Monday, August 19, 2013

Ayam Goreng dan Tahu Goreng Dalam Satu Bumbu...^^


Hihi...judul resep yang aneh ya teman2...maksudnya adalah..ayam dan tahu di ungkep jadi satu..kemudian di goreng. Jadi lebih irit bumbu dan gas kan..juga nggak perlu capek2 masak 2 macam lauk..sekali masak..jadi dech ayam goreng dan tahu goreng. Tips ala *Mak Irit*..hihi. Tapi..malah jadi enak semua lho..tahu nya  juga ikut terbumbuin dan berasa ayamnya kan..hihi. Masak ini..gara2 tadi  cuma dapet ayam 4 potong di tukang sayur..wis nanggung banget mau di bumbuin dan di ungkep ..ya udah..tambahin tahu aja. tapi tahunya yang berkulit..biar nggak hancur..^^

Rasanya..tentu saja yummy...namanya juga ayam goreng..hihi..di makan sama sambel ijo ..enak banget..apalagi pakai tahu goreng juga..udah komplet kan..tinggal tambahin lalapan..beres dech jadi menu hari ini. Tips goreng ayam supaya enak..ungkep ayam dengan api kecil..supaya bumbu2 benar2 meresap..dan goreng di minyak panas dan terendam, terus cemplungkan ayam yang sudah di ungkep ketika minyak sudah benar2 panas...dan cukup sebentar saja..sampai kulit luarnya kecoklatan. Jadinya daging ayam goreng kita..tetep empuk dan lembut dech dalamnya. Jadi fungsi menggoreng sebentar ini..cuma untuk mengkaramelkan bumbu2nya saja..suaya lebih gurih. kalau kita kelamaan menggoreng ayam..hasilnya malah jadi keras dan sepo ( hambar ) rasanya .

Resep ayam gorengnya..bumbu standart aja sich..komplet kayak biasanya..kayak gini :
Ayam Goreng Kuning dan Tahu

Bahan :
1/2 ekor ayam pejantan / 4 potong atau ayam broiler biasa
5 buah tahu goreng berkulit
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, geprek 
800 ml air biasa atau air kelapa juga oke.tambah enak.
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )

Bumbu Halus :
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit yang di bakar 

Cara Memasak :
Haluskan semua bumbu, campur dengan bahan2 lain.Masukkan ke panci, tutup. Masak dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap. Goreng ayam sebentar saja di api panas. Goreng juga tahunya.
Sajikan dengan sambal dan lalapan sesuai selera.
Mudah kan..yukk mari masak..!

Yukk...mari makan teman2...^_^

13 comments :

  1. assalamu'alaikum...
    mbak, aku mau ngomong (sangat) buanyak nih...
    aku udah ngikutin blog mbak sejak dua minggu yang lalu,
    setelah mengubek2 blog mbak, menurut aku mbak diah ini emang passionnya di masak memasak banget ya...
    nah, yang mau aku tanya, mbak pernah kepikiran gak untuk ikut acara masak yg di tipi kayak masterchef,dsb.?
    aku yakin kalau mbak ikut, kans mbak untuk menang besar sekali lho.. (5 besar sangat mungkin, 3 besar juga kayaknya bisa :))
    kan hadiahnya lumanyun.. *eh, salah ding, maksudnya lumayan.. hehe...
    pengalamannya juga pastinya luar biasa... bisa dpt trik masak langsung dari chef ahli misalnya... dan hasilnya bisa diposting diblog, hehe... kan reader juga bisa dpt manfaatnya.. ^^
    hehe, maaf ya mbak klo kpanjangan, ini krna saya kagum bgt sma mbak...
    Kpaaan ya saya bisa masak sehebat mbak diah ini, kena asap goreng makanan aja dah semaput... *hehe, lebay*
    oh iya.. Ini yg trakhir ya.. Saya mw ngucapin terimakasih krna mbak mw repot2 ngtik resep masakan cetar membahana badai utk para readers yg kadang nggak ninggalin jejak *cthnya aku, hehe
    tpi, aku yakin koq, klu para pembaca pasti senang dg hasil masakan yg dishare disini, ENAK SEMUA & SIMPLE! :D
    terimakasih telah berbagi pengalaman, gud luck dan sehat selalu...^^

    -rieka (17 thn)-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wasalamualaikum Mba Rieka

