Wednesday, January 15, 2014

Pedas Manis Ayam Bakar Bumbu Rujak..Sedapp...! ^^


Ayam...hampir tiap beberapa hari sekali pasti aku beli..buat persediaan di dapur. Nah..kadang2 bosan juga kalau di masak gitu2 aja..misal di buat ayam goreng atau ayam ungkep biasa. Makanya banyak sekali variasi resep ayam di dapur ku ini..di antaranya adalah ayam bumbu pedas. Dari berbagai resep ayam pedas dari berbagai daerah yang sudah aku coba..paling suka ya ayam panggang bumbu rujak ini. Soalnya....di akhir masaknya..pakai kecap manis..jadi ada rasa2 manisnya gitu. Biasa..lidah Jawa..hihi. Ayam bakar bumbu rujak ini adalah ayam bakar bumbu komplet ..bukan bumbu rujak dalam artian sebenernya lho ya..tapi bumbu ungkep komplet biasa yang di tambah cabe dan di beri kecap manis di waktu akhir masaknya..kemudian di bakar.

Mungkin mirip2 bumbu Bali ya teman2..tapi citarasanya berbeda kok. Kalau ayam bumbu rujak ini...lebih terasa gurih manis. Paling enak di nikmati hangat dengan nasi putih hangat..nggak perlu sambel lagi dech..udah pedas dan menggugah selera. Agar hasil bisa lebih enak..lebih baik gunakan ayam kampung atau pejantan. tapi jika tidak ada ya ayam broiler biasa juga boleh. Ungkep ayam dengan api kecil agar bumbu2 bisa meresap sempurna. Jika mau pedas banget..gunakan banyak cabe rawit ya.Kalau aku sedang2 aja pedasnya..jadi cuma aku tambah beberap buah cabe rawit..dan lebih banyak cabe merahnya.
Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan :
1 ekor ayam pejantan
2 lembar daun salam
2 batang sereh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
Kaldu ayam jika suka dan  garam sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok makan
Air kelapa 500 ml plus 500 ml santan kental
Kecap manis 2 - 3 sendok makan

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabai merah dan cabe rawit sesuai selera
1/2 sendok teh merica butiran
1/2 sendok makan ketumbar
8 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam, air kelapa, santan dan semua bumbu lain. Ungkep dengan api kecil..sambil sesekali di koreksi rasanya hingga santan menyusut. Terakhir masukkan kecap manis sesuai selera, aduk rata.
Bakar sambil di oles sisa bumbu.
Sajikan dengan lalapan.

23 comments :

  1. aku bayangkin kalo ayam bakar itu susah buatnya, tp stlh baca resep mak Diah Didi gampang bgt heheheeh *gaya* moga bisa di praktekkan dlm wktu dekat
    makasih mak....({})

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak Irma...memang nggak susah kok Mak..yang penting di ungkep dulu sama bumbu2 sampau meresap dan empuk..terus di bakar dech..kalau males nyalain arang bakaran..ya..di bakar aja di atas teflon..di oles margarain dikit..sama enaknya kok..kan ada efek kebakar juga tho mba ayamnya..hihi.

      Delete
    2. mak Diah....sya punya oven listrik yg bs buat manggang ayam jg, apa bisa di panggang di situ? karena dari awal beli sya pake buat baking kue-kua aja dan blm prnh sy cba buat manggang ayam
      Mohon ksh tipsnya makasih mak :)

      Delete
    3. Iya bisa Mak Irma...cuma musti satu ekor kayaknya ya..kalau pakai oven dan di utuhin gitu ya masaknya kan nati ayamnya muter2 gt ya kalau di panggang di oven..:)

