanya lumer di mulut dan wangiii..hihi. Aku suka kue ini. Pengennya sich bikin banyak buat hantaran gitu lucu kan bentuknya..bunga2 cerah di hiasi ceri merah..jadi menarik banget..dan rasanya juga enak banget..lumer di mulut..cuma...membuatnya sedikit butuh perjuangan..hihi..karena jenis semprit terigu jadul ini adonannya susah di spuit..jadi musti pakai jurus jempol..hihi..langsung saja di tekan pakai jempol di spuitnya..tapi hasilnya bisa cantik2 sich dan kuenya juga enak..jadi ayo..siapa mau bersusah payah sedikit tapi bisa bikin kue yang enak dan cantik..ayo..cobalah kue semprit jadul ini. Aku cuma jadi berap toples tadi ya..udah pegel jempolnya..hihi. Jika punya alat cetak cookies yang di tekan itu kayaknya sangat membantu dech bikin kue semprit2 gini...soalnya ini adonannya memang nggak lembek kayak adonan semprit lain yang mudah di semprit pakai kantong segitiga dan spuit. Kalau semprit versi ini musti pakai jempol dan tenaga..hihi..

Tapi..tetep..ku catet di sini ahh..resepnya..sapa tau ntar pas ke Ace hard ware lagi..bisa lirak lirik harga cetakan press kue kering..hihi..jadi bisa sepuasnya bikin kue semprit gini..sapa tau juga teman2 mau coba..beneran..kalau rasanya enak sekali..cuma yang bikin capek nyetaknya..hihi..
Kue Semprit Jadul

Bahan :
100 gram margarin
50 gram mentega
100 gram gula halus
1/4 semdok teh vanili bubuk
1 butir kuning telur
50 gram maizena
120 gram tepung terigu protein rendah
80 gram tepung custard

Cara membuat :
Sangrai semua tepung sampai kering dan ringan sekitar 10 menit dengan api kecil,  ayak.
Kocok margarin , mentega dan gula hingga lembut.
Masukkan kuning telur, kocok rata.masukkan campuran tepung dan aduk perlahan hingga rata.
Spuitkan ke loyang yang sudah di oles margarin dengan bentuk bunga sesuai selera.
Hias tengahnya dengan cery merah dan oven sekitar 15 - 20 menit di suhu 160 C ( atau sesuai panas oven masing2 ) sampai matang dan kering. Kemas di toples jika sudah dingin.

Note : 
Curtard powder adalah sejenis maizena..tapi sudah ada kandungan kuning telurnya..membuat kue ini tambah gurih dan lumer di mulut, juga membuat warna kue nya jadi kuning cantik.

15 comments :

  1. walaupun jadul rasanya tetap enak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mak Lidya..enak dan ngangeni..drpd kue lidah kucing rainbow yang lagi nge trend..Sy pilih ini...hihi..

      Delete
  2. ini kue jadul api rasanya maknyus mak,saya suka.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mak Hanna..aku juga suka..kue yang jadul jadul...hihi..lebih alami aja rasanya..^^

      Delete
  3. Ibu saya kalo Lebaran suka bikin kue bentuk ini, menjadi ciri khas Lebaran. Tapi saya nyebutnya Kue Aster, dan tengahnya bukan pake ceri tapi pake sukade.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa pakai sukade Mba Santi..malah lebih irit ya..^^..atau kismis juga bisa..^^

      Delete
  4. Mbak,Ini kalo buat satu resep bisa jadi brp kilo y?! trus kalo penggunaan tpung custardx di ganti bs ap tdk? Klo bs diganti pake apa?soalx dsini susah xrix mbk.. Mhon pncerahanx..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.lupa mba...jadinya berapa..hihi
      Kalau nggak ada curtard..pakai maizena biasa aja..bisa mba Pingkin..:)

      Delete
  5. Hallo mba didi..aq new d'sni...
    Tp aq suka bgt am blog mba.
    Numpang tanya mba klo tepung custard'ny d'ganti maizena biasa berarti ukuran bhanny jdi 130gr tepung maizena ya???? Mohon pencerahannya. Aq br bljr bikin kue..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..takutnya agak keras mba..kalau custard nya di ganti maizena..karena kalau tepung custard itu ada kandungan kuning telurnya..jadi lebih lembut dan empuk kalau buat cookies. Coba cari tepung custard di tbk mba..:)

      Delete
  6. Ini fav-q bingitz. Tp musti ada tpung custardnya y, mudah2an aj ada krn dsini tbk krg lengkap hihi...kl ada tancep gas in syaa Allah lgsg cetak :D

    ReplyDelete
  7. Hallo mbak saya coba buat hari ini tetapi kok adonan nya tidak bisa sama sekali di spuit. Adonan terlihat kering sekali. akhirnya saya tambah kan susu cair supaya bisa di cetak.Tetapi karena di tambah susu cair hasil nya tidak terlalu enak. Kira-kira apa resep nya ada yang kurang? Terimakasih

    ReplyDelete
  8. punya istriku kok meleleh y waktu di masukin. ke dlm oven...knp y

    ReplyDelete
  9. Mba...klo tepung nya disangrai malam trus baru dibikin pagi kue nya bisa gk mba?

    ReplyDelete