Sunday, January 12, 2014

Ayam Goreng Kampung Kali Semarang..Enakkk & Murah..! ^^


Weekend...waktunya *turun gunung*...hihi..maksudnya ke Semarang kota bawah...waktunya icip2..di resto2 yang belum pernah kami kunjungi. Walaupun di Semarang atas..apa2 ya udah ada..restoran..kafe dll..juga banyak yang belum kami coba..tapi seminggu sekali paling nggak jalan dech kita ke Semarang bawah..biar ganti suasana..^^..soalnya kalau di Semarang atas kan adem ayem..nah..di Semarang bawah nich bisa liat jalanan yang crowded macet kayak gini nich...hihi.


Memang perkembangan kota Semarang akhir2 ini lumayan pesat..resto2..hotel2 baru bermunculan..gedung2 tinggi mulai bermunculan..dan..macetnya..udah hampir sama kayak Jakarta juga..hihi...di pusat2 kotanya sich. Tapi kalau hari kerja kata suami ya udah super macet...pernah pulang dari kantor yang biasanya cuma 1/2 jam..bisa sampai 2 jam..hihi. Untung kalau mau ke rumahku ada jalur tol..dan pintu tol Tembalang juga nggak jauh dari rumah...jadinya ya lumayan banyak membantu dech.

Kemaren..atas rekomendasi suami..karena sebelumnya udah pernah nyicip makan di sana bareng temen2nya..kita ke resto Ayam Goreng Kampung Kali. Alamatnya di Jl. DI Panjaitan No 45, Kampungkali Semarang. Tempat makannya bersih dan luas..enak suasananya buat makan rame2 sama teman atau keluarga. Menu utamanya adalah ayam goreng. Tapi banyak juga menu2 lain. Ketika masuk ke resto kita pilih dulu makanan yang di pesan..semuanya sudah siap saji..dalam keadaan udah matang dan di ungkep bumbu..tapi belum di goreng. Ada ayam goreng manis..ayam goreng gurih..ada ati , kepala ayam, babat iso, aneka pepes..tahu tempe, pete, sayur asem dll. Kita tinggal pilih2 sesuai selera, lalu di kasih ke pelayannya untuk di goreng. Jadi ayam gorengnya tersaji selalu hangat. 

Pelayannnya di sana juga cepat. Menggorengnya pun nggak butuh waktu lama..jadi aku berpikir..wah..ini pasti ayam gorengnya enak nich..karena gorengnya nggak pake lama..kayak kalau aku bikin ayam goreng..dan beneran..setelah ayam kami datang..seperti yang ku harapkan..ayamnya cuma sebentar aja di goreng di minyak panas..sampai sekedar berkulit luarnya..jadi dalemnya masih lembut banget dagingnya..apalagi di taburi kremesan yang unik rasanya..yang ayam bumbu manis..karena ada hitam2nya..aku cicipin..kayaknya rempah2 gitu..wah..enak dech. Untuk ayam yang bumbu gurih..di taburi kremesan biasa. Aku paling nggak suka ayam goreng yang keras..jadi cocok dech dengan ayam goreng sini. Yodha juga suka...suami apalagi..sampai habis 2 piring kemaren..hihi. Sambalnya bisa sepuasnya pula..udah tersaji di meja..cuma sambalnya adalah tipe sambal matang yang agak manis..dan kurang pedas. Coba ada sambel koreknya juga..wah..pasti tambah mantap dech.

Dan yang membuatku heran..harganya ternyata murah sekali..lebih murah dari ayam goreng pejuang yang sering aku makan di Semarang atas. Masak..kami pesan 3 ayam goreng..2 kepala..2 ati ayam..tahu 2..3 teh manis..nasi 4..pete..cuma 68 ribu..hihi. Malah heran sendiri aku..soalnya ayamnya saja ayam pejantan gitu..kok bisa murah banget..kayak harga warung aja..padahal tempat makanya bagus. Makanya..rame banget memang..kata suami..nggak siang..nggak malam. Seandainya ada di Semarang atas..wah..pasti bakalan sering dech makan ke situ..hihi.
  • Kepala ayam pejantan..satunya cuma 2500..hihi..kayak di warung aja..padahal enak banget nich kepala..lembut dagingnya dan gurih banget..^^

  • Dada ayam dan paha..masing2 cuma 10 ribu..wah,..murahnya..kan harga ayam pejantan seekor aja..35 ribu..kalau di bagi 4..terus di jual 10 ribu..cuma untung 5 ribu dong ya..hihi..* otak bisnisnya mulai..mikir...hihi *..Tapi ya tetep untung kali ya..kalau kuantitasnya banyak jualnya..^^
  •  Yang ini ayam gurihnya..di taburi kremesan biasa..^^
  • Restonya bersih..dan luas..ada dua ruangan..ac dan non ac pula..^^
  •  Ini yang ruangan no ac..dan tempat dispay menu pilihannya..^^

Kenyang..makan ayam goreng..lanjut jalan2 ke Ace..maksud hati mau membelikan pesanan sutil donat buat teman2 yang nitip kemaren..tapi ternyata oh ternyata...sudah habis kemaren aku liat..hiks..hiks..padahal kemaren terakhir ke sana masih ada stocknya. Jadi maaf ya teman2 yang nitip..ntar kalau ada lagi..aku beliin dech..sekarang belum bisa ya..karena nggak ada stock di Ace Simpang lima sini. Akhirnya beli mainan aja buat Yodha kemaren..dan juga..biasa..aku beli beberapa pernik dapur baru..hihi...*dasar..tukang belanja..hihi* 

Yodha..nampang dulu ahh..di depan..Ace..mau beli motor itu Kak ?..hihi..


Abis dari Ace dan nongkrong sebentar di simpang lima yang seru kalau malam minggu nich..karena banyak orang pada duduk2 di pinggir jalan dan di sekitar simpang lima..banyak yag nyewain sepeda hias warna warni..lanjut dech kita cari makan lagi..hihi..tapi bukan makan berat kok..cuma cari wedang ketan duren di Pujasera Manggala..deket Simpang lima juga. Cuma karena aku bukan penggemar duren..jadi ya cuma nemenin suami aja..hihi. Aku cicip sedikit sich..rasanya kayak kolak..yang di kasih ketan..sama duren..oh cuma gitu aja..kapan2 tak buatin sendiri dech pi di rumah..hihi. Udah dech..perut kenyang hati senang buat Yodha..dapet mainan baru..pulang dech. Semoga bermanfaat ya infonya teman2..jika mau berkunjung ke Semarangd an cari tempat makan yang enak dan murah. Selamat berwisata kuliner..^^

  •  Mau duren Kak ?..hihi..


10 comments :

  1. makasih infonya mbak Diah...kebetulan teman2 sekolah dulu pada mau maen ke rumah..biasanya sih aku ajak ke SP..mo nyoba juga ah..soalnya referensi dr Mbak Diah yang udah aku coba selalu OK.

    ReplyDelete
  2. Iya Mba Yoengi..sama2..wah..cocok banget Mba..buat kumpul2 sama teman di sana..dan hemat di kantong pula..hihi

    ReplyDelete
  3. terima kasih infonya mbak. Nanti kalo aku pulkam tak nyobanya.. Sejak tinggal disini makan ayam bisa diitung, ayamnya besar besar dan bau amis.

    ReplyDelete
  4. Iya Mba Atik..sama2..memang paling enak ya ayam kampung atau minimal pejantan gini ya Mba buat ayam goreng..:)

    ReplyDelete
  5. Fotonya senyum2 sumringah tanda puas abis makan enak & murah yaa mbak hihii ;;)

    ReplyDelete
  6. Mba Diah saya suka senyumnya... hehehe Mba disana ayam penjantan 35rb ya,,, disini 28rb tapi yang ukuran kecil sih mba,,, hehehe

    ReplyDelete
  7. Hihi..makasih Mba Tina...:)
    Iya mba..di sini ukuran lumayan gitu Mba...35 an..:)..kayak di foto kalau aku bikin masakan ayam ..segitu dech..kira2..:)

    ReplyDelete
  8. Aku nunggu diajak maem mbak diah

    ReplyDelete
  9. Hai Mba, dulu aku kuliah di semarang dan setiap baca blog-mu jadi nostalgia dengan Semarang.
    wah coba zaman kuliah dulu udah tau mba diah, aku pasti kursus masak sama mba deh.
    hehehe

    ReplyDelete