Tuesday, January 21, 2014

Sosis Solo Goreng Balut Telur


Akhirnya giliran aku yang ko...kemaren 3 hari nungguin Yodha di RS ..pas di sana sich karena khawatir anak sakit ya sok kuat aja ya..hihi..walau di hari pertama semalaman gantian berjaga sama suami..karena demam Yodha masih tinggi dan masih ngigau2. Baru terasa nge drop..setelah pulang ke rumah nich..badan terasa remuk redam..kemaren aku sempat demam juga setengah hari...untung..sore udah baikan..langsung tak buat tidur gitu..siang sampai sore. Cuma..masih nggregesi semua badan nich..males banget makan. Pahit semua rasanya. Kemaren di rumah sakit suamiku yang udah ngalami gejala gitu..nggak doyan makan..kalau aku sich masih doyan2 aja pas di rumah sakit..hihi..pokoknya prinsip biar tahan banting..ngemil terus pas di sana..walau jarang makan makanan berat. Untung di rumah sakitnya ada outlet bakery favoritku yang jajanannya enak2..jadi walaupun nggak makan nasi dll..tetep bisa ngemil yang enak2..soalnya selain bakery cuma ada fast food di dalam rumah sakitnya..mau keluar kok ya males kadang. Makanan kantinnya pernah beli..kurang enak..ya udah akhirnya ngemil2 aja kemaren2.

Nah..karena lagi pait nich mulut..nggak bisa kemasukan nasi dll..iseng tadi liat di kulkas masih ada stock ayam..jadi kepikiran pengen bikin cemilan aja..yang bergizi gitu..jadi nggak makan nasi nggak pa2. Akhirnya aku bikin aja sosis solo goreng..soalnya kemaren makan sosis solo goreng dari bakery langgananku itu enak banget. Jadi pegen bikin dech tadi di rumah. Sosis solo goreng yang ku makan di bakery kemaren kulitnya di balut telur..jadi lebih gurih gitu dan kulitnya jadi tetep lembut...nggak jadi kering. Jadi aku tiru dech tehniknya..tadi aku bikin sosis solo gorengnya di balut telur. Hasilnya memang lebih enak dan kulitya tetep lembut...dan gurih. Cuma ...dasar mulut nich masih pahit..ya tetep aja..makan satu biji udah...padahal biasanya gorengan sosis Solo gini aku suka banget. Ya..namanya juga lagi nggak nafsu makan..walaupun enak kok apa2 ya tetep pahit di mulut.

Memang kok..beberapa hari terlhir ini cuaca di Semarang rada ekstrim dinginnya..tiap hari hujan dan berangin..di dalam rumah aja bisa sepoi2 anginnya kayak di pantai. Kalau daya tahan tubuh nggak oke ya mudah dech..sakit flu..masuk angin dll. Kalau malam apa lagi..tambah dingin. Jadi jaga kesehatan ya teman2..supaya nggak mudah sakit di musim hujan gini. Oke..jika suka sosis Solo goreng..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya, fotonya wis asal ada dulu ya..soalnya hujan terus dari pagi..nggak ada matahari teman2..hihi..jadi asal jepret di dapur..^^



Sosis Solo Goreng  Balut Telur

Bahan Kulit :
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam

Bahan pencelup : 1 butir telur kocok lepas

Bahan isi :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus hingga matang dan suwir halus ( tadi lagi males nyuwir2..tak halusin aja bentar pakai food processor..^^ )
3 siung bawang merah
1 siung  bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
50 ml santan

Cara Membuat :
Kulit :
Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil
Buat dadar kulit tipis tipis ( pakai wajan kewalik, jika mau lebih mudah )

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.
Tambahkan santan dan bumbu2 lain. Aduk sampai bumbu meresap dan kering. Koreksi rasa. Isian sosis Solo harus gurih dan sedikit ada manisnya yang enak. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit Sosis, isi dengan sedikit bahan isi. Bentuk seperti lumpia...tapi lebih kecil dan panjang. Celup ke kocokan telur hingga rata. Goreng hingga kuning kecoklatan.

