Monday, January 13, 2014

Soto Betawi Daging


Soto Betawi..jenis soto bersantan dan berbumbu rempah kuat..yang tentu saja berasal..dari Betawi ya teman2. Aku udah sering buat soto ini..karena memang keluarga di rumah pada suka. Biasanya..bikin soto Betawi komplet..pakai jerohan juga..tapi kadang2..pakai daging aja juga enak. Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Biasanya aku buat sich yang kuah putih bersih warnanya tanpa kunyit, dan di resep terakhir aku coba juga versi yang pakai susu. Tapi kemaren baca2 tabloid info kuliner edisi lama..ada liputan tentang soto Betawi yang terkenal di Serpong Tangerang..yaitu Soto Betawi H. Mamat. Selain ulasan tentang warungnya..juga di ulas resep aslinya..dan ternyata beda sedikit dari soto Betawi yang biasanya aku coba..yaitu pakai kunyit dan cabe merah..wah..aku langsung pengen coba dech. Akhirnya kemaren coba..dan ternyata enak juga. Tetep seger rasanya dan ada rasa khas soto Betawi nya juga..karena tetep sama..pakai rempah2 yang banyak. Tapi..biar Yodha tetep bisa makan..walau pakai cabe..tapi aku buang bijinya..jadi nyumbang warna cerah aja..tapi nggak pedes. 

Tapi..resep aslinya dari H. Mamat tersebut aku modifikasi sendiri..nggak pakai jerohan kayak aslinya..tapi pakai daging aja..dan juga aku tambahin wortel dan kentang..biar ada variasi dan ada sayurnya buat Yodha. Bumbu2 juga aku sesuaikan seleraku jumlahnya. Ide pakai kentang dan wortel ini..aku niru soto Betawi langganan kami di Semarang sini. Di dekat rumah ada rumah makan ayam pejuang yang menyediakan soto Betawi juga..nah di sana soto Betawinya rasanya enak dan otentik juga..tapi penyajiannya di tambahkan wortel dan kentang..jadi suka dech. Nah..jika teman2..mau yang asli saja..kentang dan wortel boleh di hilangkan..kalau mau coba. Tapi menurutku nggak mempengaruhi rasa kok penambahan kentang dan wortel ini..cuma buat variasi aja..dan tambah sehat tho buat anak2..karen ada sayurannya. Buat yang suka jerohan..boleh juga di tambah jerohan. Tapi kalau bikin soto Betawi pakai jerohan..jerohannya di rebus terpisah ya teman2..jangan di rebus bareng dagingnya...karena air rebusan dagingnya di buat kuah sotonya. Jika pakai daging aja..paling enak adalah pakai daging yang sedikit berlemak..misal daging tetelan gitu..jadi bisa empuk dan gurih. Selamat mencoba ya teman2..jika suka soto Betawi..^^
Soto Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi 
2 buah wortel, potong bulat
2 buah kentang, potong kotak
2000 ml air
Santan kental 500 ml
2 batang sereh
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
2 cm lengkuas, memarkan
3 cm kayu manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk 
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu bubuk sapi jika suka dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 cm jahe
3 buah cabai merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh jintan

Pelengkap :
Nasi putih
Bawang goreng secukupnya
Tomat, di potong2
Sambal rawit dan kecap secukupnya
Jeruk limo ( jeruk sambal )
Emping goreng

Cara membuat :
Rebus daging sapi dan air hingga keluar kaldunya. Ukur 1500 kaldunya.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu, santan dan semua bumbu2 lain. Masukkan daging, wortel dan kentang.
Masak dengan api kecil, sambil seskali di aduk supaya santan tidak pecah hingga bumbu meresap dan daging empuk.
Sajikan dengan nasi putih, sambal rawit, kecap, jeruk limo, potongan tomat dan emping goreng
 

21 comments :

  1. Wah dingin-dingin enak nih mba makan soto Betawi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diana..betul sekali..hangat dan segerrr..:)

      Delete
  2. Tambah sambel.. tempe goreng empingnya yg banyak maknyuss:) mbak diah, mau tanya dunk, kalau mau air kaldunya 1500 ml, air yang dimasukan pertama utk merebus harus berapa takarannya? trus kalau setelah bumbu tumis air kaldu dulu baru santan yang dimasukan, apa gak pecah ya santannya? satu lagi, dengan takaran bumbu (bawang dll) segitu banyaknya jadi berapa porsi mbak? kalau hanya untuk dua porsi, aku kurangi setengahnya aja gimana? borong pertanyaann ya maaf yaa..thank youu before:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..buat rebus daging..kira2 2000 ml mba..pake api kecil..jadi air nggak cepat meyusut ya..:)
      Santan dan air kan nanti menyatu Mba..setelah di rebus..sesekali di aduk..pasti dech ggak bakal pecah. Kalau pun malas ngaduk2..santan malah bisa di masukkan terakhir kok..setelah bumbu2 meresap..kayak tehnik membuat sayur lodeh tuch lho Mba..kalau males ngaduk2..rebus dulu semua bahan pakai santa encer..terakhir..santan kental masuk..aduk2 sebentar..nyatu lagi dech santan2 cair yang pecah krn nggak di aduk2 ..:) Terus ukuran kaldu segitu..kira2 4 - 5 orang bisa mba..iya di kurangi aja separonay kalu cuma buat berdua ya..:)..Met coba ya..:)

      Delete
    2. Oke oke seep dah clear nih sekarang.. tinggal belanja bahannya dulu.. terimakasih mbak Diah:)

      Delete
  3. Ya ampun mba Diah, kami nih suka banget sama soto betawi, tapi g pernah nyoba buat eksekusi didapur,,, tapi begitu liat resep dari mba Diah,,, aaah wajib wajib wajib coba nih,,, tapi masalahnya,,, saya g bisa makan daging2an mba,,, bisanya cuma makana daging Ayam hehehe... bisa diganti kan mba, pakai daging ayam??? duuuh saya tiba2 *lapeerrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,...belum pernah Mba Tina..pakai daging ayam..tapi kayaknya enak juga ya..kan jadi kayak soto ayam santan gt..sama aja enak..hihi

      Delete
    2. Alhamdulillah mba Diah, hari ini saya sukses bikin soto betawi tapi pakai ayam, berkat mba Diah ehehehe... Mba enaaaak banget lho soto betawi ini, akhirnya g usah beli lagi, enak bikin sendiri dirumah ,,, makasih ya mba untuk resep soto betawinya,,, akhirnya... ciuss mba Enaaaak bangettt....

      Delete
    3. Sipppp Mba..wah..aku jadi tau juga..ternyata ayam enak ya di buat soto Betawi gini..oke dech..kpn2 aku coba juga mba..:)

      Delete
  4. Mbaaaa akupunn udh nyoba resepnya enak pas bgt mbaaa.... akhirnya nemu soto betawi hahahaha makasih mbaa diaah trs posting resep barunya yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIppp Mba Nuniek..syukurlah jika sesuai selera..:)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Halo mbak Diah, salam kenal dari sy Mita..
    Sy salah satu penggemarnya mbak Diah ni, terutama resep masakannya..praktis utk dipraktekan di rumah hehe.. ini juga kebetulan suami suka sama masakan soto betawi ini..jadi patut pula dicoba hehe..makasi resepnya ya mbak..ijin copy & shared ya..makasi mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Paramita..salam kenal juga..sipp silahkan di coba ya..:)

      Delete
  7. Jakarta merupakan daerah yang banyak sekali makanan yang sangat enak dan lezat. Wisata kuliner jakarta sangat menarik untuk segera dicicipi seperti soto betawi. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Kuliner yang bisa anda kunjungi di Kuliner Indonesia

    ReplyDelete
  8. Hallo mbak di.. Kalo maupake susu kapan ya nambahinnya?

    ReplyDelete
  9. Terakhirmba..biar nggak pecah..:)

    ReplyDelete
  10. blom pernah masak soto, jadi pengen nyoba mbak :D

    ReplyDelete
  11. Mba lebih enak mana yg pakai susu sama santan? Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Mba lebih enak mana yg pakai susu sama santan? Terimakasih

    ReplyDelete