Tuesday, January 7, 2014

Mie Ayam Ceker


Sudah makan siang teman2..?..Pasti udah ya..jika belum..ayukk segera makan ya.....biarpun sibuk..tetep harus di sempatin makan siang ya..^^. Mendung2 gini..aku kok pengen makan yang seger2. Mau bikin mie ayam..tapi cuma punya cakar dan 2 potong sayap ayam..hihi. Niatnya memang mau tak buat semur buat Yodha nanti. Tapi..nggak masalah dech kayaknya..soalnya ingat beberap hari lalu kita makan mie ayam ceker yang lumayan enak di mba Menuk..jalan Durian..deket rumah sich. Suamiku suka sekali mie ayam cekernya..dan setelah aku coba..memang lumayan enak. Tapi yang nggak nguatin..judulnya mie ayam ceker..tapi..cekernya cuma 1 biji doang !..hihi. Kali itu yang bikin enak ya..jadi kan orang penasaran..pengen maem cekernya. Cekernya memang enak..empuk..dan sudah di  ungkep bumbu kecap..kayak semur gini..ya ..nggak jauh2 beda lah sama ayam kecap yang sering aku masak buat mie ayam. 

Jadi..jika nggak ada daging ayam..di ganti ceker pun..tetep makyuss kok buat mie ayam. Bisa puas pula..kalau bikin sendiri..cekernya nggak cuma sebiji..tapi sepiring..hihi..nggak ding buat Yodha yang banyak..maminya..cukup berapa biji ya cekernya tadi..haduch..lupa ngitung..abis enak sich ceker kecapnya..hihi. Buat yang nggak suka ceker..aduch..kok bisa ya..ceker itu enak lho..hihi..dan seru makannya..di krikiti..^^

Oke..selamat mencoba ya..buat teman2 yang suka ceker..yang nggak suka..silahkan tutup mata..hihi..soalnya ada juga lho temen yang geli liat ceker. Padahal kalau udah di masak gini kan..menggoda selera ya ..ya..hihi. Liat nich ceker kecapnya yang empuk dan menyerap bumbu..sedappp..! ^^

Mie Ayam Ceker

Bahan :
200 gram mie kering/ mie basah
100 gram ayam rebus, potong2 kecil ( aku cuma punya 2 sayap tadi..lumayan lah..walau dikit ada juga dagingnya..hihi )
500 gram ceker ayam
5 lembar sawi hijau 
2 batang daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya

Bahan Kuah :
800 ml kaldu ayam , dari ceker ayamnya yang di rebus dulu dengan api kecil 1 jam sampai keluar kaldu beningnya
2 siung bawang putih, geprek hingga remuk
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam sesuai selera, kaldu bubuk sedikit..jika suka

Bumbu halus ceker kecap :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri ( optional..bisa pakai..bisa..nggak )
1/2 sendok teh merica  butiran
Jahe 2 cm, geprek
Gula pasir 1/2 sendok teh
Kecap 4 sendok makan
Garam secukupnya, air 300 ml
Cara membuat :
Ceker kecap : Tumis bumbu halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan ceker ayam , daging ayam air dan bumbu2 lain.
Masak dengan api kecil hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.

Kuah : Panaskan 1 sendok makan minyak ayam ( jika pakai, jika tidak..ya pakai minyak biasa. Kalau mau tau cara membuat minyak ayam..klik di sini ).
Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.Koreksi rasa.

Penyajian : Masak air hingga mendidih, masukkan mie, rebus sampai matang, lalu masukkan sawi hijau, rebus sampai matang. Lalu saring mie dan sawi. Tuang ke dalam mangkuk, beri tumisan ayam, ceker daun bawang, bawang merah, lalu tuangi kuah mie ayam. Sajikan dengan kecap dan saus dan sambal rawit jika suka. Selamat mencoba..
 





16 comments :

  1. aduh mbaa menggoda banget cekernya, eh ceker ayamnya :9
    pengen bisa bikin semur cekernya sampai coklat begitu, apa kecapnya yg beda? atau apanya ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tika..aku pakai kecap lele Mba..kecap lokal dari Semarang...:)
      Iya Mba..kadang kadar kepekatan kecap itu berbeda2..atau bisa juga di masak dengan api kecil sampai kesat dan air habis Mba..nanti bisa kecoklatan juga..:)

      Delete
    2. Kecap lele dari semarang, maaf apa benar produksinya di semarang?

      Delete
    3. kecap merk lele itu produksi pati mbak, bantu jawab heheeee

      Delete
  2. Replies
    1. Aku kadang pakai mie basah..atau mie kering Mak Lidya..:)

      Delete
  3. Biar cekernya empuk sampek diemut langsung lumer gitu gimana mbak Di? hehehe *elus perut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rebus dengan api kecil dulu Mba..di tutup pancinya sampai keluar kaldunya..kaldunya bisa kepake..dan ceker jadi empuk..:)

      Delete
  4. ikut ngintip menunya ya mba diah..

    ReplyDelete
  5. Boleh Mba Cici..silahkan di coba ya..:)

    ReplyDelete
  6. Hemmm kapan2 mau coba resep ini krn ank dan suami suka mie ayam biasany beli skrg mau sndr masak hehe

    ReplyDelete
  7. Asziiik... makasih resepnya ya mba diah...aku sllu intip semua resep2nya ko' hampir tiap hari masakanku ala mbh diah ... jadi sllu di puji suami.sekarg aku jadi pinteradak.wuih pokoknya saya tunggu resep lainya.pean resepnya enak2 walau terkadang susah cari bahan2nya...hehe ...

    ReplyDelete
  8. Dari semua resep mie ayam yg aku temuin. Inu resep yang paling simple. Ni lg siap2 bikin mie ayam perdana mbak. Doakan berhasil yak. Salam kenal

    ReplyDelete
  9. Salam kenal mba diah didi ... semua resepnya keren2.. aq suka bgt.. dr cake,cemilan semua dehhh... hebat ibu satu ini.. smg sehat trs & sll dlm lindungan tuhan ya mba.. sy izin recook resep mba diah d dapur sy u ank2 dan suami..biar mrk sll bilang masakan sy yg plg enak,,hihi pdhl sy dpt contekan d sni...luv u mba diah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh mba..syukurlah jika bermanfaat ya resep2nya..dan di sukai keluarga di rumah..:)

      Delete