Friday, January 24, 2014

Tahu Acar Solo..Kuahnya Asem Segerrr..! ^^



Indonesia..kayaknya kayak banget olahan dari tahu ya teman2. Banyak daerah punya olahan dari tahu yang menjadi bahan utama dan menjadi nama masakannya. Tak terkecuali Solo..yang mempuyai masakan olahan tahu yang di sebut tahu acar. Tahu acar ini mirip2 tahu kupat Magelang..mirip2 tahu goling Yogya..dan daerah lain. Yang membedakan tahu acar ini..pakai mie dan kuahnya bening..serta bercita rasa asam segar..karena memakai cuka. 

Aku pernah sekali beli dan merasakan tahu acar ini di sebuah pujasera di Semarang...dulu aku kira rasanya ya kayak tahu kupat biasa..ternyata beda..rasanya lebih segar tahu acar ini kuahnya. Mirip dengan kuah cuko empek..tapi tidak terlalu asam dan minus ebi. Makanya pas tadi liat tahu tinggal 2 biji di kulkas..kok kepikiran pengen bikin tahu acar Solo yang seger ini. Ingat ingat dulu sekilas pernah baca juga resepnya di salah satu tabloid..bumbunya minimalis aja...mirip dengan kuah cuko..tapi tanpa ebi..ya udah..langsung buat aja seporsi tadi..kebetulan bahan2 lain ada semua.Tadi kepikiran juga..kalau bumbunya aku tambah ebi sangrai pasti lebih mantap..kayak kuah cuko gitu...tapi..nanti menyalahi pakem resepnya...hihi..ngak jadi dech..^^ Akhirnya jadi dech makan siang sepiring tahu acar buat diri sendiri..buat suami dan Yodha..ntar masak rawon aja..soalnya mereka nggak suka masakan campur2 yang nggak biasa mereka makan..hihi. Kalau aku kan lidah petualang rasa sejati..mau aja coba aneka masakan dari berbagai daerah..asal enak....!^^

Karena tadi buatnya cuma seporsi..jadi aku asal aja tadi bahan2 nggak ku timbang...jadi kalau mau mencoba buat..di sesuaikan saja dengan kebutuhan masing2 ya teman2..jumlah bahan2nya. Kalau kuahnya sich untuk satu porsi juga tadi ukurannya ya. Selamat mencoba..^^


Tahu Acar Solo

Bahan utama secukupnya saja ya :
Mie kuning rebus, tahu dan tempe goreng yang di potong kecil2, kol iris, sledri iris, taoge yang di rendam air panas, kacang tanah goreng, bawang goreng, dan acar ketimun

Bahan kuah:
50 gram gula merah, disisir halus
350 ml air 
1 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh cuka

Bahan sambal :
 10 buah cabai rawit, direbus
1 siung bawang putih, direbus
1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
Kuah : rebus air dan gula merah sampai gula larut. Saring.
Didihkan air gula. Masukkan bawang putih, kecap manis, dan garam. Rebus sampai mendidih. Tambahkan cuka. Aduk rata. Angkat.
Penyajian: tata mi, kol, taoge, tempe, tahu, dan kacang tanah. Siram kuah. Tabur sledri dan bawang merah goreng dan acar ketimun. Sajikan dengan sambal cabai rawit.

4 comments :

  1. Aduh mba Didi..pagi-pagi gini lihat tahu acar yg menggoda itu..jadi ngiler mba..enak banget kyknya ya mba...apalagi aku penggemar tahu neh..nyam-nyam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Monica..seeger banget ini..ayukk di buat..bisa jadi menu beda uat weekend ini Mba..:)

      Delete
  2. Hadeh mbak.... jadi tambah pengen cepet-cepet lebaran nih... cepet-cepet mudik solo...
    Bisa gak yak lebarannya dicepetin... hihihihi....

    Besok aku mau bikin ini mbak.... skalian ijin nyontek resepnya yak.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan habis lebaran mba..lebaran haji..hihi..yukk bkn sdr..ngg lebaran kelamaan..:D

      Delete