Monday, January 27, 2014

Cantik Manis Cendol



Waktu Yodha nginap di rumah sakit beberapa waktu lalu..aku sering banget beli jajanan di outlet bakery favoritku yang ada di rumah sakit. Bakery ini..selain menjual aneka roti dan kue modern..juga menjual aneka kue jajan pasar basah yang enak2. Salah satu favoritku kalau jajan ke sana ya kue cantik manis. Kue cantik manisnya enak sekali..nggak terlalu manis..gurih banget dan isinya bukan mutiara kayak cantik manis umumnya..tapi cendol warna warni..jadi cantik dech dan rasanya juga lebih lembut. Jadi pengen bikin sendiri dech di rumah.

Cendol yang di pakai buat cantik manis ini..bisa buat sendiri tau kalau mau praktis bisa beli cendol yang udah siap pakai..di pasar atau di supermarket ..banyak ya. Kalau aku lebih suka bikin cendol sendiri..mudah aja kok..dan bahannya juga murah meriah..tinggal modal tepung aja..sama air. Tepung mau apa aja boleh..tepung beras..sagu..tapioka..atau cendol dari tepung hungkwe juga bisa. Untuk membungkus cantik manis supaya rapi..lebih baik gunakan plastik khusus untuk cantik manis yang sudah di potong2 ukuran kotak. Di tbk banyak di jual palastik khusus ini. Ukurannya juga tebal..jadi tahan panas. Memang..kalau males membungkus satu persatu bisa juga di tuang di loyang..dinginkan..lalu di iris2..beres ya teman2..tapi menurutku kok kurang menarik ya...jadi kurang cantik...dan manis..hihi..sesuai nama kuenya..kan..jadi penampilan kuenya pun harus cantik..manis..menarik hati dengan di kemas satuan pakai plastik. Rasa cantik manis ini lembut sekali..makan banyak juga nggak berasa kenyang..hihi. Aku memang suka sich segala jenis olahan dari tepung haungkwe..mau di buat nagasari..cantik manis..kue pisang..dll..semua enak..^^
Cantik Manis Cendol

Bahan :
150 gram cendol
1 bungkus tepung hungkwe ( 100 gram )
900 ml santan sedang
100 gram gula pasir ( sesuaikan selera aja ya..kalau suka lebih manis )
1/2 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili
3 lembar daun pandan
Plastik khusus cantik manis secukupnya

Cara membuat :
Campur tepung hungkwe, santan, gula, garam. vanili, aduk rata lalu masak di atas api sedang hingga meletup2 dan kental. Masukkan cendol..aduk rata. Dinginkan sebentar, lalu kemas dengan palastik khusus hungkwe satu persatu hingga adonan habis. Biarkan hingga mengeras. Sajikan.

12 comments :

  1. kesukaanku ini mbah diah...
    mbak plastik yang buat bungkusnya itu namanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik khusus hungkwe gitu Mba Dewi..di tbk atau toko plastik biasanya ada..udah di potong2 kotak gt Mba..:)

      Delete
  2. nyari tepung hunkue disini kok setengah mati ya. Di pasar nggak ada, di TBK langgananku juga nggak jual. katanya jarang orang yang nanyain tepung hunkue, jadinya nggak pada kulakan deh...
    Cantik manisnya cantik lho. Pinknya keliatan lembuttt gitu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Rina..oh..di sana..pada nggak suka cantik manis ya Mba..hihi..padahal kan jajanan dari hungkwe ini enak bgt ya..:)..Bisa buat nagasari..kue pisang..dll.
      Harus ke supermarket gede berarti ya Mba..biasanya ada ya..kayak di c4..superindo..dll..

      Delete
  3. Hemmm.... nikmatnya... dimakan dingin2 lbh mantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul banget Mba Zulfa..lembut dan gurih...nggak mbosenin..:)

      Delete
  4. Euuummmm enak banget ini mba, saya suka beli di pedagang keliling atau toko yang jual kue2 basah,,, pengen coba bikin tapi g pakai plastik langsung cetak diloyang enak juga kan mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sich Mba Tina..tapi ..jadi kurang..cantik dan manis..hihi..kalau mau di cetak. takaran santannya di kurangi dikit ya Mba..biar lebih kokoh..gulanya juga di tambah sdr ya..kalau aku suka ya agak2 manis saja sich soalnya..:)

      Delete
  5. mba,,itu jadi berapa buah ya ? misal ditambahin tepung beras sedikit gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya banyak Mba..kayaknya..tapi lupa ngitung..:)..Kalau menurutku cantik manis lebih enak..kalau asli dari tepung hungkwe..rasanya lebih lembut..kalau mau lebih padat..di kurangi saja jumlah santannya..:)

      Delete
  6. Pakai potongan nangka juga enak mba jadi beraroma nangka, sedepp..kue nagasari selain pake pisang juga bisa pake nangka...aku mang ngefans ama nangka sih :) sampe bijinya pun suka aku masak seperti tempe orak arik. Liz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Liz..enak dan harum ya pakai nangka..sama..aku juga suka nangka. Kalau biji / betonnya dulu sering di rebus atau di goreng kalau di rumahku di Yk Mba..enak..:)

      Delete