Friday, August 30, 2013

Kini Ku Tahu...Apa Itu *Cimplung*..^_^


Cimplung...nama makanan yang sedikit unik..belum pernah denger sebelumnya. Nah..pas ngobrol dengan Emak2 di KEB..Mak Karina tanyain resep cimplung. Waduh ..denger aja belum..apalagi makan..hihi. Setelah dapat cerita kayak apa bentuk dan rasanya..akhirnya sowan aja ke Mba Google..tanya..apakah gerangan makanan yang bernama cimplung itu. Dan..tidak banyak yang mengulas resepnya ternyata..cimplung ini..adalah makanan khas dari Purwakarta Jawa Barat...cuma ada satu blog yang mengulas tentang resep cimplung..lainnya..cuma review2 aja..kalau makan cimplung itu adanya di salah satu restoran..Sambal Hejo.atau apa gitu rata2..yang menu andalannya ya si cimplung ini. Setelah aku baca2..intinya sich kayak perkedel kentang ya..cuma di beri tambahan sagu..jadi lebih lembut dalamnya..dan luarnya garing itu. Oke dech..karena hari ini aku memang mau bikin perkedel  buat Yodha..enggak ada salahnya ya..coba perkedel versi baru yang bentuknya lucu..karena bulat2 gitu..yaitu si cimplung ini. 

Resep pertama aku ikutin dari sebuah blog..aku test goreng satu..hemmm ternyata..pecah adonannya..dan nggak bisa mulus. ..tapi rasanya enak. Udah..aku nggak jadi goreng dulu sisa adonannya..browsing lagi resep cimplung lain..dan ketemu dari web nya propinsi Jawa Barat yang mengulas tentang si cimplung ini. Oh..ternyata..harus pakai telur. tapi aku pikir2 kalau pakai telur utuh, nggak bisa garing donk luarnya..kan ada kuningnya..akhirnya.aku cuma pakai putih telurnya saja. Dan..taraa..akhirnya berhasil menggoreng si cimplung dengan mulus, terlalu mulus malah..hihi. Biasa..tangannya udah reflek kalau bikin bulat bulatan, kok mulus terus ya hihi, padahal kalau liat foto2 si cimplung yang beredar di internet, nggak bulat2 alus banget gini..hihi..

Dan..memang enak..kok si cemplung ini..kayak perkedel..tapi lebih lembut dalamnya. Kalau masih anget..luarnya garing..dalamnya lembut. Tapi kalau udah dingin..ya nggak garing lagi..tapi tetep enak kok. Nah ..buat Mak Karina ..semoga bener ya..cimplung ini ya..yang di maksud..kalau salah..ya maafken..belum pernah coba aslinya sich..hihi. Buat teman2 yang asli Jawa Barat..di tunggu masukannya ya..tentang si cimplung ini.

Oh ya..bumbu aslinya cimplung ini..katanya..cuma garam, bawang putih, bawang merah dan merica  butiran. Cuma..kalau versi aku..aku  tambahin sedikit gula pasir dan kaldu bubuk..supaya lebih gurih rasanya. Selamat mencoba..si cimplung yang bulat2 cimplem..*halah...hihi..*
Cimplung ( Perkedel Kentang Purwakarta Jawa Barat )

Bahan :
500 gram kentang kukus, haluskan
6 sendok makan tepung tapioka / sagu
1 butir putih telur

1 sendok teh kaldu bubuk
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Aduk kentang, tepung sagu, putih telur dan semua bumbu hingga rata. Bentuk bulat2.
Goreng di minyak panas yang banyak supaya terendam rata. Goreng hingga kuning kecoklatan. 
Sajikan hangat.
Adonan cimplungnya seperti ini. Jika belum bisa di bentuk..tepung tapioka boleh di tambah..sampai seperti ini ya..




27 comments :

  1. hahahahha kecele aku mbak, ni cimplung versi daerah lain yaaa..kalo cimplung di banyumas itu singkong yang di rebus dengan air nira sampe lengket kecoklatan, manis-manis buket singkongnya, kaloga ada nira ya singkong di rebus dengan gula merah, di makan pagi ato sore hari di temeni teh pait hmmm....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lha rak tenan..pasti di kira cimplung dari daerah Mba Esti..hihi..lha aku cari di google itu ya kebanyakan cimplung manis itu...si singkong yang berendam di air nira ya..enak ya mba itu?..Belum pernah makan juga...kalau yang di rebus gula merah biasa sich..udah sering..:D

      Delete
  2. wah, aku yg asli jabar aja br dngr nama kue ini mbak...sblm baca reviewnya kirain sejenis tahu bulat, eh ternyata sepupunya perkedel toh... Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina..aku cari di google kok ya....yang jual cuma di restoran sambal hejo itu sich..tapi byk lho yang nge review si cemplung ini di restoran itu,..jadi termasuk lauk ya Mba..buat makan sup tadi..enyakkkk..:D

      Delete
  3. cakep banget bentuknya mbak Di, kayak bola ubi... <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bener Mba..Sy malah kepikiran bikin bola2 ubi dengan tehnik dan tambahan sagu juga kayak gini..jadi mulus2 ya..besok buat ahhh..hihi.

      Delete
  4. Maak...kalo cimplung di daerah Ciapus Bogor (tempat mertua) itu pisang goreng. Tapi pisangnya diiris kecil2, dicemplungin di adonan tepung yg sudah dikasih sedikit gula pasir. Digoreng sesendok-sesendok, tinggal cemplang-cemplung. Mungkin itu jadi disebut cimplung :D
    Ealah, sy yg gede di Cikampek deket Purwakarta kok malah belom pernah makan cimplung perkedel kentang ini. Kebamyakan ngumpet di rumah kali ya ^_^
    Seperti biasa, fotonya cakep banget *nyomot*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mak...iya Mak Riana...banyakan mengira cimplung pisang goreng ya..iya Mak..ini aku baca2 dari web nya Pem Kot Jawa Barat..katanya emang perkedel khas Purwakarta..tapi kalau aku liat ulasan di internet..memang cimplung ini...cuma di jual di salah satu restoran terkenal katanya yaitu resto Sambal Hejo..:)

      Delete
    2. Waktu kecil banyak banget tempat makan enak seputar Cikampek-Purwakarta. Dulu masih rumah makan biasa, eh skr sdh jd resto. Ke resto sambel hejo saya juga udah pernah. Dulu banget tapi, kalo lg mau ke Bandung. Tiap ke sana saya mah doyannya makan ayam goreng, ga engeh ada cimplung bulet2, hihi

      Delete
    3. Hihi..oh berarti memang terkenal ya Mak Riana..itu restonya..byk kok yang ngulas di internet..kayak detik food segala..dan..pasti yang di sebut ya..ayam goreng sambal hejo dan si cimplung ini..:)

      Delete
    4. Teh Inna... sama euuuy, sy orng cikampek malah tau nya cimplung itu dari nangka. 😁 BTW cikampek nya mana teh inna?

      Delete
    5. Teh Inna... sama euuuy, sy orng cikampek malah tau nya cimplung itu dari nangka. 😁 BTW cikampek nya mana teh inna?

      Delete
  5. Pernah saya makan cimplung itu (br tau namanya skrg he) yg saya tau perkedel tp kok beda he. Emang makannya dsambel hejo itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..Sy juga taunya dari liputan di internet dari yang pernah makan di situ kok Mba..sy sdr malah belum pernah..hehe..makanya coba bikin sdr di rumah..biar tahu rasanya..:)

      Delete
  6. Saya kira ini salalauak Mbak :) Coba buat ah :)

    ReplyDelete
  7. Salam kenal mba...
    Cimpluuuuuung!!!aseli fav saya bgt mba.makan cimplung itu enaknya d cocol sm sambal hejo(hijau)+nasi panas.memang betul mba cimplung ini enaknya d makan panas"
    Buat yg belom pernah mkn cimplung sm sekali trus bikin seperti ini iih luar biasa bgt mba..itu udh perfecto mba.sepertiny udh ngalahin sm aslinya.
    makasih mba udh share resepnya.krn sekian kali bikin cimplung buat lepas kangen akan mknan satu ini selalu tdk berhasil(melempem trus) ternyata rahasianya ditelur nya ya mba.
    mba izin.nyontek resepnya ya mba..resep" yg lain juga saya senang n suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..slaam kenal juga..:)
      Wah iya ya mba..aku malah baru pertama nyoba itu..syukurlah jika udah mirip aslinya..hihi. Kalau rasa memang enak dan unik Mba..aku juga suka sekali juga. Pertama nyoba resep dari asliya..sama...malah ambyar..eh pas ku kasih putih telur jadi bagus..mulus2 gt memang Mba..met coba ya..:)

      Delete
  8. halo maak..tadi ubek2 mbah gugel, nyari resep cumplung..nemunya di sini..
    penasaran liat postingan teman di instagram..ternyata hampir sama dengan perkedel biasanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..si cimplung ini kayak perkedel..tapi pakai tepung kanji banyak..makanya bisa kopong dan bulat2 bentuknya..:)

      Delete
  9. Sy sdh coba praktekan tapi koq menyerap minyak banyak.. emank seperti itu atau hrs nya kering yach..?

    ReplyDelete
  10. Sy sdh coba praktekan tapi koq menyerap minyak banyak.. emank seperti itu atau hrs nya kering yach..?

    ReplyDelete
  11. Kalau di tempatku kok nama olahan Cimplung justru singkong yang direbus dengan air gula merah ya..hehehe..

    ReplyDelete
  12. Cimplung itu cuma ada d sambel hejo kalau kalian mau bikin bisa aku bntuin

    ReplyDelete
  13. Mbak di.. mau tanya.. kalo si cimplung ini bisa di stok didlm freezer jg ngga yah? Mksh

    ReplyDelete
  14. Mba ini yg dpke sagu atau tapioka bebas pilih pke yg mana? Aku pke tapioka ko meledak2 gt ya pas d goreng, mba pke sagu ato tapioka?

    ReplyDelete