34 comments :

  1. aamppun dah di tangerang jg duingin angine sembribit mbaa,,,mba di ini katanya greges2 tp teteup aja masaknya hasilnya enak,,ini jg favoritku kalo beli di serabi notosuman, kulitnya ko bisa nggak berminyak dt mba :) ??
    dewi-tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mba :)
      Wah..ya sama ya Mba Dewi berarti...di mana2..sampai Imlek berlalu kayaknya bakal hujan nggak berhenti gini ya setiap hari..seperti tahun2 sebelumnya..:)
      Itu di celup kocokan telur Mba..jadinya lumayan nggak berminyak...kan kulit sosis solo lembut ya..kalau langsung di goreng kan nyerap minyak..kalau di celup kocokan telur jadinya lumayan nggak berminyak dech mba..:)

      Delete
  2. Dede' Yodhanya sdh sembuh mak?....mmg klo nunggu dirmh skit g usah musim hujan atau musim kemarau, bdn pasti mriang mak...mgkn kr capek krg istirhat jg...byk minum vitamin/jus buah mak...sosis solo yg biasa aku bkin jg dibalut telur mak...semoga cpt sembuh & sembuh semuanya ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah Mak Irowati..klu Yodha..udah sekolah. Memang bener bgt Mak ..ambruknya belakangan ini Emaknya..hihi.
      Enak ya Mak..kalau di balut telur ternyata..aku biasanya langsung tak goreng aja....klu bikin sosis solo..:)

      Delete
  3. Mbaak cepet sembuuuuh biar nafsu makannya balik lagi hihii :p
    Untung aku udah di rumah ga di Semarang lagi kok kayaknya makin serem yaa cuaca nya di sana huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..beneran Mba..nggak nafsu makan itu malah sungguh tidak mengenakkan...biasa cemal cemil semua masuk...ini makan buah anggur aja kok terasa pahit juga...hihi..menyiksa banget dech.
      Di sini makin dingin Mba..untung udah mudik ya..eh tapi nich rambutanku udah panen mba..hihi..bingung juga mau tak buat apa..nganggur di dapur itu belum sempat bagi2 ke tetangga..seandainya masih di sini tak anterin dech banyak..hihi

      Delete
  4. Mba diah salam kenal ya, aku salah satu stalker blognya mba hihihi, abis seneng banget sama blog mba isinya bermanfaat banget, iya mba di tanggerang juga ekstrim cuacanya jadi bener2 harus jaga kondisi, get well soon ya mba sama mas yodhanya cepat recoverynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dekyang..mksh banyak ya Mba...iya mba..bener2 harus jaga daya tahan tubuh nich dengan dopping aneka vitamin dll..:)

      Delete
  5. Ooh..
    saya baru tau, ini rupanya yang namanya sosis solo...
    tadinya saya pikir didalamnya emang sosis ...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya Mba Evi..sosis Solo itu jajanan...tapi nggak ada sosisnya..:)

      Delete
  6. Segera pulih ya mbak,,, Duh sama banget mba, disini hujan selama 5 hari berturut2 mba, didalam rumah dingiiiin banget apalagi diluar, kalau tidur juga g perlu lagi pakai pendingin ruangan sudah dingin banget, trus dingin2 gini emang enak banget nyemil,,, jadi selalu ditunggu deh resep2 dari mba Diah hehehe,,, aku mau coba nih resep yang ini... Terimakasih ya mba, dan semoga mba Diah segera pulih plus semangaaaatt.yaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Tina..mksh Mba..udah sembuh Yodhanya..kalau kita orangtua sich ihklas aja sedikit sakit ya..asal anak sehat...hihi. Kan kadang2 berdoanya supaya sakit anak di pindah ke kita aja..saking nggak teganya kalau anak sakit..^^
      Met coba ya Mba..enak sosis soslo di makan anget2..daging ayamnya aslinya di suwir2 kecil aja ya..:)

