Friday, January 31, 2014

Churros Ubi..Renyah..Garing di luar..Lembut di Dalam..^^


Happy long weekend ya teman2...pasti seru nich kumpul bareng keluarga di hari libur..^^
Butuh cemilan..ayukk bikin churros yukkk...kali ini versi churros yang Indonesia saja..alias kayak sus goreng gitu..di campur ubi..wah..enak banget lho..di celup coklat leleh atau di tabur gul ahalus dan kayu manis...enak banget...di makan anget2..pas musim hujan..pas keluarga pada ngumpul di rumah semua..asyik..!^^

Di banding churos resep luar yang aku coba kemaren..aku lebih suka yang versi Indonesia ini..hihi..soalnya lebih enak..nggak terlalu banyak pakai margarinnya..dan lebih terasa gigitannya..karena lebih padat, nggak kopong banget gitu..karena di tambah ubi..jadinya..kalau habis di goreng itu..rasanya enak banget..kres..kres..garing di luar..dan lembut di dalam..kriuk enak gitu..perpaduan rasa antara donat ubi dan kue sus..jadi unik banget. Di celup coklat leleh...tambah enak..anak2 pasti nggak bakal nolak. Kalau aku sich..suka rasa original di tabur gula halus dan kayu manis..nyam2 dech.

Oh ya..tips...biar churos hasilnya garing dan renyah luarnya..nggorengnya musti pakai api kecil ya teman2..tapi minyak harus di panaskan sampai pans bener..supaya bisa ngembang churrosnya. Terus goreng sampai benar2 sering dan matang..biar nggak lembek hasilnya. Kemaren pertama aku api kegedean,..hasil churrosnya rada lembek malah..karena di paksa cepat mateng dalam minyak yang terlalu panas..kayak gorengan biasa..terus setelah api aku kecilin..just perfect..jadi garing di luar..dan lembut bagian dalamnya..bisa ngembang bagus juga. Oh ya..kalau mau churros aneka bentuk..bisa pakai sutil donat kayak yang aku pakai, bentuknya bisa bulat bolong tengah gitu..celup dulu sutilnya di minyak panas..terus spuitkan melingkar ke cetakan. Tapi jika nggak ada..yang di spuit panjang2 aja langsung ke minyak..seperti aslinya churros..bentuk panjang2. Atau mau di bentuk lope lope..juga bisa..di spuitkan dulu bentuknya di serok..lalu tinggal masukkan ke minyak pas..beres dech. Churros ini kalau masih sisa..simpan di kulkas..terus kalau mau makan..panasin sebentar di oven..bisa enak lagi di nikmati hangat2. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Churros Ubi

Bahan :
Ubi kuning 150 gram
Tepung terigu protein sedang 200 gram
Baking powder 1/2 sendok teh.
Margarin 75 gram
Air 200 ml
Garam 1/4 sendok teh
Telur ukuran besar 3 butir
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Vanili bubuk 1 sachet kecil
Gula halus dan kayu manis utuk taburan atau coklat leleh untuk celupan

Cara membuat :
Kukus ubi hingga matang, haluskan selagi panas dengan garpu.
Ayak tepung terigu dan baking powder 
Campur air, margarin, garam, gula dan vanili dalam panci, lalu masak hingga margarin leleh, kecilkan api, masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata hingga jadi adonan yang kalis. Matikan api..angkat.
Biarkan agak hangat, masukkan ubi dan telur satu persatu..sambil di kocok hingga rata dan adonan halus dan lembut. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang di beri spuit bentuk bunga sesuai selera ( aku pakai spuit 1 M ). Panaskan minyak..celup sutil donat ke minyak panas..spuitkan adonan ke sutil melingkar...lalu goreng di minyak panas api kecil sampai mengembang dan renyah. Jika tidak ada sutil donat..bisa langsung di spuit ke minyak bentuk panjang2 atau di bentuk dulu sesuai selera di serok.
Celup dengan coklat leleh atau taburi dengan gula halus dan kayu manis. Sajikan hangat2...yummy..! ^^




61 comments :

  1. wah, enak nih, dah bisa bayangin jeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ellok..kriuk2 enak..happy long weekend ya Mba..:)

      Delete
  2. wah, kayanya enak nih mbak... terinspirasi bikin juga versi ubi ungu nih.. kudune bisa juga to ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bisa mba Naya..kan sama2 ubi..hihi..malah cantik nanti Mba..ungu dalemnya..:)

      Delete
  3. mbak, ubinya bs diganti kentang ndak ya?

