Tuesday, January 7, 2014

Kerang Hijau Saus Lada Hitam



Kemaren beli kerang ijo di pasar..biasanya suami paling suka di masak saus lada hitam. Tapi kok ya cari2 stock lada hitam segarku habis..biasanya aku beli yang masih butiran utuh gitu...lebih mantap rasanya. Untung beberapa waktu yang lalu pas ke toko daging langganan..iseng aku tertarik dan mengambil bumbu instan lada hitam..dari merk Bamboo..karena kayakya item baru dan penasaran aja rasanya. Memang biasanya aku kurang suka bumbu instan..tapi kadang2 beli juga merk bamboo ini karena lumayan enak..itupun tujuannya untuk nambah aroma aja..misal..pas mau buat gule..kadang2 kalau bumbuin sendiri kan kurang muncul aroma rempah gule khasnya..makanya suka aku tambahin bumbu instan juga sedikit..jadi aroma gulenya tambah muncul. 

Tips ini aku dapat dari budhe sayur..yang katanya di katering dia tempat kerja..yang memang cukup terkenal enak..kalau masak gule..suka di beri sedikit tambahan bumbu instan begini..jadi lebih menonjol aromanya. Dan setelah aku coba..memang bener sich. Tapi kalau bumbu instan murni buat masak..ya jarang2 pake. Dan kalau beli pun pilih2 aku..paling cocok ya merk bamboo ini..tapi ya cuma bumbu gule itu yang sering aku beli. Nah..pas kemaren kok iseng beli yang saus lada hitam...terus keingatan pas butuh dech, dan akhirnya buat nyoba masak kerang lada hitam ini.

Walaupun pakai saus bumbu instan..tapi tetep..harus di tambah bumbu2 segar juga..biar tambah mantap rasanya. Ini dia resep kerang hijau saus lada hitam praktis..ala aku..:)

Kerang Hijau Saus Lada Hitam

Bahan :
1/2 kg kerang ( bisa di ganti bahan lain, misal..ayam..udang..dll )
1 sachet saus lada hitam merk Bamboo
1/2 siung bawang bombay. iris panjang
3 cabai merah, iris panjang
Daun bawang 2 batang, iris serong
2 cm jahe, geprek
2 siung bawang putih, memarkan dan cincang kasar
Garam sedikit / sesuai selera jika suka lebih gurih lagi.

Cara membuat :
Rebus kerang di air mendidih hingga terbuka cangkangnya.
Tumis bawang bombay..bawang putih, cabai dan jahe hingga harum dan matang, masukkan saus lada hitam dan 100 ml air. Masukkan kerang hijau, masak dengan api kecil hingga meresap bumbunya. Terakhir masukkan daun bawang. Koreksi rasa, tambahakn sedikit garam jika suka lebih gurih. Sajikan hangat.

Note : Hasilnya..enak banget..suka dech..saus lada hitamnya terasa banget..pas..dan sesuai seleraku..^^
Jika mau pakai lada hitam asli dan segar...liat resepnya di sini ya teman2..aku udah pernah posting juga..saus lada hitam hasil racikanku sendiri.

6 comments :

  1. aku nyetok bumbu bamboo saud lada hitam sama asam manis mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru nyoba kemaren itu Mak Lydia..enak ternyata ya...:)

      Delete
  2. Samaan nih mbak di.. aku juga kalau bumbu instan sukanya merek bamboo.. lebih berasa mirip bumbu asli. untuk kerang, aku suka tapi masih trauma keracunan kerang ijo gini waktu itu..jd belum bikin2 lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tul mba Intan..nggak malu2 in dech..kalau di ekspor..ke luar ya..jadi bisa nunjukin citarasa Indonesia ke masyarakat luar juga..:)
      AKu kalau kerang juga kurang terlalu suka Mba..sebenernya..tapi karena suami suka banget..jadi sering masak...:).Mungkin di Jakarta air lautnya kali ya Mba..yang udah tercemar..karena memang kerang ini mudah menyerap zat2 kimia kalau air lautnya tercemar katanya..:)..Kalau di Semarang alhamdulillah..suami sering banget makan kerang hijau begini..nggak masalah..:)

      Delete
    2. Iya mungkin juga krn itu ya Mbak Di.. Jakarta.. oh Jakarta.. pindah ahh ke Semarang.. tetanggaan sama Mbak Diah.. biar bisa icip2 hihihihi:)

      Delete
    3. Hayukkk boleh ..boleh..sini Mba..hihi

      Delete