Friday, January 3, 2014

Tongseng Jamur

 


Tongseng jamur ala warung Jejamuran Yogya..dari dulu udah pengen nyoba masak sendiri di rumah..tapi kok ya lupa terus..baru tadi kesampaian..karena ingat kemaren beli jamur merang di Superindo. Rencana mau bikin mie ayam jamur..tapi kok males bikin mie basah hari ini..ya udah..buat tongseng jamur aja dulu. 

Hasilnya..enak lho..rasanya ya hampir sama kayak di warung jejamuran. Nggak kalah dech sama tongseng daging. Jadi buat yang vegetarian..dan pengen makan tongseng..cobain dech tongseng jamur merang ala aku ini ya..enak..! ^^
Resep Tongseng Jamur

Bahan :
Jamur merang 200 gram
Tomat 1 buah, potong jadi 4 bagian
Kol 3 lembar, potong kasar
Cabai rawit merah 4 buah
Cabai rawit hijau 5 buah
Santan encer 500 ml
Kecap manis 3 sendok makan
Bawang goreng secukupnya
Kaldu ayam 1 sendok teh atau garam secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Jahe 2 cm , geprek
Lengkuas  2 cm, geprek
Daun jeruk 2 lembar

Bumbu halus :
Bawang merah 4 butir
Bawang putih 2 siung
Kunyit 1 cm

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan semua bumbu lain, masukkan jamur merang. Masak hingga bumbu meresap. Terakhir masukkan kol dan tomat, aduk hingga kol layu. Sajikan dengan taburan bawang goreng.
Maaf tapi ya teman..kalau foto2 di bawah ini salah fokus..hihi..lha itu ada penampakan anak ganteng ya.. yang usil dan pengen eksis..jadinya cuma dapet foto di atas yang fokus ke tongseng..lainnya kok malah fokus ke Kakak..hihi. Gitu dech Yodha..kalau lagi liburan..kalau lagi usilnya kumat..suka godain maminya pas ambil foto..jadinya ya begini nich..hihi...liat aja dech..kebanyakan gaya dech Kakak nich..hihi. Jadi..lebih baik langsung bikin aja ya teman2..jika mau tau rasa tongseng jamurnya..^_^









22 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..iya tuch lagi usil Tan..Yodhanya...setiap mami mau ambil foto.langsung dech nampang di depan kamera dgn gaya..hihi

      Delete
  2. Mbak diah, aku ijin nyontek resep-resepnya ya.... aku udah nyobain pia krispynya enak deh mbak.... salam kenal mbak....
    -Ayu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ayu,...salam kenal juga ya Mba..silahakn di coba mba..resep2 di sini jika suka..jgn sungkan tinggalkan pesan di komentar ya jika ada yang kurang jelas..:)

      Delete
  3. salah fokuss,,yodhaaaaa ganteng bangettt sih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Tante Hana..iya nich..kameranya juga ikut2 an salah fokus nich..bukan ke tongsengnya..tapi fokus ke Yodha..hihi.

      Delete
  4. Replies
    1. Hihi..iya Mak Lydia..pdhl cuma acting itu Yodha..lha wong cangkirnya kosong nggak ada tehnya..hihi

      Delete
  5. mas yodha ganteng bgt mba diah, mba diah klo resepnya gi ganti ayam bisa ngak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..:)
      Bisa mba..ganti ayam bisa..cuma di masaknya agak lebih lama ya..biar bumbu meresap..kalau jamur kan cepat matang..:)

      Delete
  6. mba diah ...selain jamur merang bisa pake jamur apa lagi???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai jamur kancing juga enak Mba Ivanna,..atau jamur tiram juga enak..:)

      Delete
  7. mb beli jamur merang dmn ya daerah semarang koq ak tinggal d kaligawe susah nyarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di superindo banyak Mba..di bag rak pendingin..:)

      Delete
  8. mbak di, klo gak pake kaldu ayam apa ntar pengaruh ke rasa ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..tapi di sesuaikan selera saja ya..jika nggak suka ya nggak usah pake..terus cicipi dech rasanya..gmn..klu oke ya ndak masalah..:)

      Delete
  9. salam kenal mbak diah. pengen nyoba nih, tp gak ada kol. enaknya kol dganti apa ya?

    ReplyDelete
  10. Ndak usah pake ndak pa2 Mba..:)

    ReplyDelete
  11. aku dah coba utk buka puasa hr ini...enaakkk.. kolnya kuganti ayam..hehehee... soalnya kl jamur aja serasa "sepi" hihihi... thanks ya mbak resepnya.
    oiya aku jg coba puding labunya tp dikukus, agak lembek gitu tp stelah didinginin d kulkas jd sedep bgt...:). thanks again mbak diah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Cici..ya tambah enak di tambah ayam ya..hihi. Eh tapi kalau aku paling suka ada kolnya mba..kalau tongseng..cobain dech kapan2..seger..:)

      Delete
  12. kalo di campur daging tetelan enak gk ya mbk?kalo tongseng gt?

    ReplyDelete