      Wah...mksh lho Mba..masukannya..iya no problem kok mau cerita di sini panjang2 juga boleh..pasti aku dengerin..eh aku baca..hihi.
      iya Mba..banyak kesempatan ya..klu ikut master chef..dulu sempat di tawari juga ikut audisi via Fb..cuma..daku juga seorang ibu dari anak lucu dan pintar ..hihi...yang berumur hampir 7 tahun bulan September nanti Mba..jadi untuk berpisah agak lama dengannya,..walau cuma beberapa waktu..masih agak berat..karena I love him so much...harus memmbimbing dia belajar setiap hari..dll..kewajiban seoarang ibu..jadi..lebih memilih berbagi di blog dulu dech..yang bisa di sambi...^^

      Hayook..semangat ..belajar masak ya..umur mba masih muda..dulu Sy umur segitu kan malah belum jamannya internet kayak skrg ya..jadi nggakunya byk kesempatan belajar secara lebih luas..nah..kalau mba..kesempatan masih terbuka luas..kalau mba tekun belajar..siapa tahu..mba bisa ikutan master chef juga nanti di usia yang ke 20 mungkin..ya kan..^^

      Amin2..mksh doa baiknya..dan jgn sungkan tinggalkan pesan ya..jika ada yang belum jelas tentang isi blog ini.

      Salam Manis.

      DD

      Delete
  2. Nanti pulang kerja langsung praktekin ayam goreng ala mbak Diah :D Sepertinya ayam bumbu ini akan selalu ada nantinya didalam kulkas.. hehehee.. Kalau tempe bisa juga yaa mbak..? Makasih yaa mbak atas resep2 nya.. Sangat membantu, khususnya para pemula seperti aku.. hihiii.. Semoga tetap sehat dan bahagia terus yaa mbak Diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp..sipp Mba Finah...betul sekali..buat wanita karir kayak Mba..ini menu yang praktis..hihi..bisa di simpan di kulkas sesudah di ungkep..sekalian byk gt..kalau butuh lauk..tinggal di goreng dech sebentar..^^ Iya mba..ganti tempe juga enak kok..^^

      Delete
  3. Kangeeeeeen mbak Diah *peluk peluk*
    Selamat lebaran ya mbak, maaf lahir batin juga. Maaf baru mampir soale kemarin libur ngeblog dulu, hehe. Resep resepnya tambah seru ^^
    Makasih banget tawarannya mbak, jadi nggak enak ngerepotin mbak Diah padahal kmrn itu becanda lho mbak. Di sini jg ada sawah kok mbak. kalau akunya memang serius mau nyari merang insyaAllah bisa, cuman cari cari alasan aja hehe

    Makasih tawarannya, tapi beneran nggak usah mbakyu...mbak baik sekali akunya jd nggak enak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Hesti..wah iya..kangen juga..*berpelukan*..hihi.kayak Teletubis..Oke dech mba..jika udah ada..tapi kalau mentok nggak nemu..feel free ya hubungi aku..hihi...nanti ku kirim..tenang..tenang..nggak repot2 kok..soalnya aku juga sering di kirimi bahan2 khas dari daerah lain yang aku susah dpt lho..dr teman2 lain..jadi tidak ada salahnya saling berbagi..kan....sesama tukang masak dan makan..hihi.

      Delete
  4. mbak, buka katering dong....
    pasti banyak yg mau... soale enak semua menunya...hihihihihihihihihi:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..udah Mba Fatimah..laris manis..tapi pelanggannya cuma 2 orang..suami dan anakku..^^. Insyallah Mba..suatu saat nanti ya..pasti ketemu jalan nya sdr..kalau mau usaha..sementara..berbagi dulu di sini..mksh ya..supportnya..^^

      Delete
  5. Maaf lahir batin ya Mbak Diah..^^.Waahhh kalo ini kesukaanku sama suami ni mbak biasanya aku langsung ukepnya 2 pejantan hehhehe....jadi kalo mau makan tinggal ambil aja di kulkas truss goreng enak nggak pake ribet ya mbak hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak Luis..sama2 ya..maaf lahir batin juga..^^

      Bener Mba..nggak pernah bosan ya..klu ayam goreng..hihi

      Delete
  6. Halo mbak, aku mau tanya apakah hasil makanan itu lebih enak pakai fresh kunyit daripada kunyit bubuk? Apa ada perbedaan di rasa nya mbak? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Saya lebih suka pakai kunyit segar Mba Evelyne..karena selain memberi warna bagus di ayam goreng juga sebagai bumbu. Tapi jika tidak ada yang segar yang nggak pa2 sich pakai kunyit bubuk..:)

      Delete
  7. blog yang sangat bermanfaat. terimakasih mb diah didi...

    ReplyDelete