Saturday, January 25, 2014

Rawon Iga Bakar


Menu rawon iga bakar ini..tercipta resepnya..tanpa sengaja..hihi. Kemaren punya daging iga..cuma 1/2 kg ..nanggung sich..jadi bingung mau di masak apa..mau di ungkep bumbu manis kayak biasanya..favorit Yodha dan papinya..kok ya nanggung banget..soalnya udah masaknya lama..jadinya menyusut..dikit banget..hihi. Mau di buat sup..kok bosan..dari kemaren masak sup terus. Akhirnya kepikiran aja di buat rawon..kan ada kuahnya juga..tapi berbumbu kuat. Kebetulan Yodha dan papinya juga suka rawon. 

Akhirnya jadi dech iganya di buat rawon. Udah mateng..di cicip..oke..kuahnya udah sedep banget..tapi masih mikir..sayang ya..daging iga..kalau cuma di buat masakan berkuah..kan daging iga enak sekali..jika di goreng..atau di bakar..hihi. Akhirnya..kepikiran di jadiin rawon iga bakar aja. Jadi di masak dan di ungkep lagi dong iganya dengan bumbu2..?..Ah...nggak perlu repot2 teman2..kan iganya sudah di ungkep dengan bumbu rawon dengan api kecil..jadi udah empuk dan merasuk bumbu rawonnya..jadi..tinggal di bakar aja kan..praktis..hihi. Mbakarnya juga nggak perlu repot2 menyalakan panggangan dari arang..cukup..pakai teflon saja..angkat iga dari kuah rawon..olesi dengan merica dan kecap manis secukupnya. Lalu panggang di teflon yang di beri sedikit margarin..beres dech..jadilah iga bakar bumbu rawon yang yummy. Tetep..kuah rawonnya jangan di buang ya teman2...tetep enak di makan bareng iga bakarnya. Yodha aja..lahap sekali makan kemaren..enak mi dagingnya ..katanya. Sippp dech nemu satu lagi menu bakaran favorit keluargaku tanpa sengaja..hihi. Penasaran..rasa rawon iga bakar teman2..sedappp kok..yukk di coba ya..^^
Rawon Iga Bakar

Bahan-bahan  :
500 gram daging iga sapi
1500 ml air
4 lembar daun jeruk buang tulangnya
1 batang serai ambil putihnya, memarkan
1 sendok teh garam / kaldu sapi bubuk secukupnya
1/2 sendok makan gula merah / sesuai selera
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah keluak seduh
1 cm kunyit bakar dan 2 cm jahe
4 butir kemiri sangrai

Bahan Pelengkap:
sambal terasi
kerupuk udang
taoge
telur asin

Cara Memasak :
Rebus daging iga dan air sampai matang dan empuk dengan api kecil. Saring dan ukur 1.000 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
Tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Tuang ke rebusan daging. Masukkan bumbu2 lain. Masak sampai matang dan meresap. Angkat daging iga, bakar di atas teflon hingga kecoklatan dengan di beri olesan kecap dan merica secukupnya dan teflon di oles sedikit margarin.
Sajikan rawon dengan pelengkapnya

6 comments :

  1. Sedep memang mba rawon, saya jg suka. Biasanya saya buat rawon campur tulang ditambah labu siam buat sayurnya...

    Salam
    Ari - Batam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..jadi tambah bergizi ya Mba Ari..ada sayurnya..:)

      Delete
  2. mbak,apa punya resep kripik ceker renyah.soalnya anakku seneng sekali sama ceker.mksh.tatik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sich dulu pernah baca liputan kripik ceker di tabloid info kuliner Mba..nanti kalau sempat tak liatin ya..moga2 masih ada tabloidnya..:)

      Delete