Wednesday, January 29, 2014

Tempe Kremes..Renyah, Nyarang dan Tebal Kremesannya..^^


Kremesan..adalah salah satu menu yang sering banget aku bikin..dan aku posting di blog. Kali ini kremesan ekonomis aja..nggak ada ayam..tempe pun bisa di buat kremesan yang gurih dan enak kok teman2..nggak percaya...yukk di coba. Tempe goreng garing yang di selimuti kremesan yang renyah..tebal..dan nyarang..enak banget di buat makan nasi hangat plus sambal. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman via email..yag nanyain cara bikin kremesan yang bisa tebal dan nyarang..yukk mari di coba..siapa tahu cocok dan sesuai selera. Sebelum mencoba resep kremesan..ada baiknya baca tips2 cara membuat kremesan yang enak..yang udah aku posting dulu. Silahkan klik di sini ya..supaya meminimalisisr kegagalan dalam pembuatan kremesan.

Kremesan yang satu ini sangat unik cara buatnya..karena terbuat dari tepung tapioka semua dan adonannya nanti jadi kental sekali kayak bikin lem..hihi..tapi lem berbumbu..setelah itu adonan ini matang, lalu di haluskan pakai blender dan di tambah kuning telur. Nah..adonan kremes siap di gunakan..dan bisa di variasikan untuk membuat kremes apa aja..ayam..udang..lele..ikan lain..bahkan tahu tempe pun kayak yang aku buat ini ok juga..jadi..nggak susah kok bikin kremes. Kalau yang pakai sistem ini..hasil kremesannya renyah banget dan warnnya juga cantik..nggak gampang gosong..juga nggorengnya pun relatif cepat di banding metode kremesan yang cair. Nah yang pas seru adalah ketika menggoreng kremes pake cara ini..sangat unik..adonan kental yang kayak lem tadi..kalau di masukin ke minyak panas..akan menyebar dan pecah jadi kremesan..sama kayak kremes adonan cair gitu..seru dech..kayak main sulap..hihi.

Nah..sudah siap mencoba teman2..sedikit tips ya..adonan lem kremesnya di blender pada saat masih panas ya, jadi bisa lembut. Minyak untuk menggoreng kremes tehnik ini harus banyak ya..dan api sedang saja..tapi masukkan adonan ketika sudah benar2 panas. Ketika adonan sudah setengah kering..kumpulkan agar menyatu menyelimuti bahan yang di kremes. Simpan kremesan di wadah tertutup setelah matang dan dingin..supaya awet kriuknya. Nah..kalau mau di aplikasikan buat kremesan ayam goreng..pas merebus ayam..sisain airnya untuk membuat adonan kremes ini..jadi nanti rasa kremesnya tambah enak, rasa ayam..hihi..tapi kurangi atau hilangkan bumbu halusnya ya..nah ..kalau buat kremesan yang lain kayak udang..tahu tempe dll..ya pakai air biasa dan di kasih bumbu..seperti resep berikut ini..selamat mencoba teman2..semoga sukses..sekian dulu pelajaran kremesan ya ..nanti kalau aku nemu tehnik baru ku share lagi..hihi..
Tempe Kremes

Bahan :
Tempe 250 gram, potong tipis
Bawang putih 2 siung, haluskan
Ketumbar 1/2 sendok teh, haluskan
Garam secukupnya
Sedikit air

Bahan Kremesan praktis :
100 gram tepung tapioka
300 ml air
3 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 buah kuning telur

Cara Membuat : 
Bumbu tempe dengan bumbu hkaus dan garam, sisihkan.

Adonan kremesan :
Haluskan bawang putih, campur dengan air dan bumbu2 lain. Masukkan tepung tapioka. Lalu aduk dan masak sampai adonan kental sekali dan bening. Lalu blender / atau pakai food processor, proses sampai adonan halus selagi masih panas2. Masukkan kuning telur , blender lagi sampai halus dan tercampur rata. Adonan kremes siap untuk di gunakan.Goreng tempe hingga setengah kering, masukkan satu sendok adonan kremesan, biarkan menyebar dan menyarang, masukkan  1 potong / 2 potong tempe, lalu selimuti dengan kremesan yang sudah setengah kering, goreng hingga kremesan matang dan renyah. Lakukan hingga adonan habis.
  • Adonan pertama kremesannya setelah di masak kayak gini..kental sekali seperti lem.
  • Adonan setelah di blender dan di campur kuning telur, hasilnya jadi lembut. Walaupun kelihatan kental..tapi kalau terkena minyak panas, nanti akan menyebar dan bersarang membentuk kremesan yang renyah
  • Tempe kremes...siap di nikmati..enjoy..! ^^

