Friday, January 17, 2014

Gudeg Koyor Goreng Khas Semarangan


Gudeg koyor ini adalah gudeg ciri khas Semarangan dan sekitarnya. Gudegnya nggak terlalu kering kayak gudeg Yogya..di masak masih agak basah. Di sajikan tetep..dengan sambel goreng..opor ayam..tahu dan sebagai ciri khasnya adalah penambahan koyor sapi. Koyor adalah bagian urat sapi..yang ketika di masak lama akan jadi empuk. Koyor biasanya di masak pedas.atau di ungkep bumbu manis , kemudian di goreng. Kalau aku lebih suka koyor goreng. Gudeg koyor dengan versi koyor goreng ini.yang terkenal adalah di gudeg Merak Mati yang pernah aku liput di sini

Nah..penasaran dengan rasa gudeg koyor..bisa kok bikin sendiri di rumah teman2..resep gudeg dan sambel goreng..sama aja kayak gudeg Yogya..tapi nggak di masak sampai kering. Resep gudeg komplitnya liat di postinganku yang di sini. Beberapa waktu lalu aku sempat masak gudeg lagi..tapi versi gudeg semarangan, yaitu gudeg koyor ini. Sekarang aku share resep koyor gorengnya saja...^^ biar cepat..soalnya mungkin beberapa hari ke depan nggak bisa posting dulu ya teman2..Yodha masih sakit..dan maaf belum bisa bales komen2nya..kalau Yodha udah sehat..pasti aku bales..see u soon..^^

Koyor Goreng

Bahan-bahan:
500 gram koyor sapi
2 lembar daun salam
4 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok teh air asam
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
750 ml air kelapa
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah 

3 siung bawang putih 
4 butir kemiri
2 cm kunyit
1  sendok teh ketumbar
Cara membuat:
Rebus koyor, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, dan 1 sendok teh garam dalam 1.000 ml air sampai matang. Buang airnya. Angkat. Potong-potong.
Aduk rata bumbu halus, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, dan air kelapa. Masukkan jeroan. Masak sampai bumbu meresap dan empuk.
Goreng  sebentar saja di minyak panas.
  •  Gudeg Semarangan..agak basah
 
  • Sambel goreng dan opor seperti biasa, tapi di sambel goreng khas Semarang kadang selain krecek di tambah tahu goreng juga.
 

 


10 comments :

  1. aduuuh... kemecer nih mba Didi, salah mampir ini tengah malem .. jadi laper.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Nisa..ayukk buat di rumah..:)

      Delete
  2. aku juga laper nih mbak, sudah jam 11 waktu makan siang :)

    ReplyDelete
  3. saya dewi, mbak diah kasih resep sambal goreng krecek yang maknyussss dong :-)
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Dewi..udah ada resepnya Mba..coba di klik aja resep gudeg yang aku link di atas...:)

      Delete
  4. Semoga Yodha Cepat sembuh y mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Zulfa..udah pulang mba..kmrn sore...:)

      Delete
  5. welcome home Yodha.... btw mbak didi untuk kacang tolo sama kreceknya perlu direndam dulu nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksh Mba..:)
      Iya..kacang tholonya di rebus dulu hingga empuk..kreceknya di cuci aja..nggak perlu di rendam..:)

      Delete