Monday, January 13, 2014

Stick Singkong Goreng, Renyah di Luar..Empuk dan Lembut di Dalam..^^


Hujan2 gini..pengennya kok ngemil terus ya teman2..hihi. Jadi..musti rajin2 bikin cemilan sendiri nich di rumah. Memang..beli ya banyak ya..tapi kan lebih hemat ya..kalau bikin sendiri...dan cemilan nggak harus mahal lho..singkong..yang murah meriah..bisa di olah jadi aneka cemilan yang enak. Kalau lagi males ngutak atik singkong jadi jajan pasar..di goreng aja juga enak. Nah..biar nggak bosan..sama singkong goreng biasa..yukk kita sulap penampilan singkong gorengnya..kita bentuk stick gitu..biar lebih menarik buat anak2..biar nggak kalah..sama french fries..kalau yang dari singkong..kita sebut apa ya..cassava fries gitu??..hihi..* ngarang..*

Untuk membuat stick singkong yang empuk dalemnya dan renyah luarnya..mudah kok..pilih singkong yang bagus dan anggak pahit ya..yaitu yang warna bagian dalam kulitnya berwarna pink. Singkong kita potong2 kecil2 kayak stick..terus kukus dulu sampai matang..tapi jangan terlalu empuk ya..nanti hancur dech. Abis itu di rendam air es yang di beri bumbu..biarkan hingga bumbu meresap...lalu goreng dech hingga matang dan renyah bagian luarnya..tapi dalamnya tetep empuk dan lembut. Udah..siap dech stick singkong gorengnya. Tapi..kalau di cocol saus tomat kayak french fries kok kurang cocok juga yach..kalau aku lebih enak..di cocol sambel terasi dech...hihi. Atau di cemal cemil gitu aja juga enak kok. Atau mau di buat gaya modern..bisa di tabur bumbu tabur siap pakai aneka rasa..misal..keju..barbeque..dll..bisa di beli di supermarket tuch banyak kan. Tapi kalau mau di beri bumbu tabur..nggak perlu di rendam bumbu ya sebelumnya...biar nggak kontras rasanya. Oke..selamat mencoba..cemilan mur mer ini ya teman2..^^
Stick Singkong Goreng 

Bahan :
500 gram singkong kupas, potong2 kecil panjang2 seperti french fries

Bumbu perendam, haluskan :
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
Kaldu bubuk 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air es secukupnya

Cara membuat :
Kukus singkong yang sudah di potong2 sampai matang, tapi jangan sampai terlalu empuk ya..nanti bisa hancur pas di goreng. Berapa menit..?? Wah..lupa ngitung dech..hihi. Pokoknya di tengak tengok aja..dan di cicipin ya...udah matang belum ..^^
Rendam singkong kukus di air es yang sudah di beri bumbu halus. Diamkan hingga bumbu meresap..minimal 1 jam. Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang, reyah di luar..dan empuk..lembut di dalam.
Sajikan hangat2.
Note
  • Ini bukan stick singkong ya cemilan awet..renyah kriuk yang bisa di simpan di toples gitu lho ya teman2..tapi cemilan singkong yang di goreng seperti french fries..jadi kriuk luarnya ya pas masih hangat saja..dan paling enak segera di nikmati hangat2 setelah matang.
  • Singkong yang bagus, enak dan empuk..mempur jika di goreng..kayak gini nich..dalamnya putih bersih..kulit bagian dalamnya berwarna pink..dan jika di kupas..mudah banget..tinggal di kerat dan di tarik kulitnya...akan mudah terkelupas. Jadi..pastikan bahannya kayak gini ya..jika pakai singkong jenis lain..ya..nggak tau dech bisa renyah dan lembut tidak dalemnya..karena ada juga jenis singkong yang *magel*..atau kenyal..kenyal gitu..kalau di goreng atau di kukus..^^

  


19 comments :

  1. waaaahhhh terima kasih inspirasi resepnya mbak didi, kebetulan aku baru panen beberapa pohon singkong neh dapet banyak banget yang mempur lagi ni.... resep lainnya ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esti..sama2..wah..kalau deket tak bantuin panen Mba..hihi..*sambil bawa karung..minta singkongnya..hihi*..
      Di buat kripik sermier..opak..dll..aja Mba..tapi sayange musim hujan nich ya..nggak bisa jemur..jadi di buat jajan pasar aja..byk di blog nich..coba search..jajanan dari singkong..soalnya kan aku suka singkong Mba..hihi.

      Delete
  2. cegluk... cegluk... pas lagi lapar lihat postingan mbak Di. Langsung pengiiin....
    Makasih tips milih singkongnya mbak. Itu jadi pertanyaan saya udah lama banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Yanti..sama2..memang kok Mba..kalau salah pilih singkong..kadang suka mengkal kalau di kukus atau kalau di parut..berair..terasa pait..dll..:)

      Delete
  3. Waaaah mba Diah,,, wajib dicoba ini mba,,, barusan tadi habis beli singkong... apalagi hujan terus melanda,,, enaknya makan yang anget2 ditemani teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..sama2..udah pulang nich Mba?.
      di makan pakai sambel terasi..enak lho Mba..hihi...tapi di cemil gt aja enak juga..:)

      Delete
    2. Iya mba, sudah pulang,,, wah sama mba. Saya sukanya kalau bikin singkong goreng di cocol ke sambal terasi lho mba,,, makin mantab rasanya...

      Delete
    3. Sipp Mba Tina..selamat berkreasi lagi ya di dapur..:)

      Delete
  4. mbak,klo ga ada yg warna pink gt gmn ? kmaren cari kok putih smua pdhl lg pengen singkong goreng....hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang empuk mba..kadang2 juga getir / pahit rasa singkong putih..:)

      Delete
    2. Yg pink ato putih itu jenis singkongnya mbak ? Klo dimasak krg enak trus dibuat apa biasanya singkong putih itu ? Thx

      Delete
    3. Aku ndak tau mba..orang2 buat apa ya..yang warna putih..mungkin buat tepung ..atau buat pakan ternak..dll..yang jelas..kalau yang buat jajanan tradisional..dari jaman dulu ibuku ngajarin pake yang waran pink dalemnya..dan ya memang enak dan nggak pahit..keset dan empuk jika di olah..:)..Tapi ya di coba saja Mba..mungkin enak juga singkong putih di t4 mba..karena kan tergantung jenis tanahnya juga ya..:)

      Delete
  5. klo stelah dipotong2 trs direbus sama bumbunya apakah hasilnya akan berbeda mbak ? slama ini sy taunya direbus pake garem trs digoreng,hehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah belum pernah coba tuch mba gt...:)

      Delete
  6. Kalau aku bikin biasanya singkong tak potong2 besar2, terus diungkep sama bumbunya. Setelah itu digoreng. Enak juga kok mbak, gurih...
    liza

    ReplyDelete
  7. Mba Diah ngrendem air es + bumbunya itu nunggu stlh singkongnya dingin atau lngsng selagi masih panas? Mksih. Retno

    ReplyDelete
  8. aku milih resep ini dech Mbak Diah...aku coba yaaa

    ReplyDelete