65 comments :

  1. resepnya menarik mbak Diah, lain kali boleh dicoba nih, makasih ya ilmunya...
    sangat bermanfaat.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...sama2 Mba Ayu,....resep mur mer aja..hihi..met coba ya..:)

      Delete
  2. mbak Diah aku mau tanya boleh nggak ^^ itu blendernya habis diangkat dari kompor langsung diblender ? berarti masih ngepul2 itu ya .. lalu blendernya sampai dingin atau manget2 atau gimana waktu masukin kuning telur ? oke ^^ sip terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..pas masih panas Mbak Indah..kalau udah dingin..susah nyatu..ntar nggumpal..:)

      Delete
    2. Panas" di blender gitu, blendernya gak akan pecah ya mba? xixixixi....

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. mbak Diah..itu tempenya goreng dulu atau tempe mentah? soalnya aku bingung dengan kalimat ini.."goreng tempe hingga setengah kering, masukkan satu sendok adonan kremesan, masukkan 1 atau 2 potong tempe..."makasih jawabannya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempenya di goreng dulu Mba Yoengi..hingga setengah kering..:)..soalnya kremesannya cepet matang..:)

      Delete
  5. Mba Diah idenya ada aja,kreatif,suwun mba suka banget lht blognya,resep tradisional mudah bhn2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba...mksh juga ya..udah sering mampir ke dapurku..:)

      Delete
  6. mbak didi akhirnya aku bisa sukses bikin kremesan dengan resep ini, biasanya ga pernah jadi mbak, sampe kadang jengkel sendiri padahal sudah sesuai resep juga tehniknya, tadi langsung aku coba eh..jadi senengnya minta ampun deh hahahhaha, kaya abis dapet apa ya mba, makasih ya mba didi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Esti...kayak dapet ..kremesan yang renyah ya Mba..hihi
      Memang ini adonannya menurutku paling mudah ya Mba..kan..kalau yang cair kan lama matangnya..:)

      Delete
  7. Mba Diah klo dah digoreng stgh mtg terrus dicelup kremesannya ya?goreng lagi?suwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di masukin ke tengah2 kremesan yang udah setengah kering Mba Ika..nggak perlu di celup lagi..nanti akan mateng dan kering bareng kremesan dan tempenya..:)

      Delete
  8. Jadi diblendernya 2 kali y mbak?.. Pertama pas panas2.. Kedua setelah dicampur kuning telur .. Hihi penasaran soalnya.. Trus adonan yg sdh ditambah telur bisa disimpan berapa lama?? Bwt stok, kalo tiba2 kepengen baru digoreng... Trima kasih Mbak - Yanta, Jakarta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..dua kali..nggak bisa awet lama2 sich Mba kayaknya..kalau sehari semalem sich ndak pa2 di simpan..kalau kelamaan nanti takutnya beda rasa..:)

      Delete
  9. Diah, cantik betul kremes ini.... saya tentu mahu mencubanya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Sis Faeez..semoga sesuai selera ya..:)

      Delete
  10. selain pake tempe bisa g... misal pake ikan... ayam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisaaa tho Mba.....udang juga..dll..:)

      Delete
  11. Waaaooowwww Enaaak banget, kelihatan banget ya mba Nyarangnya ditempe... Patut dicobaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkk mari..sgr di coba Mba..ini tehnik terunik lho..hihi..tapi hasilnya oke.....:)

      Delete
    2. Mba Diah, barusan saya bikin ini,,,, waw waw waw banget deh, saya takjud dan suka banget moment dimana pas kita ngegoreng adonan kremes yang kental itu begitu kena minyak panas langsung menyebaaar dengan sendirinya, dan minyaknya juga g kotor2 amat alias g ada yang gosong, semuanya matang sempurnya,,, dan rasanya uenak banget dan sepertinya saya suka teknik ini mbak,,, gampang dan cepat g takut keloncatan minyak,,, tapi tadi saya bikin misah sama tempenya, karena saya kikuk alias g berhasil2 pas mau nyelimutin tempe sama kremesnya,,, tempenya memisahkan diri terus mba,,, tapi secara keseluruhan tips ini enak dan sukses,,, makasih banget ya mba Diah...

