Thursday, January 9, 2014

Sosis Krispi


Sosis krispi..Yodhaku lagi suka banget makan ini..hihi..biasa..kalau lagi suka..minta terus...sampe buat bekal kemaren juga minta ini. Ya udah aku buatin agak banyak biar bisa berbagi dengan teman2nya..dan beneran..buat rebutan katanya pas snack time..sama temen2 sekelasnya..hihi. Yappp...anak2 pasti dech suka yang namanya sosis ya..makanya aku selalu sedia sosis di rumah. tapi aku selalu pastikan nggak beli sembarangan sosis..selalu di toko daging langganan..karena di sana sosisnya fresh dan buatan sendiri..jadi rasanya benar2 teras daging dan nggak pake pewarna atau pengawet. Enak dech..beda banget sama sosis2 buatan pabrik rasanya. Kalau sosis di sana itu gurih alami dan banyak variasinya..jadi nggak pernah bosan dech..bisa gonta ganti beli macam2 sosisnya...ada sosis ayam..sosis sapi..campuran sosis ayam dan sapi..sosis daging asap..strawganoof..dll banyak dech sosis2 lain dengan citarasa luar juga..karena memang selain di jual langsung..sosis2 ini juga di pasok ke hotel2 di Semarang..pokoknya komplit dech. 

Sosis krispi ini bisa buat cemilan atau lauk..kalau Yodha sich lebih suka buat cemilan..di cocol saus tomat..yummy..katanya..^^. Mau buat juga teman2..mudah banget kok. Tipnya pakailah sosis yang berkualitas..agar rasanya enak..terasa daging...nggak cuma berasa tepung..hihi. Selamat mencoba ya teman2..^^
  • Pertama..siapkan sosisnya dulu ya, sekitar 8 buah.Kupas casingnya..walaupun casing sosis ini edible..tapi kalau nggak di kupas,..jika di goreg akan mengkeret dan membuat kulit bagian luarnya keras dan kenyal dan susah di kunyah buat anak2.Cara mudah untuk megupas casing sosis yang kayak kain tipis gini..rebus dulu sebentar sosis di air mendidih..nanti bakalan mudah mengupasnya. 
  • Iris2 sosis serong seperti ini..
  • Siapkan tepung pelapisnya. Jangan tepung bumbu instan ya teman2..jika bisa..soalnya tepung bumbu instan..terlalu gurih..jadi nanti rasa gurih sosisnya bisa kalah. Tepung pelapisnya terdiri dari : Tepung terigu protein rendah atau sedang 80 gram, tepung sagu atau maizena 20 gram, kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh ( atau garam secukupnya ), merica bubuk 1/8 sendok teh. ( karena untuk cemilan..tepung pelapisnya memang aku buat nggak terlalu gurih banget..jika mau di buat lauk..sesuaikan sendiri ya bumbu2nya teman2..sesuai selera ) 
  • Ambil sedikit tepung bumbu campuran tadi, balurkan ke sosis.
  • Celup potongan sosis yang sudah berbalut tepung tipis tadi ke dalam putih telur, lalu gulingkan ke sisa tepung pelapis sambil di cubit2 hingga tepung menempel di sosis.
  • Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah lapisannya.
  • Sosis krispi..siap di santap..dengan cocolan saus sesuai selera.

23 comments :

  1. Pagiiii mbk DD..... Salam kenal, Bahan celupannya apa mbk....? Telur kah? (anies)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagiii juga Mba Anies...oh iya..lupa nulis ya Mba..putih telurnya aja Mba..nggak usah di pake kuningnya ya..biar bisa renyah dan nggak amis..:)

      Delete
  2. hmmm yummy deh kayaknya, anakku pasti suka, trims ya resepnya mba Diah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba..:)
      Bener Mba Siti..anak2..pasti dech nggak bakal nolak..hihi..sosis kan makanan fav anak2 kayaknya ya..apalagi ada kriuk2nya..enak..met coba Mba..:)

      Delete
  3. Dear mbak diah, kalau boleh saya mau nyuwun resep masakan yang tanpa sayuran hijau ataupun kacang2an (tahu dan tempe juga). saya mau masak buat ibu saya tapi bingung mau masak apa karena ibu ndak boleh makan 2bahan tadi :(
    Matur Nuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau daging ayam..sapi..ikan..telur dll boleh Mba Nouru ?..Kalau boleh..wah banyak banget itu resepnya di sini..tinggal ketik kata kunci di kolom kosong, pojok kanan atas sdr yang ada tulisannya go itu lho mba..misal kata kuncinya..sup..semur..soto..rawon..oseng..dll..:)

      Delete
  4. mbk, krispy sosisnya bs bertahan lama ndak?
    Sosisnya merk apa mb? Mgkn dah smpe supermarket d kotaku..
    Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya paling sampai satu atau dua jam aja Mba..kan sosis basah ya dalamnya..jadi paling enak di nikmatis setelah di goreng..:)..tapi udah dingin ya masih enak juga..:) Sosisnya cuma di jual di toko Daging nandisari Semarang kayaknya Mba..:)..krn buatan mrk sdr..:)

      Delete
  5. Mauuu. Anak pertamaku ga doyan sosis. Aneh deh. Tp yg kedua ini doyan banget sosis. Nanti bikin aaaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Isti..semoga aja si sulung juga mau ya makan sosis setelah di buat krispi begini..:)

      Delete
  6. aku gak kepikiran kalau sosis bisa di buat crispi begini

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Iya Mba Elvira..sosisnya buatan toko daging dkt rumahku..jadi enak dan terasa banget dagingnya..:)

      Delete
  8. Wah mba enak tuh kalau ada yg jual sosis yg berkualitas dan buatan sendiri... kitakan juga jadi lebih tenang makannya... contek resep ya mba... aku dan anakku suka banget sama resep... (lagi kangen dapur. Soalnya lagi mudik mba... )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tina..oh lagi mudik ya Mba..pantesan..kok nggak keliatan..hihi..padahal baru beberapa hari ya..udah kangen cerita2 dapurnya....:)
      Iya Mba..enak bgt sosis dr toko daging langgananku ini..selalu fresh jadi cuma di simpan di lemari kaca pendingin gt..jadi kalau basi pasti kan ketahuan.

      Delete
    2. Toko langganannya mba, jualan di Online juga g mba???

      Iya mba, kangen bangeet pengen masak2 lagi,,, :(

      Delete
    3. Nggak Mba Tina..kayaknya..dia cuma melayani lokal dan memasok ke hotel2 gt..:)...

      Delete
  9. Yaampuuun aku masih penasaran sama itu toko daging mbak walaupun ga makan daging (kecuali bakso) hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya ayoo ke sana tho Mba..cuma di Karangrejo tuch lho..deket..:)..Bakso..dari daging juga ya..hihi

      Delete
  10. Kalau sosis diganti bakso enak ga ya mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm ...belum pernah coba Mak Karina..mungkin enak juga kali ya Mak..asal baksonya juga enak..:D..atau bakso ikan Mak..kan halus juga tuch..kayaknya cocok dech...di iris tipis2 gt.

      Delete
  11. Menu praktis tapi anak pertama saya suka banget. Sayangnya kok hasil sosis crispy saya ga keriting seperti tampilan masakan Mbak Diah ya... Mungkin nyubit sosisnya kurang gemes. Ga apa deh walau ga secantik buatan Mbak Diah, tapi makannya tetap lahap.

    ReplyDelete