Friday, January 10, 2014

Cireng Istimewa..^^



Cireng..udah pasti tau kan teman2..itu lho..makanan khas Jawa barat...yaitu..adonan aci di jereng ( di pipihkan ) atau di goreng ? hihi...
Judulnya cireng istimewa..kenapa istimewa..? Karena pakai ikan tenggiri adonannya...hihi. Jadinya empek2 dong..gitu kali pikir teman2..^^..Nggak kok..tetep cireng..*maksa..hihi*..soalnya bahan2 dan cara buatnya ya kayak buat cireng..hihi. Jadi anggap saja ini cireng istimewa..atau cireng modifikasi gitu aja kali yach..kan sekarang ini juga..cireng udah banyak di modifikasi ya..lebih nge trend jadinya..ada yang isi keju..isi sosis..isi ayam..dll. Tapi..kalau aku kok..lebih suka cireng tanpa isian..jadi lebih baik yang di modifikasi rasanya saja..tambahin ikan tenggiri..dikit aja..wah ..jadinya tambah enak banget lho cirengnya teman2.

Ide ini terlintas begitu saja..ketika tadi bongkar2 kulkas...liat masih ada stock ikan tenggiri di freezer, tapi kok cuma tinggal sepotong kecil..setelah aku fillet cuma jadi 50 gram dagingnya..hihi. Mau di buat empek2..nanggung banget kan..ya udah..di buat cireng aja..soalnya udah lama pengen buat cireng tapi belum kesampaian. Biasa..takut nggak ada yang batu ngabisin..kalau cirengnya cuma dari aci doang..paling2 yang doyan cuma aku..tapi kalau di tambah tenggiri gini..pasti dech suami dan anak mau makan juga..karena memang jadi gurih banget cirengnya. Ada dua cara membuat cireng ya teman..ada yang adonannya langsung saja aci di campur air panas dan bumbu2..ada juga yang pakai bahan biang dulu, yaitu sebagian adonan di masak. Aku lebih suka pakai biang dulu...karena hasilnya..nggak liat banget..tetep ada liatnya sich kayak cireng..hihi..kan dari tapioka ya bahan utamanya..tapi lebih gampang di kunyah dan enak. Dengan pake adonan biang gini juga..cireng nggak meletus pas di goreng. 

Oke dech..langsung saja ya..ini dia resep cireng hasil uji cobaku..dan dari berbagai sumber aku jadi tau juga..kalau cireng yang paling enak di Bandung sana..katanya cireng Cipanganti..yang katanya juga cirengnya di sana itu renyah banget ketika pasih panas..baiklah..aku juga pengen bikin cireng seperti itu..akhirnya..adonannya aku tambah putih telur..dan hasilnya..beneran..bisa renyah cirengnya pas masih hangat..enak banget dech..kulit luarnya renyah..tapi dalemnya chewy..sedikit liat khasnya cireng. Tenang..putih telurnya ini nggak mempengaruhi rasa cireng aslinya sama sekali kok..cuma buat bikin renyah aja. Tapi jangan sama kuning telurnya ya..kalau pakai kuning telurnya..nanti jadi amis dan warnanya nggak bisa putih bersih cirengnya. Begitu matang..hangat hangat langsung aku cicipin..wah enak banget..di makan pakai cabe rawit aja udah enak banget tadi..atau bisa juga pakai sambel kacang..atau pakai kuah cuko juga enak sich tadi aku coba. Jadi..berhasil dech uji cobanya. I love u cireng..sekarang..hihi..karena buat sendiri lebih enak ternyata. Jadi..yukk mari bikin cireng teman2..murah...meriah dan enak banget di makan hujan2 gini..^^
Cireng Istimewa

Bahan utama :
150 gram tepung tapioka 
2 batang daun bawang, iris halus
50 gram daging ikan tenggiri yangs udah di fillet
1 putih telur
Bahan biang :
50 gram tepung tapioka
2 sendok makan tepung terigu protein sedang
100 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya 
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Gula pasir 1/4 sendok teh

Cara mengolah biang : Didihkan air, masukkan semua bahan dan bumbu2..aduk rata hingga bergumpal dan jadi adonan yang matang.
Campur adonan dengan daging ikan tenggiri dan 1 butir putih telur, lalu proses di food processor hingga jadi adonan halus. ( kalau nggak ada bisa pakai mixer )
Campur adonan dengan tepung tapioka dan daun bawang, ulei rata.
Olesi kedua tangan dengan minyak goreng, lalau bentuk cireng sesuai selera. Aku bentuk biasa aja...ambil sedikit adonan  kemudian di jereng jereng..atau di pipihkan gitu...jadi bentuk bulat tipis.
Goreng di minyak panas hingga matang dan renyah bagian luarnya. Sajikan dengan cabai rawit atau saus..sesuai selera.

