Wednesday, January 8, 2014

Tahu Pong Isi Rebung


Kemaren di kulkas liat stock rebung iris..oh iya..aku Minggu kemaren beli di pasar,..kok ya lupa. Takut kelamaan di simpan jadi asam..akhirnya aku bikin aja buat isian tahu pong goreng kemaren..karena mau di bikin lumpia..lagi nggak punya stock kulitnya. Rasanya..enak banget juga..nggak kalah lho sama lumpia teman2. Tahu pong yang dalamnya kopong..di isi adonan isi rebung yang di tumis dengan cincangan ayam dan udang serta telur..persis sama kayak isian lumpia..cuma biar lebih komplet lagi aku tambahkan wortel juga..tambah enak..karena ada citarasa sedikit manis dari wortelnya.

Kalau di Semarang..tahu pong isi rebung ini memang banyak di jual di pinggir2 jalan..bersama dengan gorengan jenis lain. Dulu pertama kali makan gorengan ini..ya agak bingung juga..tahu pong ..kok di isi rebung..tapi setelah tau rasanya..langsung jatuh cinta dech..dan sejak itu sering bikin sendiri. Kalau yang di jual di pinggir2 jalan sich...isinya cuma rebung aja yang di beri bumbu gurih manis gitu..tapi..kalau buat sendiri..di buat lebih istimewa dong..dengan isian komplit..kayak isi lumpia Semarang..pakai daging ayam , udang dan telur juga. rasanya..semakin gurih dan istimewa dech. Cobain dech teman2..enak banget..rasa tahu pong yang khas..berpadu isian rebung yang gurih dan sedikit manis..serta di tambah lagi balutan kulit renyah luarnya..sungguh kombinasi yang benar2 cocok dech.

Kalau di Semarang..rebung segar mudah di dapat setiap hari..tapi jika di luar Semarang..biasanya agak susah ya teman2 cari rebung. Nah..jika teman2 beli rebung di supermarket..biasanya kan udah di rendam lama itu ya..tips untuk menghilangkan bau asam rebung..yaitu dengan di rebus berkali2. Selain itu juga bisa di beri bumbu yang kuat..nanti rasa asam rebungnya kan berkurang kok. Begitu juga dengan rebung kalengan..tipsnya sama ya teman2. Selamat mencoba..^^
Tahu Pong isi Rebung

Bahan isi :
250 gram rebung , potong korek api
1 buah wortel, potong korek api
100 gram daging ayam , rebus sebentar, cincang
50 gram udang kupas, cincang
2 butir telur , buat orak arik
2 batang daun bawang, iris halus
1 sendok makan gula pasir ( untuk mengolah isian dari rebung memang harus agak banyak gulanya..supaya benar2 gurih dan merasuk bumbu2nya )
Garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya jika suka.

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica

Cara membuat isian :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, tambahkan  bahan2 lain serta semua bumbu, beri air secukupnya. lalau maska hingga bumbu meresap dan kering seperti orak arik. Sisihkan.
Bahan kulit :
10 buah tahu pong ( tahu yang dalamnya berongga )
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok teh bumbu kaldu bubuk / garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
Air kira2 150 ml ( secukupnya )

Aduk rata semua bahan kulit kecuali tahu pong.

Penyelesaian :
Ambil satu buah tahu pong, luabngi salah satu sisi hingga menyerupai kantung kotak, isi dengan adonan isi hingga penuh. Lakukan hingga semua tahu pong terisi.
Celup tahu pong ke adonan pencelup, lalu goreng hingga matang.
Sajikan dengan cabe rawit..yummy..!


11 comments :

  1. Dlu saya g tahu bentuk tahu pong.ladalah ternyata tahu mateng to hehehe...ini kyk tahu isi yo mbk hehe....nyemmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hana tahu pong itu tahu yang di goreng sampai kering dan berongga..:)..Tul Mak..penampankan kayak tahu isi..tapi rasanya beda bnegt..lebih enak dan spesial ini..karena pakai rebung, daging ayam..udang dan telur juga..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, untuk isiannya bisa digunakan untuk isian lumpia atau risoles nggak ya ?? *ih idenya agak maksa :-D

    ReplyDelete
  3. Lho..boleh banget Mba..buat isian lumpia..kan rebung di tumis gini ini memang biasanya memang buat isian lumpia..hihi. Kalau buat risol..mungkin enak juga kali ya..tapi belum pernah coba..hihi.

    ReplyDelete
  4. aiih mak Didi...pengin buat, secara aku dari kemarin ngilerrrr lumpia Semarang...maklum aseli wong Semarang hihii ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..oh iya ya..Mak Christanty kan dari Semarang.ayukk buat Mak..kalau nggak ada kulit lumpia..pakai tahu pong..sama enaknya..:)

      Delete
  5. Woaah aku belom pernah nyobain tahu isi rebung mbak :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..belum pernah ya Mba..di tukang gorengan beberapa ada sich mba..di bawah..tapi kalau di atas ini..kebanyakan yang jual di pasar2..atau di tukang jajan keliling..hihi.

      Delete
  6. Mbak Diah, minggu kemarin bikin lumpia. Krn kulit lumpia sdh habis sementara isinya masih ada sedikit, saya ingat resep ini dan langsung coba. Bahan pencelup pake tepung krispi mbak Diah dong. Enak sekali, lain dari yg lain! Terima kasih idenya.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete