Wednesday, January 15, 2014

Asem Asem Ceker Bumbu Bakar


Tadi udah dua postingan tentang food review ya teman...sekalian posting satu resep ya..semoga bisa menjadi menu inspirasi hari ini..sekalian wis..di depan komputernya..sambil nunggu tukang sayur lewat..hihi. Menu kali ini..yang murah meriah aja seperti biasanya..menu harian...yaitu asem asem ceker bumbu bakar. Asem ceker kan udah sering bikin..nah kali ini aku variasikan dengan di bakar bumbu2nya..dan hasilnya lebih sedep lho..seger asem2nya..di tambah aroma bumbu bakaran yang khas..enak banget di nikmati hangat hangat di musim hujan ini. Sajikan dengan sambal dan tempe goreng..wah..tambah manteb dech. Rasa asem asem ceker ini...kalau pakai bumbu bakaran..jadi kayak pindang rasanya..seger banget. Juga lebih sehat dech..kan nggak perlu di tumis2 bumbunya. 

Oke..jika mau coba..rebus dulu ceker dengan api kecil..hingga berkaldu ya teman2..supaya nggak amis. Baru setelah itu masukkan bumbu2 bakar yang di ulek kasar aja. Rasa asam..bisa dari asam jawa..belimbing wuluh atau tomat hijau..bebas saja..sesuai selera. Kalau aku ..aku pakai semua kemaren dikit2..hihi. Biar tambah sehat..aku tambahkan sayuran buncis. kalau mau..boleh di tambah wortel juga kok teman2..jadi lebih sehat buat anak2..tapi kalau buat anak2..nggak perlu di kasih cabenya..atau cabe rawit aja di utuhin buat kita. Kemaren aku kasih cabe merah juga dikit..Yodha ngamuk2..karena kepedesan..hihi.

Oke..ini dia resepnya ya teman2..^^
Asem Asem Ceker Bumbu Bakar

Bahan :
100 gram buncis, siangi, potong kecil2
Ceker Ayam 250 gram rebus dengan api kecil hingga berkaldu bening.
Belimbing wuluh 4 buah, potong2
Tomat hijau 2 buah , potong2
Air asam Jawa 1 sendok teh
Air 1500 ml
Kecap manis 2 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh dan garam sesuai selera
Gula merah atau gula pasir secukupnya sesuai selera
Cabai merah besar 2 buah, potong2 bulat
Cabai hijau besar 2 buah, potong2 bulat
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Bumbu  bakar:
Bawang merah 6 butir
Bawang putih 3 siung
Cabe merah 2 buah
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :
Rebus ceker dengan api kecil.
Saring air kaldu, ukur 1000 ml.
Sangrai semua bumbu bakar hingga muncul aroma bakaran, ulek kasar, masukkan ke air kaldu.
Masukkan ceker dan belimbing wuluh, dan semua bumbu lain. 
Masak hingga bumbu meresap dengan api kecil, terakhir masukkan buncis dan tomat hijau. Masak lagi hingga buncis matang.
Sajikan hangat.

6 comments :

  1. wah kayaknya seger nih mbak.... apalagi ada belimbing wuluhnya.... jadi pengen punya pohon belimbing wuluh biar bisa langsung petik tiap mau masak.... seger...seger.... -ummu habiba-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ummu..seger banget..wah di rumahku ada Mba..kalau lagi musim buah..samapi pada berjatuhan dan bingung mau di buat apa..tapi kemaren nich cuma ada beberapa biji..karena belum musim..lumayan tapi..masih bisa buat asem2..hihi.

      Delete
  2. wah enak nih mbak,variasi untuk masak ceker y mbak..yuummmyy.. :)
    owiya mbak kalau untuk bumbu bakarnya itu,gmn cara bakarnya mbak,kl pakai teflon apa bisa,atau harus langsung dibakar diatas api pakai biting gitu mbak...
    mohon penjelasannya y mbak diah..
    terima kasih mbak (^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba RIsa..boleh di sangrai aja Mba..di wjaan atau di teflon..kalau mau mudah..sampai ada effek sedikit bakaran di bumbunya dan jadi matang ya Mba..:)

      Delete