      Delete
  2. Bener deh mba, Akhir2 ini saya seminggu bisa 2x beli ayam pejantan, sampai2 di tanyain sama teman saya,,, "Ko suka sih, saya ayam pejantan, Bukannya layaat (alot) ya kalau dimasak."... Dia belum tau aja ya mba hehehe. Ternyata setelah saya coba resep dari mba Diah yang menggunakan ayam pejantan. G ada tuh ayamnya bakalan layat atau alot,,, Makasih ya mba Diah, Resepnya masuk daftar eksekusi nih.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..sama dech..aku suka buat kaldu juga soalnya mba Tina..klu ayam pejantan ini. Jadi..sebelum di olah..di ambil dulu kaldunya bentar..habis itu di ungkep sama bumbu2 sampai empuk..tetep enak kok..jadi dapet dua dech jika beli ayam pejantan..dapet kaldunya..dapet dagingnya..hihi..*Mak Irit *..kaldunya bisa buat sup..buat kuah bakso..bubur ayam..dll. Sippp di coba ya Mba..enak..^^

      Delete
    2. Waaaah iya tuh... bener banget ya mba... sebelumnya diambil kaldunya dulu ya... biar dapat 2 ya mba. Ayamnya dapet kaldunya dapaaat.. boleh nih tipsnya...

      Delete
  3. Manteeeeppsss....

    Digado enak, d buat lauk jg enak...

    Emg iya mba... sering mati gaya sama menu harian... heheeh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina..tapi..tetep semangat ya..utak atik resep harian biar nggak bosan yang di rumah..:)

      Delete
  4. mbak diah nanya boleh yaa,, kl ngalusin bumbu pake ulegan apa blender mbak?hehehe.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai ulekan dong Mba Dian..kalau pakai blender itu kurang sedep..karena musti di tambah air dan jadinya halus sekali..citarasanay berkurang..:)

      Delete
  5. mbak diah..daun salamnya emang 2 lembar 2 lembar atau yang 2 lembar dibawah itu daun jeruk ya mbak? udah nyobain beberapa resep njenengan dan mak nyussss..deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..itu daun jeruk Mba Sulastini..yang satu..hihi...salah ketik..:)

      Delete
  6. Takaran kaldu bubuk dan garam nya kira-kira berapa mbak?? ... Hihi barap maklum baru belajar masak.. Terima kasih Mbak Diah... -Diyan, Jarta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaldu bubuk satu sendok teh aja mba..cukup..garam dikit dulu juga,,nanti pas ayamnya udah mateng di cicpin..kalau kurang di tambahin lagi garam aja..:)

      Delete
  7. Mb klo ga ada air kelapa bisa diganti air biasa ga?

    ReplyDelete
  8. Halo Mba. Akhir pekan kemarin aku coba resep ini dengan sedikit modifikasi, jadi ayam setelah dibumbui air jeruk nipis kemudian aku bakar setengah matang. Lalu selanjutnya mengikuti resep Mba Didi. Kata bapakku, kakak dan kakak ipar, adek, enak banget! Malah adik suruh aku jualan (hadeeeuh ya kaliiii...) Nuhun Mba resepnya.

    Oia satu hal Mba: Apakah Mba Didi bisa share langkah2 pemotongan dan pembersihan ayam ala Mba DiahDidi? hehe.

    Terima kasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Siti..cara membersihkan ayam..biasa aja mba di cuci bersih di air mengalir..kalau males motong sdr tggl minta tukang penjual ayam di pasar motong2..hihi. Jk ayam broiler bs di lumuri air jeruk nipis..:)

      Delete
  9. Tadi siang masak ini. Bumbunya enak! Bikin nagih colek colekin bumbunya. Hahaha. makasih ya resepnya.

    Aku pake ayam kampung baru 2 hari sih dibekuin di freezer, tapi pas dimasak agak bau ayam gitu. Minta tips caranya freezerin ayam tanpa bau dong mba. Makasih banyak

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum mbak Diah, salam kenal dr saya Lina. Saya mau ucapkan terima kasih utk mbak Diah atas resep ini, saya sudah mencoba dan hasilnya maknyusss. Semoga mbak Diah sehat selalu dan terus berbagi ilmu masak memasak di website mbak yg sering saya hampiri (salah satu fav cooking web saya). Sekali lagi trmksh mbak Diah. Salam, Lina

    ReplyDelete