Wednesday, January 15, 2014

Tahu Bakso Ibu Pudji..Oleh Oleh Khas Ungaran Jawa Tengah


Kemaren sore..cuaca kok lumayan cerah..walau sedikit mendung tapi nggak hujan...jadinya pengen keluar mumpung Yodha lbur..kasihan kalau seharian di rumah...kebetulan kerjaan suami juga udah beres..waktunya..jalan2 dech. Bingung juga mau ke mana lagi jalan..hihi..mau..ke mall dll.. kok ya udah bosan..akhirnya..ke Ungaran lagi. Yapp..dari rumahku di Semarang atas..memang deket kalau mau ke Ungaran..apalagi kalau lewat tol..pintu tolnya deket rumah....jadi enak..nggak nyampe 15 menit..hihi..enak. Nah..di Ungaran sekarang ini juga udah berkembang sich..udah banyak resto2 khas..kayak resto Mang Engking..dll. Tapi..kemaren lagi bosan juga ke resto2..akhirnya ke alun2 Ungaran aja..makan di kaki lima yang banyak di seliling alun2. di Sekeliling alun2 Ungaran memang banyak sekali penjual aneka makanan yang murah2 dan enak2.

Nah...sebelum makan..sempat mampir dulu ke tahu bakso Bu Pudji..karena lagi pengen tahu bakso aku..dan udah lama banget nggak ke sana...soalnya di deket rumahpun ada resellernya juga sich. Nah..kemaren mumpung lagi ke Ungaran sekalian mampir dech. Buat teman2 yang pernah lewat Ungaran..pasti tau dong..tahu bakso..oleh2 khas Ungaran...yaitu tahu goreng berkulit..yang di isi adonan bakso sapi yang kemudian di kukus. Enak dan gurih dech tahu bakso ini..apalagi setelah di goreng dengan di celup kocokan telur terlebih dahulu..dan di makan pakai cabai rawit..yummy..! Nah..tahu bakso Ibu Pudji ini adalah salah satu pioner di bisnis tahu bakso ini.

Aku udah tau lama sich tahu bakso ini..karena kebetulan..cucunya dari TK sampai SD sekarang ini..namanya Reno..satu sekolah sama Yodha. Dulu..jaman TK..tiap hari ketemu dan ngobrol sama anak dan menantunya Bu Pudji ini..pas nungguin di sekolah..yang sekarang mengurus bisnis tahu bakso ini..dan denger ceritanya ..memang usaha keluarga ini tergolong sukses..dari dulu. Apalagi sekarang..karena tokonya di lewati jalan yang menuju pintu masuk tol..tambah rame dan sukses terus usahanya. Sekarang ini..udah bisa buka restoran besar juga di Ungaran..dan di Salatiga. Keren yach teman2..dari usaha kuliner aja..jika di tekuni secara serius..bisa membuat sukses juga. Sayangnya aku kok belum sempat meliput tempat produksi tahu baksonya..cuma tokonya aja..lha kemaren tuch mau nelp temenku..ternyata no hpnya udah ganti..dari yang aku punya pas di TK..padahal..sekarang SD nya ya satu sekolah sama Yodha..tapi karena Yodha ikut antar jemput..jadi aku jarang ke sokolah dech kecuali ada acara penting...jadi jarang ketemu lagi sama Mamanya Reno ini. Padahal belum lama ya ketemu di pas nganter Yodha renang di Waterpark Ungaran..hihi..dan ngobrol seru..tapi ko ya lupa tukeran no hp lagi. Kapan2 dech..ya teman2..jika aku ke Ungaran lagi..tak ke rumah temenku ini..meliput usaha pembuatan tahu baksonya. 

Oh ya..Bu Pudji ini merupakan salah satu pioner usaha tahu bakso di Ungaran..sampai akhirnya sekarang muncul berbagai merk tahu bakso lain..yang ada di Ungaran..sehingga tahu bakso ini..menjadi ciri khas dan makanan oleh2 dari kota Ungaran. Kalau lewat Ungaran..pasti akan liat dech berbagai macam toko oleh2 yang menjual tahu bakso aneka merk. Nah..kalau mau coba yang bu Pudji ini..bisa datang ke tokonya langsung ya. Kalau mau lewat tol Ungaran yang ke Semarang,.pasti lewat kok..toko oleh2 tahu bakso ibu Pudji ini. Rasanya..memang enak kok teman2..terasa dagingnya baksonya..dan tahunya juga enak. Jadi cocok di jadikan oleh2 buat keluarga. Satu kotak tahu bakso Ibu Pudhi ini sekarang harganya 25 ribu..jaman Yodha TK dulu..masih 12 ribu...hihi. Ya iyalah ya..daging dan bahan2 udah mahal sekarang..^^








16 comments :

  1. Saya suka banget nih, tahu bakso ini. Oleh2 dari Semarang :)
    Foto2nya selalu bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Santi..:)
      Iya Mba..enak emang tahu baxo nya ya..*baru ngeh ternyat di merk nya tulisannya baxo ya mba..hihi..pdhl ya sering beli..*

      Delete
  2. Wah mbak Diah bikin ngiler malem2 nih :p ini tahu baxo fav aku mbak. Kalo udah makan 1 rasanya ga bisa brenti..apalagi sambil nyeplus rawit ijo *glek* hihihihi. Enak bangeeeet.
    Ngomong2 mbak Diah pernah bikin tahu bakso kaya gini gak? Pengen nyontek kalo udah pernah bikin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah Mba Sachi..tapi kalau yang dari daging sapi masih belum maksi hasilnya..kurang kenyal..kalau ayam udah sering buat..di search aja udah aku posting kok resepnya..:)

      Delete
    2. Ooh yang ayam campur udang itu ya mbak? Udah aku bookmarked. :)) Iya saya juga pernah coba buat yang daging sapi tapi blm bagus jadinya. Jd masih penasaran.

      Delete
  3. Numpang info, Bu Diah. Kalau dari arah Solo, di Tuntang (setelah Salatiga) sebelah Polsek (kiri jalan) sebelum jembatan/kali Tuntang, tahu baxo Bu Pudji buka cabang baru, parkir luas. Salam. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sering lewat juga..mksh infonya ya..:)

      Delete
  4. bisa order tahu baksonya gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagsung kontak toko Bu Pudjinya Mba..:)

      Delete
  5. Salam kenal ya mba...keren deh blognya...
    Maaf mba saya mau tanya kalo outlet tahu baxo ibu pudji dengan resto ibu pudji sama ga y mba?terus alamatnya dimana?
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..itu di foto ada alamatnya ya..beda sama restonya..yang ini yang plaing duluan ada..toko oleh2nya..kalau mau ke Smrg dari Ungaran..jika lewat tol pasti lewat..:)

      Delete
  6. Gag bs dikirim luar kota ya mbak ????

    ReplyDelete
  7. Gag bs dikirim luar kota ya mbak ????

    ReplyDelete
  8. Gag bs dikirim luar kota ya mbak ????

    ReplyDelete
  9. Enak tenan tahune, wingi aku bar mampir makan 1 kotak, e..e..rasanya nyesel kok ngak beli 10 kotak, kebetulan makan setelah diatas pesawat jadi nyesel...kapan kapan mampir lagi...Enak tenan...

    ReplyDelete
  10. bisa dileveri gak di jkt udah lama gak makan tahu bakso ini

    ReplyDelete