Thursday, January 16, 2014

Soto Ayam Kuali


Musim hujan gini..rentan sakit ya teman2..buat anak2...Yodha juga nich tadi malam agak demam..terus tadi tetep pengen masuk sekolah akhirnya batuk dech. Karena gurunya khawatir..jadi suruh jemput aja tadi..ya udah pulang cepat dech. Di rumah..alhamdulillah mau tidur sampai 2 kali..dan sekarang udah nggak deman lagi. Makan juga udah mau tapi maunya bubur dan yang berkuah. Ini lagi tidur..jadi bisa online dech..^^


Memang untuk cuaca seperti ini paling cocok kalau masak yang berkuah..supaya badan tetep hangat..dan juga sehat..karena kaldu ayam kan bagus buat daya tahan tubuh ya teman2. Kami paling suka makan sup ayam atau soto kalau lagi nggak enak badan. Cepat pulih dan badan jadi segar kembali. 

Oke..aku share...resep soto andalanku ya teman2..maksudnya soto yang biasa aku masak gitu sehari2..kalau lagi males coba soto2 dari berbagai daerah. Soto ini bukan identik soto manapun..jadi..soto rumahan aja dech..yang pakai bumbu komplit. Dari dulu kalau masak soto ibuku ngajarinnya ya begini..bumbunya komplet..jadi terasa gurih dan segar. Nah..biar rada beda dikit..aku masaknya pakai kuali tanah liat..dan ternyata memang lebih sedep sotonya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka soto..jika tidak ada kuali..yang pakai panci biasa aja..^^
Soto Ayam Kuali
 
Bahan-bahan :
1/2 ekor ayam kampung / pejantan
1.500 ml air
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
Daun salam 2 lembar
Lengkuas 2 cm , memarkan
1 sendok teh kaldu ayam dan  garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir / gula merah
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe
2 cm kunyit, dibakar
2 butir kemiri, disangrai
Merica butiran 1/2 sendok teh

Pelengkap:
25 gram soun, diseduh, ditiriskan
2 tangkai seledri, diiris halus
1 buah tomat, dipotong-potong
2 butir telur rebus
2 sendok makan bawang merah goreng
50 gram taoge
50 gram kol, diiris tipis
Kecap sesuai selera
Jeruk nipis jika suka

Bahan Sambal:
10 buah cabai rawit
4 buah cabai merah
3 siung bawang putih
1/4 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
Rebus air dan ayam kampung dengan api kecil hingga keluar kaldunya di kuali tanah liat.. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, serai, dan daun jeruk sampai harum. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan semua bumbu lain. Masak sampai meresap .
Angkat ayam. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir. Sisihkan.
Sambal: rebus cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih sampai layu. Angkat. Tambahkan garam. Haluskan.
Sajikan kuah soto dengan ayam suwir, pelengkap, dan sambal.


12 comments :

  1. Replies
    1. Makasih Mba Nouru..udah pulang Mba..skrg..kmr nginap 3 hari di hotel..rumah sakit ..hihi

      Delete
  2. Enak mba... gak pake santan soalnya, jd gak nambah kolesterolnya.. bookmarks dech.. kpn ada wktu mo nyoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Zulfa..met coba..bebas dari santan kok..:)

      Delete
  3. Waaaah soto *langsungsamperinrumahmbakdiah* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..malah ko Mba..Yodha..3 hari opname akhirnya..tapi skrg udah sembuh..:)

      Delete
  4. aaw...foto2 nya menggoda.. salam kenal mba Diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mom Nisa...salam kenal juga ya..:)

      Delete
  5. GWS mas Yodha,,, Cuaca seperti ini memang enak makan yang hangat2 mba, dan berkuah pastinya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Tante Tina..akhirnya ko ..muntah dan demam Yodha Tan..nginap dech di hotel..hihi..hotel rs..baru pulang kmrn sore..:)

      Delete
  6. Salam kenal mbak diah. Resepnya oke2 lho... Sy sdh bnyk yg coba dan cocok. Mbak D, mau tny nih... sy punya kuali tp blm pernah dipakai. Bgmn perlakuannya utk pertama kali, agar saat dipakai tdk bau tanah? Tks sebelumnya. Christine.

    ReplyDelete
  7. Mbak Diah, komen agak melenceng dikit. Saya baru saja beli wajan serabi dari tanah liat di Kasongan, Yogya. Sebelum pemakaian pertama kali, apa yg sebaiknya dilakukan? Ada yg bilang, dibuat ngrebus air dulu, yg lain bilang digosok ampas kelapa, ada juga bilang diolesi minyak. Mana yg paling tepat? Mohon petunjuk. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete