Saturday, January 4, 2014

Rollade Ayam Jamur



Selera makan Yodha yang angin anginan..membuatku harus selalu bikin lauk2 baru yang dia suka. Karena..kalau lagi suka seuatu..maunya makan pake lauk itu itu terus..tapi kalau udah bosan..udah dech..nggak mau lagi. Tapi untunglah kalau makanan daging2 olahan masih mau terus..jadi nggak kehabisan ide dech buatin lauk Yodha. 


Kayak aneka rollade..di bolak balik aja..dari rollade ayam..rollade ikan..udang..daging..dll..masih mau dia..walau paing beda rasa dan bentuk..hihi. Kalau biasanya rollade polos..kali ini aku kasih lapisan tepung panir..jadi udah beda dech buat Yodha..dan dia jadi suka..enak..rolladenya luarnya kriuk gitu katanya. Biar tambah bergizi aku tambahkna jamur merang juga..soalnya kan nggak mungkin mau..kalu di suruh makan jamur merang langsung Yodhanya..tapi kalau di campur rollade gini kan nggak tau dia..kalau udah makan jamur..hihi. Taunya ya enak aja..di makan sama saus rolladenya.

Rollade gini..selain di cocol saus..enak juga di makan dengan saus asam manis..atau saus steak coklat..terus di makan dengan kentang goreng dan sayur rebus..kayak wortel dan buncis..jadinya..kayak steak galantin daging gitu.

Rollade Ayam Jamur

Bahan :
150 gram daging ayam, haluskan
100 gram jamur merang, cincang halus
1 butir telur
50 gram tepung panir
1 sendok kaldu ayam bubuk atau garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
Bawang merah 1/2 sendok makan, haluskan
Bawang putih 2 siung, haluskan

Bahan lapisan :
Tepung terigu secukupnya
1 butir telur, kocok lepas
Tepung panir kasar secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata. Koreksi rasa dulu dengan di goreng sedikit adonan. Jika sudah pas rasanya..bungkus bentuk lontong dengan plastik atau daun. Kukus selama 20 menit.
Gulingkan di tepung etrigu, celup di kocokan telur, lalau gulingkan di tepung panir , goreng di minyak panas dan etrendam hingga matang. Potong2. Sajikan dengan saus sesuai selera.

 

13 comments :

  1. Hmmmm yummy bgt nih mbak. Cocok buat menu anak2 kl lg gerakan tutup mulut. Hihihi. Saya suka bikin juga tp dibungkus telur dadar aja. Mau coba dibuat ky nugget gini ah kapan2 :)
    Btw itu pas dibalur tepung, telur sama tepung panir...berarti bentuknya masih ky lontong gitu ya mbak? Baru kemudian dipotong2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sachi..iya mba..cobain dech..kalau di goreng luarnya krispi gini..lebih menarik kan Mba..buat anak2..mereka pasti suka..:)..Iya Mba..masih utuh kayak lontong gitu di balut panir..baru di goreng utuh2..sesudah matang baru di potong2..:)

      Delete
    2. Makasih penjelasannya mbak Diah. Udah kebayang nih aku. Hehehe. Nanti pasti aku praktekin, soalnya si kecil suka yg krispi2 gini. Makasihhh inspirasi resep barunya :)

      Delete
  2. mb diah saya mau tanya bungkusnya kalau pakai plastik untuk buat es lilin gitu ya mbak?
    kalau lanhsung pakai alumunium foil bisa mbak?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Risa..palstik es mambo itu..pakai alumunium foil..bisa juga mba..daun pisang juga bisa..:)

      Delete
  3. yang bagus jenis plastik seperti apa mbak saat menggulung roladenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tebal aja mak Lidya...tahan panas..atau mau lebih alami..pakai daun pisang aja..di bungkus kayak lontong..:)

      Delete
  4. Mbak diah, kalo roladenya udah ditepung panir bisa tahan berapa hari difrezeer dan kalo nugget bisa tahan berapa lama ya mbak difrezeer?
    gmn mbak udah sembuh mbak diah dan yodha? aku doain moga cepet sehat.
    salam _ummu habiba_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..udah sehat semua skrg..mskh Mba..:)
      Kalau di simpan di wadh tertutup di freezer..berminggu2 tahan Mba Ummu..tapi kalau aku selalu aku biasakan sebelum satu bulan harus di konsumsi..jadi biar nggak lupa numpuk di freezer..hihi.

      Delete
    2. alhamdulillah mbak kalo udah sehat, wah jadi pengen nyobain... kayake enak nih mbak... kalo dibalut tepung panir trus di potong dan disimpan dikulkas baru digoreng kira-kira rasanya beda gak mbak sama yang disimpan dikulkas dalam bentuk lontong lalu dipotong setelah digoreng? maaf ya mbak banyak nanya nih.....

      Delete
    3. Kayaknya sama aja ya Mba..hihi...jangan lupa di diamkan suhu ruang dulu sebelum di goreng ya Mba..kalau udah masuk freezer..:)

      Delete
  5. Mbk Dee, kalo qganti pake jamur tiram dll lgsg dicincang aja atau perlu disiram air panas dulu yaa?

    ReplyDelete