Wednesday, January 29, 2014

Nasi Bakar Isi Bandeng Presto Cabe Hijau


Resep nasi bakar isi bandeng ini aku dapat ide dari bakery langgananku. Pas kemaren nunggu Yodha sakit itu..sering jajan nasi bakar ini di rumah sakit..Jadi suka dech. Rasanya enak..ikan bandeng presto..ternyata enak di jadikan isian nasi bakar. Apalagi di bumbu cabe hijau..nyam nyam dech. Nasi bakar ini sebenernya mirip2 dengan arem2..cuma ukurannya lebih besar dari arem2. Setelah di kukus..nasi kemudian di bakar untuk  menciptakan aroma bakarannya. Di makan anget2..plus sambal yang pedas kalau ada..yummy dech...tinggal di tambah tempe atau tahu goreng. Tambah sipp lagi dech.

Tips untuk membuat nasi bakar yang gurih atau arem2..agar nasinya luak dan saling menempel..aku udah ketemu caranya..yaitu penambahan santan di akhir pengukusan saja..ketika nasi aron udah matang dan empuk. Jadi hasilnya lebih pulen nasinya dan nggak pero banget. Cuma memang harus pakai santan instan..kalau santan di tambahkan di akhir mengukus..supaya lebih mudah terserap oleh nasi santannya dan tidak kelembekan hasilnya. Kalau santan di tambahkan di awal..nasi jadi terpisah2 dan sulit untuk menyatu nasinya karena terlapisi santan. Santan kan mengandung minyak. Atau kalau mau lebih sehat ya..nggak usah pakai santan..malah bisa pulen banget nasinya...^^
Nasi Bakar isi Bandeng Presto Cabe Hijau

Bahan nasi :
300 gram beras
500 ml air
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 batang serai
3 sendok makan santan instan kemasan

Bahan tumisan bandeng :
1 buah bandeng presto ukuran sedang, goreng , lalu suwir2
8 buah cabai hijau ( sesuai selera pedasnya ), ulek kasar
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh gula merah
Garam atau kaldu bubuk sesuai selera
Air 50 ml

Cara membuat :
Masak beras dan air, serta rempah2 dan garam sampai air habis. Kukus sampai matang. Jika nasi udah matang, tambahkan santan instan, lalu aduk rata dan kukus lagi sebentar sampai santan meresap.

Tumisan : Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang, tambahkan cabe hijau, tumis hingga layu. Tambahkan air dan semua bumbu lain. Aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Dinginkan.

Penyelesaian : Ambil 2 lembar daun pisang, beri nasi secukupnya, ratakan, lalu isi dengan bahan tumisan secukupnya, bentuk lonjong, semat kiri kanan dengan lidi. Kukus selama 30 menit, lalu bakar sebentar hingga harum di atas api. Sajikan hangat.

13 comments :

  1. Replies
    1. Hihi..ayo sini tak bagiin Mba MUtiara..udah pulang belum nich ke Semarang ?

      Delete
  2. jualanku nih mbak didi, biasanya isiannya selera bisa tongkol, ayam ato daging, dan selalu aku tambah dengan kemangi, salam, laos dan sereh, aroma rempahnya jadi kerasa sekali, di lengkapi pake sambel mentah, sambel dabu ato sambel terasi lebih enak lagi plus lalaban dan tempe tahu... aku kalo males masak juga andalanku bikin nasi bakar, bikin pagi bisa buat makan sampe nanti sore hehehehe, tinggal di panasin di bara api aja kalo mo di makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya kalau nasi bakar isi teri medan itu lho Mba Esti..nah pas nyoba isi bandeng presto kok enak banget ternyata..jadi pengen bikin kmrn..:)
      Memang praktis ya Mba..jadi menu awet seharian..hihi...tinggal ganti2 lauknya aja..:)

      Delete
  3. mbak de, it gula merahnya d masukkan pas kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk bareng bumbu2 lain dan airnya Mba Nouru..:)

      Delete
  4. waah...aku kmrn jg msk nasi bakar mak didi...tapi isinya daging ayam sdkt (pengganti kaldu bubuk) + ikan pindang yg aku ambil dagingnya sj & aku suwir2..bumbunya sm cm g pkai daun salam sm gula tp aku bri daun kemangi + cabe rawit cingcang...jd ada ranjaunya...aroma kemanginya sedap...aku bg ke teman ktnya mantab...kpn2 aku cb jg resep mak didi...biar bervariasi...hihi

    ReplyDelete
  5. Wah..iya..tambah kemangi sedep ya Mak Irowati..sayangnya pa nggak punya kemaren. Iya..di coba sekali2 isi bandeng presto Mak..enak juga lho..:)

    ReplyDelete
  6. Isinya ikan tongkol atw peda enak jg kli ya mba diah...klo santan yg fresh bisa kn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba..pakai santan fresh..:)
      Isi..bisa di ganti sesuai selera..mau teri..dll juga boleh..:)

      Delete
  7. yang itu buat berapa porsi ya mbak?????
    #bingung

    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 / 3 / 4 mba..:)..hihi tergantung ukuran sich..

      Delete
  8. Hi Mba Di, ikan bandengnya dimasukinnya ke tumisan pas kapan yah ? maaf mba ini Windy dr Sydney aku ga ada blog jd pake anonymous he he he.. thank you.

    ReplyDelete