Monday, January 27, 2014

Risoles Singkong



Punya sedikit singkong dari kemaren kok nganggur..belum sempat di olah...akhirnya tadi pas masih punya sisa ragout isian pastel..kepikiran buat risoles singkong. Risoles..yang kulitnya dari singkong...hihi..enak juga lho teman2. Jajanan unik ini dulu sering bikin sama ibuku di rumah Yogya..kalau ada acara arisan..dll. Hasil eksperimen sendiri sich..iseng..eh karena enak..jadi suka dan sering bikin dech dulu. Udah lama banget nggak bikin risoles singkong ini..baru keingat tadi memang..pas liat singkong nganggur dan isian ragout juga ada sisa sedikit.

Cara membuat kulitnya juga mudah..nggak perlu di dadar2 kayak bikin kulit risoles dari terigu..cukup singkong parut di ratakan di piring alumunium..kemudian di uapi di air mendidih. Jadi dech kulit risoles singkongnya. Selanjutnya kulit di bagi dua..di isi bahan isian tengahnya, lalu di lipat bentuk segitiga..celup ke kocokan telur..terus di guling ke tepung panir. Goreng...jadi dech risoles singkong yang enak dan unik rasanya. Biar bikin kulitnya cepat...pakai beberapa buah piring alumunium ya..atau tutup panci juga bisa. Jadi..jika satu piring di uapin..piring lain udah siap..jadi cepat sekali proses membuat kulitnya. Selamat mencoba ya teman2..jika pengen tau rasanya..^^
Risoles Singkong

Bahan kulit :
500 gram singkong, kupas, parut
1/2 sendok teh garam

Aduk rata singkong dan garam, ratakan tipis2 di bagan belakang piring alumunium atau tutup panci..lalu tutupkan ke air mendidih. Angkat kulit dengan spatula. Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isi :
150 gram ayam rebus, potong2 kecil
100 gram buncis, iris halus, rebus sebentar
2 buah wortel rebus sebentar, iris dadu kecil.
1 buah jagung manis, pipil dan rebus sebentar
Terigu 1 sendok makan
Air 50 ml
1/2 buah bawang bombay
2 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih , haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1 1/2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
Garam dan kaldu ayam bubuk sesuai selera jika suka

Cara membuat isi :
Tumis bawang bombay, bawang merah & putih sampai harum dan matang, masukkan tepung terigu, air dan bahan2 lain. Aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Koreksi rasa..bahan isian risoles yange nak..harus terasa gurih dan sedikit manis. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil satu kulit risoles singkong, bagi dua jadi setengah lingkaran, isi dengan adonan isi secukupnya..bentuk segitiga. Celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng hingga kuning kecoklatan dan matang. Sajikan dengan cabai rawit.


10 comments :

  1. Waaddduuh tiba2 dimalam yang sepi ini saya jadi lapeeerr,,, singkong emang enak dibikin apa aja ya mba,,, Risoles apa aja saya sukaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Tina...singkong ..murah meriah..dan enak di olah jadi apa aja..:)

      Delete
    2. Mba Diah numpang curhat ya... hari ini saya bikin ini mba.. trus suami saya sukaaa bangeeeett dapat 2 jempol malah dari suami.. kata dia teksturnya kenyal lembut dan krispy enak bgt. Trus suami ketagihan dan minta dibuatkan lagi malam ini... tapi mba saya sedih. Ko ya saya g bisa dengan mudah ya bikin kulit risolnya. Pertama pakai tutup panci lengkeet ditutup pancinya. Mau dilepasin ko malah robek2. Trus saya tunggu biar agak dingin bentar tetap g mau lepas dari tutup panci. Trus saya coba pakai daun pisang...lumayan mau dilepas tapi ya ampun pengorbanannya... lamaaa bgt ngelepasinnya mba. Trus lengket dimana2... hiksss.. kira2 apa yg salah ya mba... sedih. G bisa bikinin untuk suami lagi. Padahal dia sukaaaa bgt katanya... :( mohon pencerahannya ya mba hikhikhiksss

      Delete
    3. Wah..senengnya dapet 2 jempol dr suami ya Mba..sampai minta lagi..:)...
      Coba pakai piring alumunium / blek..jaman dulu itu lho Mba...terus adonan singkongnya agak di padatkan..tapi tipis2..rata gt..jadi jgn renggang ya..klu renggang nggak bisa nyatu nanti pas di uapin air mendidih. Seharusnya melepasnya sangat mudah Mba..dan nguapinnya asal airnya sudah bergolak..ya cepet bgt lho..:) kalau adonan padat dan rapat..karena begitu kena uap air..adonan kan langsung menyatu membentuk lempengan bulat tipis gitu..tggl di kelupas pakai spatula..mudah bgt..:)...Coba Mba Tina liat di postingan gelombang samudra yang pakai kulit dr singkong gini juga ya di sini..biar ada gambaran cara membuat kulitnya :http://www.diahdidi.com/2013/06/kue-tradisional-yang-unik-dari-daerah.html

      Delete
    4. Waadduuhh,,, saya kemarin emang tipis2 mba, trus nguapinnya juga lama banget sambai pening tembus pandang gitu hihihihihi,,, trus kalau yang ditutup panci saya pakai tutup panci yang stainlesssteel mungkin karena itu kali ya mba g mau lepas,,, saya punya mba tutup panci yang almunium,,, coba ya nanti kapan2 aku coba lagi,,, heheheh,,, akhirnya menemukan titik terang,,, makasih banyak ya mba,,, saya menutu tkp link yang mba kasih dulu,,,,

      Delete
    5. Hihi..iya Mba..yuk coba lagi..kalau udah tau triknya.mudah kok..:)..Kalu mau cepet pakai dua tutup panci..jadi begitu satu mateng..yang lain udah siap di tutup panci lain..tinggal di uapin..soalnya..klu aku lebih lama naruh adonan di tutup pancinya drpd nguapinnya Mba..:)

      Delete
  2. ternyata risole bisa dibuat dari singkok ya

    ReplyDelete
  3. Iya Mak Lydia..bisa banget..gluten free..:)

    ReplyDelete
  4. Enak kayaknya mbak..*ngiler.com.. Punya tips gak mbak, cara marut singkongnya supaya cepeeet dan gak bikin tangan pegel... Xixi.. -salam kenal Yanta, Jakarta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..klu nggak mau pegel..ya di giling aja di tukang parut kelapa di pasar Mba Yanta..:)

      Delete