      Delete
    3. Iya Mba Tina..memang seru ya..pas kena minyak jadi magig..adonan kentalnya nyebar..:)
      Pelan2 pas masih setengah kering kremesannya itu di balutkan ke tempenya Mba..tapi memang nggak pa2..pertama grogi dulu..hihi..nanti lama2 mudah kok..semangat ya..ini buat bikin udang kremes juga enak banget lho mba..adonannya..:)

      Delete
  12. mbk diah...,itu kremesannya kalo dimakan gitu aja kira2 enak ga ya??? soalnya jadi inget jaman nge-kos dlu. makannya cuma pake kremesan aja...,xixixi. *ngirit ato pelit ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dong Mba Sawitri..aku aja sambil nggoreng..suka cemal cemil keremesannya..hihi..gurih sich..:)..Makan pakai kremesan enak juga kok Mba..apalagi kremesan ayam ya..kan ada rasa ayam..serasa makan ayam gorengnya dech..hihi

      Delete
  13. mbak diah , misal itu ga di blender tapi di mixer kira2 hasilnya sama juga ga ya ?? :D

    ReplyDelete
  14. Mbak diah, salam kenal ya....Saya sudah coba resepnya dan berhasil.... terimakasih ya mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba DInie...sama2 ya Mba...salam kenal juga..:)

      Delete
  15. Mbak Diah ♡S̈αLαМ kenal...sy asli Smg jg (Rejosari) tp pindah2...sekrg domisili di Stabat-Langkat,tempe ini kl gorengnya satu2 bikinnya lama brarti ya mbak...wajannya hrs besar ya,kan si adonan butuh ruang unt bs nyebar,atau 2 wajan 'kali ya,murmer tp hrs tlaten tenan nih,pingin bikin soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ratna..salam kenal juga ya..wah..dr Semarang juga ya Mba..sama nich lidah Jawa berarti..:)
      Iya mba..klu bisa wajannya yang lebar dan gede..kayak happy call gitu Mba..lumayan bisa cepet bikin kremesan..:)

      Delete
    2. Alhamdulillah aku sdh bs bikin kemrn mbak,ga banyak...coz lamaaa...hehe..sdh 'kemringet' n yg pd mau makan jd ga sabar krn masaknya ga kelar2....nggorengnya satu2 lho mbak...

      Delete
    3. Iya Mba..kalau bikin kremsan memang harus sabar..:)
      next time..nggorengnya sebelum waktu makan..jadi biar pas waktu makan udah siap semua Mba..:)

      Delete
  16. harus pake minyak goreng yg banyak ya mba untuk menghasilkan kremesan yg cantik...

    ReplyDelete
  17. salam kenal mbak diah.. q udah nyoba ribuan kali (saking banyaknya) menu lauk kremes baik lele maupun tempe tp sllu gagal ya? rasanya sih lumayan, tp prosesnya itu mbak. selalu lengket di wajan ato spatula.. kira2 pke tepung apa ya mbak, kremesan yg hasilnya empuk bgt, semacam serbuk yg nempel di lelenya, tidak ngarang juga.. sy biasa pke maizena mbak yg di bikin adonan lem juga..

    ReplyDelete
  18. Udah coba resep di atas Mba Yoya..nggak lengket tuch di wajan..asal apakai teflon anti lengket lho ya..coba liat tips2 membuat kremesan di sini ya :http://www.diahdidi.com/2013/11/tips-membuat-kremesan-yang-renyah-dan.html

    ReplyDelete
  19. Kalo nda punya blender, bisa nda pakai mixer Mbak? Pakai yang speed rendah ua? hehehhehhehe... makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh aja Mba..kalau telaten..soalnya adonannya suka lari2 sich...kalau di mixer..aku udah pernah coba..kan kayak adonan lem gt ..hihi

      Delete
  20. Mbak'e mau tanya nich. Kalo adonannya kentel gitu trus nuangnya jauh dr wajan (sesuai tips membuat kremesan) apa ga muncrat yach minyaknya hehee....nanya dulu drpd gagal. Piiis...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang nuangnya agak jauh dari wajan tuch kalau adonan cair kremes biasa..kan kandungan bahan cairnya banyak ya..begitu kena panas minyak kan jadi suka bunyi kaget gt ya berisik..ya justru biar nggak kecipratan minyak Mba..hihi. Kalau adonan kentel ini ya santai saja...nanti adonan kan nyebar sdr nggak nyiprat2 minyaknya jug akok kalau adonan ini.

