Saturday, January 11, 2014

Setup Rambutan



Alhamdulillah....pohon rambutan di samping rumah berbuah lebat..tapi sayangnya karena hujan terus..jadi tidak semanis tahun kemaren buahnya. Padahal jenisnya rambutan binjay lho..rambutan yang paling enak menurutku..selain rafiah. Biasanya..kalau nggak musim hujan..masih hijau aja udah enak banget rambutannya. Ini kemaren aku coba petik sedikit buat teman2 antar jemput mobil Yodha..eh kok ada asam2nya dikit. Ya udah..sisanya daripada nggak ada yang makan..aku buat setup rambutan..kan seger tuch..kuahnya kalau ada sedikit asam2nya rambutannya. 

Di rumah memang yang suka rambutan cuma aku..suami doyan..tapi udah bosan kayaknya...karena di rumah mertua dan di lapangan tenis penuh pohon rambutan..jadi kayaknya dari kecil udah terbiasa banyak buah rambutan.Yodha...nggak mau juga..aneh lagi alasannya..nggak mau makan rambutan...karena banyak semutnya..katanya..hihi. Jadi kalau buah rambutan berbuah di rumah..kalau udah di panen aku bagi2 aja ke tetangga atau teman2...apalagi pada suka dech kalau jenis rambutan binjay ini. Jadi mungkin nanti metiknya lagi pas udah merah tua aja biar nggak ada asamnya. Kemaren aku petik udah matang sich..tapi masih agak keras dalemnya...biasanya aku suka sich yang gini..masih belum berair banget dalamnya..sayangnya kok ada asamnya dikit..walau tetep enak sich.


Oke..mumpung lagi musim rambutan..buat teman2 yag punya pohon rambutan juga di rumah..enak lho di buat setup. Walau musim hujan..tetep seger kok..^^

Setup Rambutan

Bahan :
Buah rambutan secukupnya, kupas, cuci bersih dan buang bijinya. Nanas 1/2 buah, potong kecil2.
500 ml air
100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
2 butir cengkeh
3 cm kayumanis
1/2 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat :
Campur air, gula pasir, cengkeh, dan kayumanis. Rebus di atas api kecil sampai mendidih. 
Masukkan rambutan dan nanas. Angkat. Dinginkan. Masukkan air jeruk. Aduk rata.

14 comments :

  1. mbak didi, biasanya setup rambutan aku nikmati dengan parutan agar-agar warna-warni di kasih sirup merah dan susu putih, haduuuhh...rasanya seger dan enak banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kayak agar2 sarang burung gt ya Mba ESti..sipp2, mksh idenya..masih banyak nich stock rambutan di pohon..hihi

      Delete
  2. Mba saya sukaaa banget tuh sama Rambutan, bisa deh dikirim ke saya hehehe... Ini setup awetnya bisa lama g mba, kalau disimpan dikullkas,,, jadi bikinnya agak banyak gitu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau deket ayukkk..ambil sesukanya Mba Tina..hihi...rambutan binjai sama rafiah di rumahku nich..:)..kayaknay bisa tahan berhari2 ya Mba..di kulkas..kayak manisan gitu..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Hihi..alamatmu mana Mba Grey..nanti kalau udah matang semua tak delivery..:)..

      Delete
  4. Belakang SD Al Azhar mbak tapi mesti nanti pas udah mateng aku udah pulang rumahT_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah deket banget tho Mba Mutiara..hihi..emang mau mudik ya Mba..?..Kpn mudiknya..?..Kalau pas ada pak tukang kebun dtg sich nanti bisa langsung tak suruh metikin hihi..soalnya tinggi2..harus di panjat pohonnya..:)

      Delete
    2. Huehehe mbak dimananya sih aku penasaran :D iyaa dongs nasib anak rantau gini libur semester kerjaannya pulang ke rumah, kamis ini sih mbak insya Allah hihii. Woaah berati pohon rambutan nya melimpah banget buahnya sampe mesti panjat dulu :o

      Delete
    3. Hihi..aku di sawunggaling Mba...oh mau pulang ya..sampai kapan..hihi..keburu kematengan ntar nich kalau lama pulangnya..:)

      Delete
  5. Mbaakk diaahh... Es nya segeerrr... Ak bikin resepnya mba diah yg gampang2 aja.. Krna ak gak suka nanas, ak gnti sm selasih plus potongan agar2. Eh jdi tambah rame dia. Makasi banyak yah mbak. Ditunggu resep simpel selanjutnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIpp Mba Indah..iya Mba..bisa di tambah macam2..nangka juga enak lho..:)

      Delete
  6. Fotonya keren banget *tambah menggugah selera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Astin..ayukk di coba..mumpung masih musim rambutan ya..:)

      Delete