Friday, January 10, 2014

Semur Betawi




Semur Betawi..adalah semur khas Betawi yang berbumbu lebih kuat dari semur Jawa..karena memakai banyak rempah2. Sebelumnya aku ragu..mau nyoba buat semur ini dari dulu..karena aku liat kok berbumbu rempah2 yang banyak. tapi setelah aku coba..rasanya enak..seua suka dech di rumah. Di makan dengan nasi hangat saja..sudah nglawuhi..kuahnya aja enak banget buat cocolan nasi..hihi. Tapi ya memang pada dasarnya kami suka dech olahan semur..jadi versi apa ..suka dech.

Oh ya...sesuai prinsip..mak irit..ekonomis tapi enak..semurnya campur2 dech isinya..ada daging sapi..tambahin telur sekalian..dan juga kentang..hihi..komplet dech. Oh ya..kalau mau buat semur Betawi ini...dagingnya pilih daging yang cepat empuk aja ya..dan di masak dengan api kecil..supaya bisa meresap bumbu2nya dan dagingnya bisa empuk. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Semur Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi, dipotong-potong 
250 gram kentang, dipotong 
3 butir telur
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 buah tomat, dipotong-potong
1/2 sendok teh pala bubuk
3 butir cengkeh
3 cm kayumanis
4 sendok makan kecap
1 sendok teh garam / kaldu sapi secukupnya.
1.500 ml air
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus: 
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe
6 butir kemiri, disangrai 
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan

Cara membuat :
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan daging. Aduk sampai berubah warna. Masukkan kentang dan telur serta air. Masukkan tomat, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak daging sampai empuk dan bumbu meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng.


10 comments :

  1. Aduh mbk didiiiii....bikin ngiler nih,pagi2 dah posting yg sedep gini....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak Hana...buat sarapan..ayukk ambil nasi..sarapan bareng...:)

      Delete
  2. jd ngiler mak didi...jd inget almarhumah mertua, kr beliau pengemar berat semur...tp semur tahu maklum sdh g punya gigi...dan aku jg suka...mak nyuss tenan resepnya mak, banyak rempahnya ya...ngebayangin dl rasanya ahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Irowati...memang semur ini di sukai berbagai usia ya..aku juga suka lho semur tahu..:) Pokoknya Selain rendang..harusnya semur Indonesia ini bisa terkenal juga ya di luar..hihi..tapi pada doyan nggak ya orang luar..kan rada2 manis gt ya semur..*alah ..malah ke mana2 ya Mak..ceritanya..hihi..*

      Delete
  3. Waah... ini mah jd resep dewa mba...
    Hehe... maxutnya pancen bikinnya semangat krn ngumpulin bumbu bnyk... isiannya bs mcm2... masaknya rada lama krn pgn dp t wrn coklatnya itu lho... tapi.... worth it lah... seisi rumah doyan semua.. palingan kl untuk orang tuanya bocah d kasih ekstra lada. Hehe...

    Sssstttt.... pake jengkol lebih mak jlebh lho...
    Itu c kt suamiku.lho... haha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lina..bener banget dech..semua suka ya semur ini..jadi nggak usah ribet masak macem2...eh kecuali di tambahin jengkol..aku nggak berani nyoba dech..hihi...takut..sama si jengkol..:D

      Delete
  4. kemarin malam udah kucoba masak semur betawi ini mbak.lebih enak dari semur yang biasa kumasak. lebih kuat rasa dan aromanya mungkin ada rempah2nya kali ya.sampe aku pikir kayak aroma nasi kebuli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..iya..kalau semur betawi iniu kaya rempah bumbunya..:) Ayukk tggl masak nasi kebulinya..hihi

      Delete
  5. Minta resepnya ya mb. Mumpung hari minggu hehe, katanya kalo dibesokin lebih enak karena lebih meresap ya? Katanya loh hihi

    ReplyDelete