52 comments :

  1. Replies
    1. Sipp Mak Lydia..memang enak ya..kenyal2 gurih..:)

      Delete
  2. Mau nanya mbak diah, untuk adonan biang, kedua macam tepungnya menggunakan terigu? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..pakai terigu dikit biar nggak alot banget cirengnya Mba..:)

      Delete
    2. Hai Mba..maaf tadi salah ketik..yang bener..tapioka yang 50 gram..:)

      Delete
  3. tak kirain cireng itu aci digoreng mak didi...ternyata aci dijereng hihi...maklum bkn makanan dlm negri alias daerah sdri,,,,hihi...kyknya anak2 suka ni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya bisa nyambung juga sich Mak Irowati..kan sama2 *Reng*..kan alau makanan Jawa barat singkatan dari cara membuatnya kayaknya ya..cilok : aci di colok..cimol : aci di cemol..cireng : aci di jereng,..kalau nggak salah lho..hihi

      Delete
    2. yg bener kayaknya aci digoreng deh

      Delete
  4. Mb Di, utk biangnya koq pake 50 gr tepung terigu dan 2 sdm terigu protein sedang? Bedanya apa ya, mb? Hehehe....
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. O alah..salah ketik aku Mba Ida...hihi,..tepung tapioka..maksudnya..mksh lho udah di ingetin..hihi

      Delete
  5. Saya suka banget ini mba Diah,,, biasanya kalau saya cocolannya saus sambal yang dicampur kecap,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tina..makanan sederhana tapi enak ya..aku suka pakai cabe rawit kalau sireng ini Mba..kerasa gurihnya..:)

      Delete
  6. Gorengnya meledak2 ga mak?
    Ga pake tengiri bisa kan? Lagi puasa ikan laut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pa2 Mak..nggak pak eikan..kan aslinya memang ndak..hihi.
      Kalau pake adonan biang dulu gini..aku buat nggak mbledos Mak..aman..:)

      Delete
  7. Dulu waktu SMA ada guru yang jual cireng isi ayam suwir pedas dan enaaak, suka disebutnya cisi: cireng isi hihii ah jadi ngiler~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih..namanya imut ya Mba.cisi...hihi..
      Aku suka yang polos gini..klu cireng Mba..:)

      Delete
  8. Iyaa mbak dulu malah aku pas belom tau kalo cisi itu cireng isi kukirain makanan full keju(cheesy) hehee, enak kalo baru selese digoreng nyomotin cisi panas+pedes rawit nyatu huhahuha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya juga ya mba..kan kalau di ucapkan kedenger kayak keju..:)

      Delete
  9. Wuihh ini mah cemilan favorit aku mbak Di. yup betul banget cireng alias aci di goreng hehehe. ada lagi di depan kampusku dulu di Unpad namanya cimol, (aci dikemol).. sama gini adonannya (tanpa tenggiri tapi) cuma dibuat bulet2 kecil lalu makannya pakai tusukan gitu ditabur bumbu bubuk keju atau pedes enyakkk..:)

    ReplyDelete
  10. Wah..berarti yang jual cireng dan cimol di t4 ku sini orang Jawa kali ya Mba..hihi..masa bilangnya aci di cemol..ternyata yang bener..di kemol ya..hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi mungkin itu versi bahasa imutnya kali mbak Di:):) kalau di kampusku dulu bilangnya kemol artinya di emol2 alias dikunyah2 krn membel2 gitu asik bgt makan cimol sore2 sambil ngobrol2 sama temen2

      Delete
  11. Mb diah..... maturnuwuun mb, ini resep cireng yg aku cari2...

    ReplyDelete
  12. mba didi mo tanya donk, klo ga pake ikan tenggiri telornya tetap pake atau ngga mba? mksh ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep Mba..biar ngga keras cirengnya..:)

      Delete
  13. Haliii Mba Diah...
    salam kenal yah...
    saya nyasar ke blog nya Mba Diah pas googling cara membuat cireng..
    tadi udah saya praktekin...
    alhamdulilah berhasil..ga da adegan meledug, ato pas dingin dimakan keras...
    berhasil lah intinya untuk percobaan pertama ini...
    makasih ya Mba Diah buat resepnya...

    tapii tadi saya mengalami kendala,
    pas adonan biangnya dah jadi...nah pas penambahan sisa sagunya yang 150gr itu kan saya ulenin pake tangan..tapi kok sagunya ga bisa nempel semua ya ke adonan biangnya..jd saya tambahin lagi air..sampe seluruh adonan sagunya bisa terulenin dengan adonan biangnya..
    pertanyaan saya...apa airnya benar cuman 100mL ya Mba?..

    Makasiiii yaaa Mba...
    maap klo kepanjangan ..hehehe...

    ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..salam kenal juga..:)
      Memang airnya segitu aja Mba..dan nyampur tepungnya lebih mudah kalau pakai food processor atau di mixer..kalau pakai tangan memang agak susah..soalnya kan adonan biangnya kenyal dan lengket..:)

      Delete
    2. Mbaa...barusan aku coba resepmu ini loh, makasih yaa...tapi cireng buatanku kok penampakkannya ga seperti cireng buatan mba yaa...tp rasanya sih lumayan enak dan aku pake kuah cuka biar seger hihi...tadinya pen beli mpek2 tp setelah makan ini ga jd deh beli mpek2 nya hahaha....

      Delete
    3. Beda apanya Mba..?..Memang kadang2 hasil akhir masing2 orang beda2 ya klu masak..walau resep sama..jadi..tetep semangat ya..nanti di coba lagi..pasti lebih baik..:)

      Delete
  14. Assalamualaikum mb..ini di palembang mirip ama pempek dos. Krn klu digoreng meletup letup bunyinya dos gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bunda Zahfira..mksh infonya..aku juga pernah lho bikin empek2 dos ..pakai resep Ny liem..tapi tetep di rebus dulu empeknya..nggak langsung di goreng..kayak cireng ini Bun..:)

      Delete
  15. Ass mbak,mau tanya gimana caranya biar cireng tetep warna putih saat digoreng,aku coba bikin kok warna cirengnya coklat diluar ga kyk cireng2 yg laen ya.. Makasih mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai api kecil Mba Melati..dan lama ya. Kalau apinya kegedean suka langsung kering laurnya..padahal dalamnya belum kering..makanya keliatan coklat dech warnanya..:)

      Delete
  16. Mbak...mixer adonan biangnya pas msh panas gitu y mbak? Aku baru dapat kiriman cireng dari ponakan,,,enak mbak ada lapisan tepung tipis di luarnya apa itu pake tepung tapioka juga ya..? judulnya emang cireng krispi gitu hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Diah..wah..cireng krispi..aku belum pernah coba malahan Mba..hihi. eh tapi resep cireng di atas..kalau telaten nggorengnya dgn api kecil dan lama..bisa renyah juga lho Mba..pas masih panas..:)

      Delete
  17. Replies
    1. Enyakk..dan mur mer ya Mba Tian..:)

      Delete
  18. Salam kenal mbak diah..
    mau tanya donk. Kalau ga pake ikan tenggiri adonan tepungnya semua ttp sam apa harus ditmbah atau dikurangin mbak? Makasi buat infonya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..salam kenal juga,...nggak usah di ubah Mba..sama aja..paling kalau adonan masih lengket..boleh di tambah lagi sedikit tapiokanya..:)

      Delete
  19. Mbak Di...klo cireng crispy itu gmn ya ? Apa sama resepnya ? Itu lho yg pinggirannya kriting ky yg dijual sama sambel rujak. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal mebntuknay aja jgn terllau halus ya mba..kayaknya lho..dan acinya jg aci khusus ya..yang aci basah..bukan tapioka..:)

      Delete
  20. Mbak Di....saya Nurul. Mba apakah tepung tapiokanya bisa memakai tepung tapioka yang cap Tani. Trims mba.

    ReplyDelete
  21. Mba Di...saya Nurul mau tanya apakah tepung tapiokanya bisa memakai yang cap Tani. Trims mba.

    ReplyDelete
  22. Mbak, makasi resepnya yaa. Udah saya coba dan enyaakk...awalnya kupikir simple, ternyata meninggalkan pe-er mbersihin food processor karna ternyata adonannya amat-sangat-super-duper-lengket-sekali-banget-deh..aku mau nanya boleh ya mbak..
    -Pas bikin biangnya, taunya udah mateng gimana ya?setelah air mendidih, ditambahin tepung, dia langsung menggumpal ga bisa diapa-apain...
    -saat menghaluskan ikan+telur+biang memang jadinya lengket bangetttt ya?
    -tapioka sisanya ditambahkan di food processor atau diulen tangan mbak?

    Makasi ya mbak, maaf jadi panjang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aduk cepat ya mba..kalau bikin biang..di fp lengekt tapi ndak masalah kan tetep bs muter yamba..:) di campur pakai tangan aja sisa tepungnya..:)

      Delete
  23. mbak cireng waktu digoreng biar gk meledak gmna ya??
    ini habis buat cireng malah meledak kena tangan...

    ReplyDelete
  24. hi mba didi, nice to know your recipe, aku mau nanya kalau adonan tdk lgsg di goreng, apakah nanti akan mengeras stlh cireng dingin? atau ada tips lain utk cireng yg tdk lgsg di goreng?

    ReplyDelete
  25. mbak diah mau nanya, adonan pas d bentuk lengket ga mbak ? mksh

    ReplyDelete