Tuesday, January 14, 2014

Kroket Makaroni..Yummy..! ^^


Wah..libur lagi ya teman2..hihi..seru nich bisa kumpul2 lagi sama keluarga di rumah. Sebenernya kemaren rencana mau jalan ke Pekalongan hari ini..tapi ternyata suami banyak kerjaan yang harus selesai Rabu besok..ya udah..di rumah saja dech..sibuk utak atik resep aja di dapur..Yodha..seperti biasa..kalau libur..abis sarapan udah mantengin Nick Junior..hihi. Kali ini aku bikin kroket makaroni...soalnya masih punya banyak stock makaroni mentah..kemaren itu minta di beliin makaroni ke suami di TBK langgananku..eh lha kok di beliin yang kemasan besar,..2 kg gitu..hihi..padahal..kalau aku beli kan cuma kemasan sekali pakai 250 gram..hihi..namanya juga bapak2..maunya yang praktis..tinggal ambil di rak yang kemasan besar..nggak mau ribet2 nunggu di kemas lagi ukuran kecil oleh pegawainya..ya udah..nggak pa2 dech buat stock. 

Tapi..kalau liat bahan di dapur nganggur gitu kok ya..tangan gatel pengen segera di olah..hihi. Lalu cari2 ide dech mau di buat apa lagi si makaroni ini. Buat skotel..udah sering..bitterbalen..risoles..udah juga..akhirnya kepikiran tak buat kroket aja, jadi kayak kroket kentang campur ayam biasa..cuma di tambahin makaroni.
Pertama sich ragu..karbo..sama karbo..hihi..kan kroket bahannya kentang..terus di campur makaroni..yang karbo juga. Tapi..setelah mencobanya..ternyata..enak lho. Kentang dan makaroni..klop banget berpadu. Suami juga suka dech...habis banyak..cuma Yodha lagi radang tenggorokan dikit..jadi nggak mau makan gorengan dech. Rasa kroket makaroni ini gurih dan sedikit manis..di tambah cincangan daging ayam..wah tambah enak banget...di makan anget2 sambil nyeplus cabe rawit..di musim hujan kayak gini..udah dech..bayangin sendiri ya teman2..enaknya..hihi.
Yukk..segera bikin sendiri ya..daripada ngebayangin....mudah dan mur mer kok..tapi hasilnya enak..lumayan nich buat teman ngumpul bareng keluarga di hari libur ini. Selamat mencoba ya jika suka..^^
Kroket Makaroni

Bahan :
2 buah kentang ( kira2 250 gram ), goreng, haluskan.
100 gram makaroni bentuk pipa, rebus hingga empuk.
100 gram daging ayam rebus, potong kecil2 / cincang halus.
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, haluskan
1/8 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk jika perlu dan garam secukupnya
1 sendok makan margarin untuk menumis

Pelapis :
Tepung terigu sedikit buat lapisan awal
1 butir putih telur
Tepung panir kasar secukupnya

Cara membuat :
Tumis bawag bombay sampai harum, masukkan ayam, aduk rata. Angkat. Masukkan makaroni, kentang halus dan bumbu2 lain, aduk rata. Koreksi rasanya..udah pas atau belum...sesuai selera aja, kalau aku suka kroket yang gurih dan ada rasa sedikit manisnya.
Bentuk bulat lonjong. Gulingkan ke tepung terigu hingga terlapisi tipis2, lalu celupkan ke kocokan putih telur. Gulingkan ke tepung panir sambil di tekan2 hingga padat dan menempel tepung panirnya. Goreng hingga matang dan kuning kecoklatan. Sajikan dengan cabe rawit..atau cocolan saus atau mayo jika suka.

Note : 
Sebenernya..agak lebih menarik buat anak2..misal buat bekal sekolahnya gitu...bisa di tambahkan wortel yang di rebus dulu kemudian di potong kecil2 dadu di adonan..jadi warna warni. Tapi aku nggak punya wortel. Jika suka keju..bagian dalamnya juga bisa di isi keju...jadi tambah bergizi dech. Untuk tambah sedep bisa di tambah cincangan sledri juga..tapi ya..nggak punya juga..hihi. Jadi seadanya aja bahannya..tetep enak kok..^^



11 comments :

  1. wah mbk,,resep yg praktis nih,,langsung meluncur ah ke dapur,,cuaca dingin gini bikin mulu pengen ngunyah terus ^^ mksh ya mbk buat resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba....bener...jadi pengen ngemil terus ya..apalagi yang gurih2 hangat gini..hihi..enak..sambil nyeplus cabe rawit ya..:)

      Delete
  2. cucok banget buat musim hujan, hmm selalu resepnya mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Siti,...cocok banget..di makan anget2 di musim hujan..tau2 habis dech..hihi

      Delete
  3. cleguk...pengen bikin, tapi bisa gak ya..:( #nasibgakbisamasak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa Mba Winda..ayukk di coba..mudah kok ini..:)

      Delete
  4. Salam kenal mba diah.. lagi belajar banget soal masak nih.
    Dan menurutku resep2 dari mbak diah deh yg palinv favorit ku ikuti. Simpel bahan dan cara masaknya jg ga ribet2 amat.. cocok bgt buat pemula kayak aq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Wiwid...salam kenal juga ya..siippp Mba..semangat ya belajar masaknya..:)..Jangan sungkan tinggalkan komen jika ada yang kurang jelas ya...:)

      Delete
  5. salam kenal mba diah... makasih banyak buat resep2nya. udah banyak yang aku uji coba n rata2 berhasil mba.... buah semangka sudah masak ga nyangka aku bisa masak...hehe

    ReplyDelete
  6. Hai Mba Imas...sama Mba..salam kenal juga ya..:)

    Memasak itu mudah kan Mba..klu mau mencoba..:)..eh BTW pantunnya bagus..hihi

    ReplyDelete
  7. Selamat Siang mba. Mau tny, apa bedanya kroket kentang dgn bitterballen kentang? Makasih :)

    ReplyDelete