Friday, August 23, 2013

Sambal Goreng Buncis, Udang dan Tempe



Mau menu yang komplet gizinya..tapi malas ribet masak banyak masakan..cobalah bikin menu campur2 kayak yang ku buat ini teman..hihi. Kalau pas sibuk..ya udah..menu apa yang jadi favorit keluarga kita..campur aja semua dalam satu masakan. Udah ada sayurannya..proteinnya..komplet kan. Nah..karena suamiku sukanya sayur berkuah santan ala sambel goreng begini..makanya aku sering banget buat sambel goreng. Kali ini aku buat sambal goreng buncis, udang dan tempe..buat yang suka oseng2..tinggal di ubah saja jadi menu oseng2..tetep sama kan..dalam satu masakan..udah padat gizi..hihi...

Buat aku dan suami..semua bahan makanan..enak di bumbu sambel goreng bersantan seperti ini..ya..karena inilah menu keseharian orang Jawa..cuma biasanya memang tingkat penggunaan bumbu atau santan di sesuaikan saja tergantung keperluan.Kalau untuk harian..kami lebih suka sambel goreng yang tidak terlalu kental santannya..dan juga tidak terlalu banyak cabe..jadi sambel gorengnya nggak kemerahan banget..tapi cenderung kuning warna kuahnya. Kalau untuk acara2 tertentu..misal selamatan..pesta dll..sambel goreng ala Jawa..memang berbumbu merah karena pemakaian cabe yang banyak dan santannya juga kental. Jadi..mau masak sambel goreng yang kayak apa..sesuaikan selara saja ya teman2...^^

Pada dasarnya sambal goreng Jawa memakai rumus bumbu dasar merah, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabe..udah itu aja sich bumbu dasarnya.Cuma kadang ada juga yang suka menambahkan terasi..ebi..kemiri...dll..untuk bumbu sambal goreng. Kalau aku lebih suka yang dasar saja..bumbu dasar merah..plus daun salam, laos, garam / kaldu dan gula merah..sudah..itu saja..karena bumbu seperti itulah yang di ajarkan ibuku dari kecil..jadi udah di luar kepala kalau masak sambel goreng ini..hihi..asal takaran bumbunya pas..udah jadi sambel goreng yang mak nyuss kok. Ada dua versi bumbu halusnya juga..bisa  di haluskan semua..atau cabenya saja yang halus. Aku pakai keduanya..kadang suka di haluskan semua..kadang juga kalau males ngulek banyak2..cabenya aja yang di ulek..bawang merah dan  bawang putih di iris tipis2..semua..enak..^^

Mau masak praktis ala aku..yukk..simak resepnya ya teman2..^^
Sambal Goreng Buncis, Udang dan Tempe

Bahan2 :
200 gram buncis, potong serong tipis
200 gram tempe, potong kotak
100 gram udang segar, bersihkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,memarkan
Santan sedang 700-800 ml
Garam dan kaldu bubuk secukupnya
Gula merah kira2 1/2 sendok makan..atau sesuai selera
Bawang merah 8 buah , iris tipis
Bawang putih 4 siung iris tipis
Cabe merah 8 - 10 buah, haluskan

Cara Memasak :
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, masukkan cabe halus, aduk rata hingga bumbu benar2 matang.
Tuangi santan, dan tambahkan bumbu2 lain, tunggu hingga mendidih.
Masukkan tempe terlebih dahulu, masak hingga setengah matang, lalu masukkan buncis dan udang. Masak hingga buncis matang. Koreksi rasa sebelum di sajikan

4 comments :

  1. Replies
    1. ya Mak..bener buat makan malam suami..suka banget ..nggak pernah bosan sama sambel goreng Jawa gini..:)

      Delete
  2. Ohh namanya sambel goreng jawa ya mbak? hihihi baru tau aku, mertua suka masak ini dan suami doyan banget. mau coba buat ahh..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Elvira..kalau di Jawa tengah / Yogya..bumbu kuah santan pedas dan berwarna merah ini ya..sambal goreng..bahannya bisa di ganti2..semua bisa masuk..kalau sambel goreng..hihi..

      Delete