      Delete
    2. Yess mba Diah, saya sukses bikin sosis solonya.. enak banget ya mba,,, Oya saya hari ini mau bikin pastel panada resepnya mba Diah,,, hehehe

      Delete
    3. Sippp Mba Tina..itu panadanya di isi suwiran ayam kayak isian sosis Solo ini juga enak lho Mba..:)

      Delete
  7. the more and more I love to stop by here... jadi makin kangen kampung halaman nih mba Didi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mom Nisa...ayukk di buat buat obat kangen ya..:)

      Delete
  8. Cepet sembuh ya Mbak Diah... semoga segera sehat bugar kembali..cuacanya lg gak banget dinginn banget di sini juga mbak.. Mbak Di nih, lagi meriang kok ya masih masak2 rapih lagi ngelipet sosisnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Intan..mksh Mba....iseng Mba..kalau nggak ngapain2 malah bt..kalau lagi sakit aku mba..:)
      Sekarang...udah lumayan baikan Mba..aku dopping macam2..minum redoxon..veggy blend..stmj...dll...hihihi..dan banyak tidur..udah mendingan sekarang.

      Delete
    2. Seep..deh.. Take Care Mbak Di..:)

      Delete
  9. Mba diah, asli ini resep maknyus banget :) saya dah bikin hari ini dan semua suka, terutama anak ku yg gak suka daging juga abiz 2....hehehe thanx banget resepnya....bakalan sering bikin ini sosis solo goreng ihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIppp Mba..seneng dech kalau semua keluarga suka ya..terutama bener itu..kalau anak2 mau makan cemilan yang bergizi gini..jadi semangat ya Mba..bikinnya..:)

      Delete
  10. mba didi td saya bikin sosis solo, pke uht pengganti santan, soalnya santan sore2 susah dicari, tp hasilnya ga kering agak lembek, trus teflon saya kebesaran jd susah bikin bunder, tp rasanya enak,,,yang ini emba ga pake santan, sebaiknya memang pake santan ga mbak,,trimsss,,salam kenal mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulitnya aku nggak pakai santan Mba Handika..kalau isinya iya..pakai sedikit. yang lembek apanya Mba..kulitnya kah?..Mungkin terlalu encer adonannya ya..?

      Delete
    2. yg lembek kulitnya mbak,,,kayae td terlalu tebel malah mb,,,o klo terlalu encer malah lembek ya mb,,

      Delete
    3. jadi klo kulitnya pke air aja ya mbaa,,mksih mb infonyaaa,,kulit sosis n kulit lumpia sama ya mb bahanya

      Delete
    4. Beda Mba..kulit lumpia..lebih liat dan keras daripada kulit sosis Solo yang lembut..:)

      Delete
  11. Salam kenal mbak. Itu kulit sosis solo nya jadi berapa lembar mbak? Pake wajan kwalik kah? Soalnya aku buat 500gr. Air 900ml. Santan 1/4cup agak kental. Minyak 1/4cup. Garam gula merica garlic powder. Jadinya 25lembar mbak. Pakai wajan kwalik :) Nana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..lupa aku mba..ndak pernah ngitung kalau buat makanan..hihi. Iya..aku pake wajan kewalik..:)

      Delete
  12. Kak, ini kalo masak nya diganti pake daging sapi trs gak pake santan, enak gak? Ahahaha

    ReplyDelete
  13. Mbak, 1 resep ini jadi brp glundhung? :)

    ReplyDelete
  14. Mba didi, itu santan nya pake yang santan kental instan kah mba? Atau udah dicairin?

    ReplyDelete
  15. Thanks y mb tuk sharing resepnya...pingin coba segera��

    ReplyDelete