    -ika-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget dong Mba Ika..umbi2an lain juga bisa..labu kuning..bisa juga..:)

      Delete
  4. Ngiler....ubi kuning itu ubi jalar kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Esti..ubi jalar yang warna kuning ya Mba..biar keset dan nngak terlalu berair..:)

      Delete
  5. waahh......bikin ngiler mbak Diah...kpn2 bikin ahh...(^_^)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Luis..ayo di coba..enak lho...:)

      Delete
  6. Replies
    1. Iya Mak Lydia..perpaduan rasa sus dan donat Mak..enak..:)

      Delete
  7. ubi kuning bahasa jawanya apa mbak? aku tahunya telo rambat apa telo jabut ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener..telo rambat mba Susan..hihi..yang sering di buat timus tuch lho Mba..

      Delete
  8. Mdh mdh an bisa bikin jg...enak bgt kyny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Puteri,..ayuk di coba..enak banget mba..:)

      Delete
  9. Wah resepnya langsung di coba di rumah ni mbak diah, saya akan coba membuatnya

    ReplyDelete
  10. Idolakuuu tante Didiii...Kebetulan dibawain ubi dari desa...sampe bingung deh mau dibuat apa selain direbus trs dimakan. Yosh yg ini ga butuh oven cuma digoreng, pasti bisa bikin di kosan..makasiii resepnyaa, moga menang di Srikandi Blogger yaaa...aku fans yg mendukuuunngg (ง'̀⌣'́)ง
    Susi - Purwokerto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Susi ya..amin2..:)
      Ayo di buat ya..iya..cukup di goreng aja..jadi lebih mudah..dan enak hasilnya..:)

      Delete
  11. Kalo pake ubi madu bisa ga mba?

    ReplyDelete
  12. Mba Diah....., kemaren malem dah cobain churros ubi nya...., rasa nya unik ya? hampir hampir berasa makan donat tapi bukan :)) Saya cuma pake taburan gula donat aja. cuma bentuk nya belum serapih buatan mba Diah, ternyata rada susah yah langsung masukin adonan ke minyak, ga beraturan bentuk nya. Apa ada cara dan trik khusus supaya bentuk nya sebagus kue nya mba Diah?. btw kalo adonanan nya di panggang bisa ga mba? thanks, Rin Adiyatni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..memang kayak donat dan sus rasanya.
      Coba di semprotin di serok dulu Mba..di bentuk sesuai selera..baru masukkan ke minyak yang sudah panas. Kalau langsung..paling enak memang di semprot kurus aja..lebih mudahnya..:)

      Delete
    2. Maaf ya cuma ksh solusi, jika mau rapi.... Semprotkan ke loyang yg d kah kertas n tepung trus masukkan ke freezer nah setelah beku lepaskan dan goreng

      Delete
  13. Ubi ganti wortel kira2 bisa ngga mak..anakku suka buat jus wortel..ampasnya sayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba saja Mak Kania..siapa tau enak..hihi..kalau aku sich belum pernah..lebih seringnya pakai umbi2 an..:)

      Delete
  14. Mb Di, pas masukkin ubi dan telor itu dikocok pake mixer ya, mb? Brp lama?
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ida..sampai rata dan tercampur, dan adonan jadi halus Mba..kayak kalau bikin kue sus itu lho..:)

      Delete
    2. Ok, mb Di, siang ini mo coba, meskipun aku blm pernah bikin kue sus, hihihi...
      -ida-

      Delete
    3. Sippp Mba Ida..ntar kalau bisa bikin churros nich..berarti bisa jug abikin sus..:)

      Delete
    4. Siap mb Di, barusan dah dicoba bikin churros ubi kuningnya, uenak banget ih. Kusemprot bentuk bulet dan panjang, ada yg dicelup coklat dan ada yg ditabur gula donat,smuanya enak. Oya mb, td dpt tips dr hasil gugling, kusemprot di atas loyang tipis yg dah ditaburi terigu tipis, trus masukin ke freezer kurleb 20-30 menit. Hasilnya, churros lebih kokoh ketika digoreng.
      Anyway, tks resepnya ya, mb. Anak2 suka bgt nih.
      -ida-

      Delete
    5. Sippp Mba Ida...:)..wah keren tuch tipsnya..mksh ya..moga bermanfaat juga buat teman2 lain ya..:)

      Delete
  15. mba, kalo ubinya direbus bisa ga mba? ga punya kukusan, hehehe

    ReplyDelete
  16. mba Dii..lapor, aq berhasil buat churos, yeayy..so crunchy & lembutt... makasih resep nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Tika..seneng dech denger..kalau berhasil coba..:)

      Delete
  17. salam mb didi..aku tadi coba bikin churosnya..enaak..awalnya pas liat adonan n mau goreng kepikiran ini adonan kok keras begini padahal kl di resep katanya lembut..n pas di goreng kok jadi kayak kue akar kelapa ternyata..aku lupa masukin telurnya hehehe..pas dah ditambah telur ternyata nyempritnya g sesulit yang pertama..thx for sharing ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..o alah..lupa yaa telurnya..untung segera ingat ya Mba..sipp syukurlah akhirnya berhasil bikin churrosnya..:)

      Delete
  18. salam kenal mbak.......ngintip resep nih kayakx enak.......tanya blh gk.....kalo disimpan di tempat yg tertutup bisa disimpan lama gak ya....? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Emi..ini kayak donat gt Mba..enak di makan panas2..tahan paling sehari ya..:)

      Delete
  19. Waahh.. anakku sukaaaa banget churros. Kalo ke churrer1a dia bisa abis seporsi besar sendiri haha. Aku pernah coba bikin ikut salah satu resep, malah jadinya kayak cakwe garing.. mekaarr dalemnya kempes -_-

    Bunda didiii.. kalau boleh aku request, kalo sempet, di youtube-in juga bun, resep2mu, jadi emak2 tukang masak amatiran (seperti aku dan banyak emak2 lain :D ) bisa menjalani step by step persis seperti resepnya. Konsistensi adonannya keliatan, kekentalannya bisa dikira2 (karena liat) jadi kemungkinan gagal nya sedikit hehe.

    Masukan aja sih ini, pasti lebih seru & keren lagi deh blog mu ini :)

    Btw, salam kenal yaaa.. baru mampir sini dan kayaknya bakal aku bookmark ni blog mu hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Cicha.salam kenal juga ya..:)
      Iya..kalau resep di atas..perpaduan donat dan sus sich rasanya..enak menurutku..:)
      Iya Mba..pengen bikin video masak..masalahnya ndak ada yang nge shoot..hihi. Ada alatnya..tapi suami kurang suka kegiatan di dapur..jadi dr dulu pengen bikin rekaman masak ndak jadi2..hihi

      Delete
  20. Assalamu'alaikum Mba Didi,,

    akhirnya komen juga setelah sekian lama jadi silent reader hihihi...
    Mba Di kmrn aku nyoba bikin churros ubinya tapi ko yah makan minyak banget yah mba churrosnya
    ada yang salah di langkah pembuatannya ngga???
    makasih pencerahannya ya mba
    *pelukerat

    Wassalam ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wass. Hai Mba Arifah..mungkin adonannya keenceran kah..? Bisa jadi karena kelamaan ngocoknya..atau ukuran telur yang besar dll kemungkina di prosesnya ya..:)
      kalau aku sich agak kental gt..jadi ya nggak berminyak jika di goreng..kayak di foto itu lho mba..kesat..:)

      Delete
  21. uenak tenan emang mbak Di, anak n keponakan suka banget....cuma bentukx aza yg jelek, "kue apa ne bu,,,kok jelek....." nah tiap diangkat dari wajan langsung diserbu habis,gak sempat dumentasi...hehehee
    sampe bela-belain beli spuit 1m.x wilton...heeee
    oiya mbak Di, boleh bagi resep kue sus kering yang mungil2 gak, biar awet disimpan buat lebaran gitu......
    thankyu berat ya mbak,,,,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..komen anaknya polos banget ya mba..yang penting enak dan ludes ..ya mba..:)
      Resep sus kering di sini : http://www.diahdidi.com/2014/01/sus-kering-keju.html