      Delete
  21. Mbak, aku bikin seperti itu kok cepet gosong, lengket dan gak kering. Apa yang salah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggorengnya pakai wajan apa Mba..kalau pakai wajan anti lengket bersih lho ndak ada lengket2 atau remah2 sama sekali..:)

      Delete
  22. Kl kremesan cara ini bs untuk pisang goreng kremes mba? Pisang yg cocok pkai pisang apa mba? Trims mba d...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja..asal telaten ya..nggorengnya..pakai pisang kepok yang lebih keset dan nggak lembek jika di goreng..:)

      Delete
  23. Mbak aku udah pernah nyoba buat ayam kremes, tapi selalu gagal, yg ingin saya tanyakan itu mengenai langkah pertama ketika memasukan bumbu kedalam blender dan tepungnya itu pakai air panas atau air biasa? Kalau pakai air panas otomatia kan hasilnya kayak lem, dan susah untuk digoreng. Jadi sebenarnya pakai air panas atau air apa? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Habis di masak langusng di blender Mba..jika mau mudah pakai food processor. Memang kayak lem..tapi ketika di tambah kuning telur ntar adonan jadi lebih lembek dan mudah di goreng..:)

      Delete
  24. berani nyoba gak yaaa? asli kepingin juga

    ReplyDelete
  25. Dah dicoba tempe kremesnya mb. Alhamdulillah ada yg msh "telanjang" tempenya krn kremesnya misah, ada yg berhasil dslimutin rapet, ada yg cuma depannya doank. Ada yg kriuk2, ada yg agak a lot pdhl dah terliat kering. Nano2 bngt dah. Sepertinya bukan salah di resepnya tp yg nggoreng aja masih amatiran...hihihi.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat di sini mba Weni..cara menggoreng kremesan ya..: http://www.diahdidi.com/2013/11/tips-membuat-kremesan-yang-renyah-dan.html

      Delete
  26. Mba Diah menggorengnya bagaimana sih? Ko ga jadi ya punya ku dan lama banget keringnya, apalagi kalo dia tebel pas ditekan ternyata tengahnya masi basah..huhu..

    ReplyDelete
  27. Berhasil deh resep nya, aku bikin udang kremes,,,, awal ny gagal mbak, krna. Aku blnder ny masih berbongkah, dan aku ngak berani nambahin air saat ngeblender, trs terasa aneh dgn kegagalan ny, aku berpikir gmna mau halus klw ngk di tambah air t adonan, jdi aku tambahin sampai adonan nya kental,,, pas aku coba lagi, yeyeye berhasill,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..pakai food processor jg lebih muadah mba..jk adonan menggumpal..:)

      Delete
  28. Mba kalo adonan kremesnya gak diblender apakah bisa mba?? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai food processor bs mba :) hrs halus ya yang penting..:)

      Delete
  29. Mba diah, barusan bikin bumbu kremesannya nih. Setelah campur kuning telur, kenapa masih rada lengket yah? Rada lembut dikit sih dibanding sebelum kuning telur. Memang begitu yah mba?
    *baru pertama kali bikin nih, kepingin bisa bikin kremesan, soalnya doyan :)

    Makasih ya mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..udah di coba..?..Gmn hasilnya ? :)

      Delete
  30. assalamualaikum mbak diah .nih saya mau nanya kremesan resep mbak ini kalau di pakek untuk pisang kremes apa bisa yaaa..apa ada cara lain ..butuh solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah belum pernah coba itu..tapi tak kr ya bs..:)

      Delete
  31. Ass mbk. Barusan udh coba nich resepnya
    Cuma msh bingung cara gorengnya. Secara itu kan adonanya lengket d sendok. Pas d cemplungin ke minyak hanya pinggirnya aja yg nyebar yg tengah g mau nyebar knp ya ?

    ReplyDelete
  32. Mbak,kok aku gagal total ya,jadinya mirip bakso goreng hehehehe,step nya sama lo padahal

    ReplyDelete
  33. Hallo mba diah, share di youtube dong tutorial ny,,, hihi
    Pengen bisa, biar jadi suami idaman hihihi....

    ReplyDelete
  34. Hallo mba diah, share di youtube dong tutorial ny,,, hihi
    Pengen bisa, biar jadi suami idaman hihihi....

    ReplyDelete