Tuesday, January 28, 2014

Tips Membuat Ayam Goreng / Bakar Yang Enak


Wah..maaf ya teman...hari ini aku belum masak..jadi belum bisa posting resep baru..jadi aku tulis tips aja dulu ya. Dari pagi sibuk nyiapin tulisan buat *kampanye* pemilihan Srikandi Blogger 2014..hihi..kayak pemilihan caleg aja ya ..pakai kampaye..tapi seru kok..bisa ikut berpartisipasi di acara tahunan Keb..grup kumpulan emak emak blogger yang aku ikutin. Nah..tadi sarapan aja sampai beli soto mas Bud aja..praktis..karena ya itu..nyiapin tulisan dan promosi yang harus selesai sesuai jadwalku hari ini jam 11. Alhamdulillah, udah selesai juga semua tugas2nya..walau sempat deg deg an...karena takut listrik mati..biasa di cuaca kayak gini..sering banget dech PLN matiin lampu tanpa sebab di siang hari..sementara..daku cuma bisa online via kompi..jadilah promosinya di kebut, biar cepat selesai..baik itu di grup..di fb..maupun di twitter..hihi...jadi..udah tenang dan lega dech..karena tugas hari ini..beres..kalau pinjem istilah Yodha..setelah dia selesai ngerjain pe er..dia selalu bilang gini..: mission accomplished..! Jadi..selamat buat diriku sendiri dech...*hihi..lebay..*

Back to tips hari ini aja dech ya teman2..ntar tambah nge lantur ceritanya. Pengen nulis tips..tentang membuat ayam goreng atau ayam bakar yang enak..karena...menu ayam goreng..atau ayam bakar ini..adalah menu yang paling populer kayaknya ya.bagi ibu2 RT kayak kita ini..menu yang nggak ada matinya..hihi..minimal seminggu sekali..pasti dech ada menu ayam goreng..atau ayam bakar di meja makan rumah kita. Bahkan..kadang2 kalau kita jajan di luar  pun..masih sering aja..pilih menu ayam goreng atau ayam bakar di restoran ya. Kayak minggu kemaren..lagi males masak..muter2 di sekitar semarang atas,..cari kulineran gitu..karena semua udah sering..ujung2nya ke resto ayam bakar favorit kami dulu. tapi kemaren rada kecewa..soalnya kok ayam bakarnya jadi keras..padahal bumbu lumurannya itu enak banget..bumbu pedas manis gitu...jadi..perkiraanku sich..pegawainya membakar ayamnya terlalu lama..jadinya daging ayamnya..malah jadi sepo dan keras.

Nah..nggak mau kan..kalau kita masak sendiri ayam goreng atau bakar seperti itu teman2..jadi keras dan sepo dagingnya..jadi..aku akan bagi sedikit tips2 ya..cara membuat ayam goreng atau bakar yang enak berdasar hasil analisa dan ujicobaku membuat ayam bakar atau ayam goreng di rumah..:
  • Ayam goreng yang enak..adalah ayam goreng yang kering di bagian luar..tapi tetep lembut..dan empuk daging bagian dalamnya. Untuk mendapatkan hasil seperti itu..gorenglah ayam goreng di api besar, dan segera angkat setelah bagian luar daging ayam berkulit dan kering. Ayam goreng yang di goreng di api kecil..akan jadi keras..karena butuh waktu lama untuk membuatnya jadi kering.
  • Ayam bakar akan lebih enak dan beraroma jika di bakar di atas arang..bukan di oven. Jaga bara api agar stabil..jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Jika menyalakan arang dengan minyak tanah..tunggu sampai arang benar2 jadi bara..supaya ayam bakar tidak bau minyak tanah.
  • Ayam bakar atau ayam goreng paling enak di sajikan panas2..jadi..goreng atau bakarlah ayam..menjelang saat akan di sajikan..sehingga jadi lebih nikmat.
  • Cuci ayam dengan air perasan jeruk nipis..terutama jika menggunakan ayam negeri..untuk menghilangkan bau amisnya.
  • Ayam bakar atau goreng..lebih enak..jika bumbu2nya merasuk sampai ke dalam bagian dagingnya..makanya kita harus mengungkep ayam agak lama dengan api kecil..dan di tutup pancinya..supaya bumbu2 merasuk dan daging ayam bisa empuk..terutama jika menggunakan ayam kampung yang emang tekture dagingnya liat.
  • Jika bumbu2 tidak perlu di ungkep..misal ayam panggang barbeque..dll..tusuk2 lah daging ayam.supaya bumbu merasuk sampai ke dalam. Pilihlan potongan ayam dalam ukuran kecil..supaya lebih mudah matang. Misal..bagian sayap atau paha...akan lebih mudah matang di goreng atau di bakar langsung..walau tanpa di ungkep.
  • Sisa air rebusan ayam yang berbumbu..jangan di buang teman2..masih kita manfaatkan untuk mengungkep tahu..tempe ..telur rebus..di buat kremesan..bumbu rempeyek..dll..sehingga nggak mubazir..:)
  • Ayam bakar..dan ayam goreng kurang lengkap tanpa kehadiran sambal..jadi selalu lengkapi sajian ayam bakar atau goreng dengan sambal sesuai selera. Jika tidak punya waktu..sambal kosek atau sambal dadak pun bisa menjadi pilihan tepat untuk menemani ayam goreng dan ayam bakar kita..:)
  • Supaya tidak terlalu berminyak..usahakan selalu meniriskan ayam goreng dengan tisu dapur..agar minyak terserap..dan ayam goreng semakin nikmat.
  • Jangan buang sisa ayam goreng atau ayam bakar teman2..simpan di kulkas..esok harinya..bisa di suwir2..buat campuran nasi goreng atau mie goreng.
  • Biar tidak bosan...selalu variasikan bumbu ayam goreng atau ayam bakar yang kita masak. Indonesia..misal dengan mencoba berbagai macam resep olahan ayam bakar dan ayam goreng dari seluruh nusantara. Denga sedikit bumbu atau bahan tambahan yang berbeda..citarasa ayam goreng atau ayam bakarpun akan jadi berbeda..sehingga keluarga tidak akan bosan..walau sering ketemu menu ayam goreng atau ayam bakar ya teman2.. Beberapa resep ayam bakar atau goreng..sudah aku posting di blog..silahkan di search aja..di pojok kanan atas..yang ada tulisan Go..tulis kata kunci ayam goreng..atau ayam bakar macam2..nanti akan muncul aneka resep2nya...kalau mau liat resepnya..tinggal di klik judul postingannya ya..^^
Oke...selamat berkreasi dengan ayam goreng dan ayam bakar ya teman2 :) dan selamat makan siang..! ^^

12 comments :

  1. Replies
    1. Iya Mak Lydia..biar nggak bosan keluarga..:)

      Delete
  2. Mba Didi...
    Mantap tipsnya...thanks ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Monica..smg bermanfaat ya..:)

      Delete
  3. Makasih infonya mbk, jd ketagihan nunggu resep mbak yg baru

    ReplyDelete
  4. Aku sering banget buang2 bumbu ungkepan, nih. Kalo ayamnya udah abis digoreng semua, bumbunya suka nyisa banyak. Apalagi kemaren ngunkep bacem. Huaaah sayang banget bumbunya, tapi bingung mau buat apaan lagi??? -____-

    Ohya Mak. Aku kalo ngungkep ayam kok suka udah lepas ya dagingnya sama tulangnya? Kalo udah kelamaan tru kuliat dagingnya udh lepas dari tulangnya, suka aku matiin aja itu apinya. Padahal bumbunya masih banyak, belom saat. Gimana itu, Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat ngungkep tempe atau tahu Mak..enak..tambah telur rebus sekalian..irit..hihi.

      Mungkin ayam di sana dagingnya memang cepet empuk Mak Isti...sama kayak temenku yang tggl di Australia..suka bilang..kalau ikutin resepku ngungkep lama..malah jadi hancur..karena di sana daging ayamnya cepat matang dan empuk. Jadi..mungkin airnya saja yang di kurangi Mak..jadi pas..daging empuk..bumbu2 udah meresap dan air berkurang..:)

      Delete
  5. hii mb.diah..tny lagi dong..jgn bosen ya wkwkw..

    mbak diah pny resep aam kalasan gak ? bagii dong..hehehe tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. adanya ayam panggang Klaten mba..hihi..deket kan ya sama kalasan..:D..

      Delete
  6. Halo mb diah salam kenal :) yang d foto itu namanyq sambel apa ya? Resepnya adakah mba?? Makasi yaa :)

    ReplyDelete
  7. Ayam ungkep yang sudah berbunbu kenapa jika digoreng meskipun dengan minyak baru ko hasilnya agak hitam ya mba

    ReplyDelete