Google Ad

Wednesday, January 22, 2014

Gurame Acar Kuning Pedas



Masak apa hari ini teman2..? Aku masih seadanya nich..belum sempat ke pasar..membayangkan ke pasar hujan2 gini..kok males banget. Akhirnya tadi cuma dapat ikan gurame satu dari tukang sayur..ya udah di masak acar kuning aja..kebetulan lagi pengen makan yang pedes2...buat ngobati pahit nich lidah...harus makan makanan yang berbumbu kuat. Tapi..walaupun gurame acar kuningnya udah aku kasih cabe banyak2..karena nggak di ulek..ya tetep aja kurang nendang pedesnya..hihi. Kalau bumbu acarnya sipp sich...aku buat kering..nggak kayak biasanya yang aku buat berkuah. Jadi di masaknya lebih lama sehingga bumbu2 mengental dan menyelimuti ikannya. Bumbu acar kuning yang kering ini..bisa di lanjut jadi olesan bumbu ikan bakar juga lho teman2. Tapi kalau mau di bakar..goreng ikannya jangan terlalu kering ya. Setelah di balur bumbu acar kuning yang sudah di masak..lalu di bakar seperti biasanya.

Sajikan ikan gurame acar kuning ini dengan lalapan atau tumis kangkung...yummy. Untuk hari ini..udah lumayan lah.ketolong sama pedes..udah mau makan lagi nasi. Mungkin besok perlu bikin *oseng2 mercon* nich..yang super pedas itu..biar selera makan biasa pulih kembali. Moga2 besok nggak hujan biar bisa ke pasar dan bisa nye tok bahan2.

Oke..jika bosan olahan ikan goreng biasa..cobain dech di masak acar kuning gini teman2..ini dia resepnya ya..^^

Gurame Acar Kuning

Bahan :
1 ekor ikan gurame ( rendam dengan garam dan bawang putih halus secukupnya )
10 buah cabai rawit merah
10 butir bawang merah ukuran kecil, biarkan utuh
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
1 sendok teh cuka masak
1 sendok teh kaldu bubuk atau garam sesuai selera
Air 200 ml
Bumbu halus :
6 butir bawang merah
6 butir kemiri
3 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit
2 cm jahe
Cara membuat :
Goreng ikan gurame hingga kering. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih. Masukan ikan goreng, masak hingga bumbu meresap..dan kuah menyusut. Koreksi rasa.
Sajikan hangat dengan nasi putih dan tumis kangkung ..^^ 

12 comments :

  1. Halo Diah, salam kenal ya. Seneng banget ngeliat blog mu ini. Sejak menetap di Amrik, sering kangen sama masakan Jawa, apalagi yg khas jawa tengahan gtu (dulu waktu kuliah di Yogya suka banget hunting makanan). Kangennya sampe ngimpi-ngimpi. Hehehe... Waktu masih tinggal di Indo sih tinggal beli aja beres deh :) tp di sini mau gak mau harus masak sendiri. Aq add friend di FB mu ya, sapa tau kita bisa sharing resep. Salam - Inge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Inge..salam kenal juga Mba..:)
      Wah..suka masakan Jawa ya Mba..ndak usah mimpi2 lagi mba..hihi...segera masak sendiri aja kalau lagi pengen..di sini kebanyakan emang masakan Jawa Mba..maklum daku lidah Jawa tulen..hihi...semoga sesuai selera ya mba..Oke..nanti klu udah sempat online fb aku confirm ya Mba..nggak tau nich..koneksi internetnya aneh..di buat buka blog cepet..kalau buat buka fb..suka lemot bnget di sini..yach..mungkin krn saking banyaknya warga Indonesia yang fb an setiap hari mba..hihi.

      Delete
    2. Setauku FB jd lemot gara2 kalo ada yg posting video langsung "on" otomatis. Streaming nya itu lho yg bikin lemot. Jd kalo di FB mu banyak yang posting video, akibatnya ya itu jadi lemot. Sebel juga sama FB, suka banget ganti acara. Mana gak permisi (lha wong gratisan aja kok ngomel ya, dasaaarrr...hehehehe). Btw, panggil aja Inge, gak usah pake embel2 lain :). Lidahku jg lidah jawa kok, untungnya hubby kalo tak masakin masakan jawa tetep selahap kalo aku bikinin pizza/burger. Cuma kalo yang pedes-pedes sih tak lahap sendiri. hehehe...

      Delete
    3. Oh gt ya Inge...hihi..iya...dulu2 tuch nggak pernah ada masalah..sekarang mau buka fb aja kadang lama banget jadi suka males.
      SIpp mba..seneng dech kalau ada temen di luar yang suka masak masakan Indo..jadi bisa mengenalkan masakan kita..minimal sama keluarga ya Mba..dan rata2 ya pada suka ya..alhamdulillah..berati makanan Indonesia memang enak..cuma kalah nge top aja sama masakan asia lain ya..hihi.

      Delete
  2. Mbak Diah, aku suka beli gurami. Tapi sering kali dagingnya bau tanah. Gimana cara ngilangin baunya yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba...coba dengan cara berikut Mba...bisa mengurangi bau tanahnya :

      Dengan cuka
      Caranya, cuci bersih ikan, lalu olesi seluruh permukaan ikan dengan cuka. Diamkan selama sekitar 20 menit, lalu cuci kembali dengan bersih.

      2. Dengan garam
      Caranya, cuci dan bersihkan ikan. Kalau berukuran besar, potong ikan sesuai kebutuhan. Buat rendaman yang terbuat dari campuran air, garam, dan kunyit, lalu rendam ikan dalam campuran tersebut selama sekitar 1 jam. Jika nggak mau asin banget..sebelum di masak di cuci lagi ya Mba..

      Delete
    2. Makasih, Mbak Diah.. Selama ini hanya aku kucurin dg air jeruk nipis aja. Tp kok masih ada bau tanahnya.

      Delete
  3. mbak diah, itu cabe rawitnya utuh kan? kira2 rasanya jadi pedes gak? kasian anak2 kalo pedes.
    mencoba varian baru biasanya sih saya cuma di bakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak usah pake cabe Aja Mba Dewi..klu buat anak2..:)..

      Delete
  4. Replies
    1. Iya mba..met coba..enak juga kok..semua ikan di masak acar kuning gini..:)

      Delete
  5. Mbak Diah, resepnya sdh saya coba. Enak! Saya sih suka, tapi anak2 dan mama kurang suka. Lain kali saya mau bikin lagi, sedikit saja, untuk diri sendiri. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel