Friday, January 3, 2014

Sus Kering Keju


Pas ke Yogya beberapa waktu lalu..kita sempat beli sus kering di sana satu bakery ternama di sini..buat bekal cemilan Yodha di jalan..eh ternyata dia suka sama sus keringnya..di jalan cemal cemil sampai habis. Akhirnya aku kepikiran buat bikin sendiri aja di rumah..dan ingat dulu pernah sekali bikin sus kering dan berhasil ..tapi dulu aku isi dengan coklat sus keringnya. Kali ini aku bikin yang gurih..pakai keju..soalnya Yodha suka yang gurih.

Dan..berhasil dech...enak dan gurih susu keringnya. Kejunya karena baru coba2 aku kasih 50 gram saja..tapi udah lumayan terasa..tapi buat penyuka keju..mungin kurang nendang kali ya..kalau cuma segitu..boleh..di tambah sesuai selara saja. Sus kering ini sebenernya mudah saja buatnya..cuma harus sabar mencetak dan memanggangnya ya teman2..karena memang butuh waktu , men spuit kecil2 dulu di loyang kemudian di panggang sampai benar2 kering. Tapi nggak masalah kok..nggak usah di tungguin sampe stress ya memanggangnya..enjoy aja..di sambi masak lain..nonton tivi atau main bareng anak..pasti dech nggak kerasa..hihi.

Selamat mencoba ya teman2..jika suka sus kering..ini dia resepnya :

Sus Kering Keju

Bahan : 
100 gram Margarin
250 ml air
1/4 sendok the garam
125 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur
1 sendok teh baking powder double acting
50 gram keju parut ( boleh lebih jika suka )

Cara Membuat :
Rebus air, margarine dan garam sambil diaduk sampai mendidih.Matikan api. tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata, nyalakan api. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat. Masukkan keju parut, aduk rata.
Masukkan telur satu persatu dan backing powder sambil di kocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.semprot adonan dengan spuit kerang di loyang yang di oles tipis margarine. Oven 20 menit dengan suhu 200 C, setelah itu turunkan suhunya jadi 150  C ,oven lagi 20 menit.

Tips : 
Adonan sebelum di campur telur harus hangat  ya..jika masih panas telur bisa matang dan nanti susnya nggak mau ngembang, kalau terlalu dingin,...susah nyampurnya ke adonan telurnya.
Baking powder double acting.wajib di pake..agar kue sus keringnya bisa renyah. Baking powder double acting ini mempunyai kekuatan double..dalam proses pengembangan dan membuat renyah..karena bekerja juga ketika adonan di oven. Merk yang ada di pasaran misal : Hercules.




34 comments :

  1. Aga trauma dgn SUS vla (bukan sus kering)...2 kali bikin g mau mekar.. Sekalinya mekar harus pake api atas bawah ( oven listrik merk Cosmos) tapi atasnya aga gosong, karena belum ngerti kapan api atas dimatikan .. Krn kalo api atas dimatikan takut Sus nya mimpes..mungkin mb Diah bisa kasih solusi?.. Biar anakku bisa nikmatin sus lg bikinan mamanya..hihi sedihnya LEbAY yaa :) ..maturnuwun, Yanti-Tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Yanti..aku kalau bikin sus kok ya lebih suka atas bawah ya Mba..apinya..kalau bawah aja..malah lebih cepat gosong..bawahnya..hihi. Di tungguin dulu Mba..pas ngoven sus pertama..kalau udah mekar dan mengembang sekitar 20 menit..segera turunkan suhunya..lalu oven kembali hingga matang...:)..step by step sus liat di sini ya mba :http://www.diahdidi.com/2013/09/step-by-step-membuat-sus-ala-jepang.html

      Delete
  2. mbak aku suka sus kering, kalau sudah makan gak inget yang lain gak dibagi hehehe. Aku mau bikin ah besok, nanti boleh tanya2 ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Lidya..ayukk buat sdr..boleh dong..tanya2..kalau ada yang kurang jelas Mak..mudah kok..dan lebih hemat kalau bikin sdr ya..:)

      Delete
  3. Ok mbak Diah.. Aku mau coba lg bikin sus niy dengan step2 dari mbak.. Wish me luck hihi *sambil ngumpulin smangaat:) .. Terima kasih masukkanya.. Nanti aku share lg hasilnya yaa... ^^ yanti-tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..semangatt ya..jgn menyerah sebelum mencoba lagi..:)

      Delete
  4. haduuuhhh... ini cemilan favorite, kalau lagi di pasar sering beli yang kiloan itu.. eh ada resepnya, jadi galau nih mau bikin atau beli aja :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Sari..di pasar banyak ya..di jual kiloan..sekali2 bikin Mak..tambahin keju yang banyak..pasti beda dech rasanya sama yang di pasar..cuma..harus sabar ya..klu bikin sendiri..:)

      Delete
  5. Waw mba,,, ini cemilan kesukaan saya... suka bangettt mba sama Sus kering, sus yang ada isinya,,, tapi belum punya keberanian untuk coba bikin... Tapi lihat dari resepnya mba diah di Atas kayanya gampang *meremmelekmikir,,, hehehe.. mba kapan2 mampir di blog saya yang ini ya... ada macam2 resep yang saya eksekusi dari hasil ngintip resepnya mba Diah... *peacee
    Terimakasih ya mba

    salam Tinanic :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook di coba Mba tIna...pasti bisa...hihi..oke..sgr ke TKP ya Mba..

      Delete
  6. Mba Diah terimakasih atas kunjungannya,,, saya merasa Tersanjung mba *tersipumalu...

    ReplyDelete
  7. aku dulu pernah buat sus kering mbak, tapi hasilnya masih agak lembek, hiks. aku pakai oven kompor mbak, adanya itu sih :( ada tips ga mbak biarpun pakai oven kompor, tapi hasil sus keringnya benar2 renyah gitu mbak.. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai oven kompor memang agak susah ya Mba..ngatur suhunya. coba aja..ketika udah gembang..langsung di kecilin Mba..apinya..lalu panggang hingga benar2 kering..:)

      Delete
  8. Mbak, maaf mau tanya. Saat mencampur adonan dengan telur dan baking powder, sebaiknya menggunakan tangan, spatula/ sendok atau mixer?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mixer Mba..speed rendah saja ya..:)

      Delete
  9. Hai Mba Diah, mau tanya dong...loyangnya ditaruh di rak mana ya mba?, tengah, bawah ato atas....makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tengah aja mba..api atas bawah..:)

      Delete
  10. Mba klo g pake bp double acting bs ga?trs nyampur telur ma bp nya pake spatula aja g bisa ya?*nasib g punya mikser* makasih sebelmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang renyah Mba Febri..klu nggak pakai BP double acting.
      Kalau ngocok sich pakai kocokan manual bisa..:)

      Delete
  11. mbak, ini tepungnya apa hrs disangrai dl sprt kue kering..??
    atau langsung tanpa disangrai dl..??
    trimakasih

    ReplyDelete
  12. Mba.. sus kerig setlah di panggang..apa gak perlu di drill? Kalau pake oven listrik yg kecil bgama cara drill nya? Haruskah semalam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak sich mba Shofi..kalau aku cuma aku panggang 2 kali..pertama api besar.kedua api kecil..:)

      Delete
  13. Oo gitu ya.. mau coba deh..dulu aku pny resep yg pernah aku coba, harus di drill semlam pake oven listrik yg g3de banget. Sekrang cuma pny oven listrik yg kecill..hehehe.. mdh2n berhasil.. tq y mba..doain ya..

    ReplyDelete
  14. Halo mbak dd..
    Aku tadi abis coba resep sus kering ini.
    Enak. Si toddler suka.
    Aku pake otang. Tak set api gede, panggang 40an menit.
    Seneng deh bisa bikin ini sendiri.
    Suwun ya mbak resepnya.

    -ulya

    ReplyDelete
  15. mba, saya udah coba bikin, tapi pas hari ke 3 udah mulai jamuran, padahal sy simpen di tempat kedap udara. kira2 kenapa ya, trus solusi nya gimana? mksh bgt mba atas sarannya..

    ReplyDelete
  16. Mb mau tanya tadi aq bikin sus kering, udh aq masukin toples, tp pas dmakan mlempep,mirip kyk kulit sus basah gt...
    Aq g pake BP yg mb saranin aq beli yg timbangan,ap pengaruh y mb?tlg bantu kasih saran y mb...makasih

    ReplyDelete
  17. Mb mau tanya tadi aq bikin sus kering, udh aq masukin toples, tp pas dmakan mlempep,mirip kyk kulit sus basah gt...
    Aq g pake BP yg mb saranin aq beli yg timbangan,ap pengaruh y mb?tlg bantu kasih saran y mb...makasih

    ReplyDelete
  18. Mb mau tanya tadi aq bikin sus kering, udh aq masukin toples, tp pas dmakan mlempep,mirip kyk kulit sus basah gt...
    Aq g pake BP yg mb saranin aq beli yg timbangan,ap pengaruh y mb?tlg bantu kasih saran y mb...makasih

    ReplyDelete
  19. mba mau tanya kalo diisi coklat gt harus dipanggang lagi atau di dinginkan biasa. aku coba didinginkan ko jadi ga renyah ya? makasi

    ReplyDelete
  20. mba mo nanya,,,aq dah 3 kali bikin sus kering ini tp koq ga crunchy yaa,,,pdhl aq dah sesuai resep mba,,,tepungx klo boleh tau merk apa? trus aq pakex oven kompor mba,,,itu pengaruh ga yaa?

    ReplyDelete
  21. Mba... aq dh coba resepnya... tp knp ya klo udh dingin jd kyk soes basah g renyah... apa krn ap pake BP nya yg biasa ga doble

    ReplyDelete
  22. Mba... aq dh coba resepnya... tp knp ya klo udh dingin jd kyk soes basah g renyah... apa krn ap pake BP nya yg biasa ga doble

    ReplyDelete