      Delete
    2. heheeee.......tu dia mbak,,,,,,kejujuranx yang buat saya pede dengan hasil masakan saya
      terimakasih banyak mbak resep susx, akan saya coba....siapa tahu jadi income buat saya, heheheee....(berkhayal.com)
      oiya churrosx ngangenin....sayang ubi jarang disini....saya mau cb pake kentang
      satu lagi mbak, churros ini kalo pake baking powder yg double acting bisa jadi kering gak ya......suami n anak sy suka banget tapi ya harus dadakan bikinx.....berharap bisa kayak sus kering gt lho.....
      sekali lg makasih buuuuanyaaaak ya mbak,,,,,,semoga tambah sukses :D

      Delete
    3. Iya Mba..pake kentang juga enak..atau labu..di coba aja..aku ini nanti mau bikin pake tepung kentang juga..:)
      Memang enaknya pas anget2 mba..kalau churos ya. pakai double acting paling nambah renyah ya mba..tapi bkn jadi awet kriuk..:)
      Ayukk semangat..kalau mau usaha..coba aja mba..hihi..eh shionya apa mbake..? kalau shionya mba ada unsur api..cocok usaha makanan..wahahaha..kayak Suhu pershioan dech aku ya..:D

      Delete
    4. Weleh…..jd konsultan pershio-an juga ya mbak,,,,,hehehe
      Maaf ne baru OL lg,,,,ma’lum orang sok sibuk……heee
      Shio sy kuda mbak,,,,,cocok gk? :P
      Saya mau ucapin makasih buanyak sama mbak didi……sdh share resep2 yang ciamik…..”Soto Ambengan” jadi menu favorit dirumah….selamatan kemaren aza tetangga n undangan ty , Sotox laen ya dpt resep dari mana, enak gitu lho…..haduh jadi ge-er gt…wkwkwkkkk
      Selama gk OL kmren saya bnyak uji coba resep, jadi lupa ma First Giveaway-x mbak didi…tp Alhamdulillah dpt rewards jg kok…..ya resep mbak didi ,,,,,,senang senang senang! 
      Sayang resep sus kering blm uji coba,,,,karena kerjaan dikantor yg numpuk akibat libur yg puanjang buanget…….
      Ok deh mbak didi,,,,pokokx terima kasih banyak, matur suwun, thankyu, arigato, hamsamida……udah berbagi resep yang T O P banget…….salam sukses ! :)

      Delete
  22. Mbak di, churrosnya sepertinya enak.. mbak klo bikinnya gak pake ubi bs nggak ya ? Klo gak pake ubi takaran tepungnya sama atau lbh banyak mbak ? Maaciih

    ReplyDelete
  23. Iya bs Mas..ganti terigu aja ya..:)

    ReplyDelete
  24. Kaaaaaaakkk didi.. resepnyaa patut dicobaa nihhhhh,, kebetulan aku lagi mau gabungin makanan western dg paduan bahan makanan tradisional.. ini cocok bangett.. buat expo mata kuliah pangan dan kesehatan.. doain berhasil yaa kak :D thankssssss

    ReplyDelete
  25. Mbak aku nemu resep churros dgn tepung yg berbeda2. Ada yg pake tepung berprotein tinggi, sedang, rendah, bahkan self-raising. Apa pengaruhnya buat churros dari tiap2 tepung tsb? Aku bingung hrs pilih tepung apa. Trs kalo gak punya mixer gmn? Makasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat snack yang di goreng dan tanpa ragi..lebih baik protein sedang atau rendah mba..:) Jk protein tinggi agak keras nanti..:)

      Delete
  26. Aduuh fotone kok uapik tenan to mbak Didi... kayak yang moto. Mau coba aah... mumpung td pagi habis mblender ubi ungu.
    Itu nggorengnya pakai minyak padat tah mbakyu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..jk mau keset pakai minyak padat ya :)

      Delete
  27. Mba didi aku udh coba tp yang tanpa ubi, lain waktu mau coba yg pake ubi.. Izin share ya mba :$

    ReplyDelete