Google Ad

Sunday, January 26, 2014

Churros Panggang



Churros...adalah jajanan khas Mexico...kalau di kita mirip2 lah sama sus goreng gitu. Dulu pertama makan churros..di salah satu mall di Yogya....ada outlet yang jual churros..enak banget. Churros ini jadinya kayak gorengan gitu....yang di nikmati dengan taburan kayu manis bubuk dan gula. Pagi ini pengen bikin churros..tapi yang lebih sehat..yaitu di panggang..jadilah baked churros...yang nggak berminyak..karena di panggang memakai cetakan donat listrik..jadi..bentuk churrosnya ya..jadi bolong di tengah..hihi...kayak donat mini. Kalau aslinya bentuk churros itu di spuit pakai kantong plastik segitiga yang di beri spuit..kemudian di semprotkan ke minyak panas dan di goreng. Tapi karena Yodha lagi batuk..juga ada ponakan dik Icha yang main ke rumah juga lagi batuk..jadi kayaknya baked churros..jadi pilihan yang tepat..dan lebih sehat buat anak2. Untuk Yodha dan ponakan sich mereka lebih suka di celup coklat churrosnya..kalau aku lebih suka pakai taburan kayu manis dan gula.

Pas bikin churros ini jadi ingat salah satu acara cooking show..di channel afc..di mana seoarang celebrity chef terkenal..yang mendapat proyek untuk membuat hidangan Mexico di salah satu private party orang kaya..kebingunan mau masak apa..karena nggak biasa dengan hidangan Mexico..akhirnya salah satu hidangan yang di buat adalah churros ini..dan hasilnya..dia mendapat pujian dari para tamu..wah2..ternyata gorengan juga di sukai ya di luar sana..cuma bikin churros aja chefnya benar2 mendapatkan pujian yang luar biasa katanya dari para tamu..coba kalau chef itu belajar bikin macam2 gorengan di Indonesia ya..pasti akan tambah di puji2..hihi..lha Indonesia kan surganya gorengan..enak2 semua gorengannya..hihi.

Oh ya..churros..panggang ini enak di makan anget2 begitu matang..soalnya kalau dingin ya..jadi agak lembek dan kempes dech..kayak sus. Di goreng..memang lebih enak..tapi di panggang pun juga enak kok..kan lebih sehat nggak berminyak banget. Tadi Yodha dan adik sepupunya..aku kasih sepiring churros dengan celupan coklat leleh..buat berdua..langsung ludes dech..Jika nggak punya cetakan donat listrik..bisa juga kali di panggang di loyang biasa...kayak bikin sus..tapi di spuit panjang2 gitu. Biar tahu rasa aslinya churros...aku nyoba resep luar ya..jadi ukurannya pakai cup. Resep aslinya dari blognya Nicole..whateveryuodo.com. Next time mau coba churros yang versi Indonesia juga..kayaknya hasilnya lebih padat dech kalau di goreng..tapi kalau udah nggak pada batuk...kalau yang di panggang ini..lembut..kayak sus.

Baked Churros ( Churros Panggang )
Ingredients ( bahan )
  • 1 tablespoon sugar ( 1 sendok makan gula pasir )
  • ½ cup butter, unsalted ( 1/2 cup mentega yang tidak asin )
  • 1 cup water ( 1 cup air )
  • ¼ teaspoon salt ( 1/4 sendok teh garam )
  • 1 cup flour ( 1 cup tepung )
  • 3 large eggs ( 3 butir telur )
  • Cinnamon and sugar to coat ( Kayu manis bubuk dan gula untuk taburan )
Instructions ( Cara membuat )
  • Combine sugar, butter, water, and salt in a sauce pan. Heat to a boil and then reduce heat to low. Add flour and stir well. Cook over low heat for 2 minutes. ( Campur gula, mentega, garam dan air di panci, masak di api kecil hingga mentega larut, masukkan tepung terigu, aduk rata sekitar 2 menit )
  • Remove from heat and let cool 10-15 minutes. ( Angkat dari api dan biarkan 10 - 15 menit sampai hangat )
  • Add eggs, one at a time, mixing well between each. ( tambahkan telur satu persatu, mixer hingga rata )
  • Place prepared dough into a pastry bag or large ziplock fitted with a large star tip. Pipe 3-4 inch sections into oil preheated to 350 degrees. Fry until light golden brown, remove from oil, and toss in cinnamon sugar. Serve immediately. ( Taruh adonan di kantung plastik segitiga, panggang di cetakan donat litrik kalau aku..kalau aslinay di goreng di minyak panas..hingga kecoklatan. Sajikan dengan taburan kayu manis bubuk dan gula..atau di celup coklat leleh. )

15 comments :

  1. Toss dulu mbak.Aq udah pernah Potato churros.tp digoreng.dicampur kentang.mirip antara donat dan soes. Yep,enak dimakan selagi hangat. Sarah paling suka dicelup coklat.yammi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..tambah enak itu ya Mba kalau di tambahin umbi2an..lebih padat churrosnya..dan lebih Indonesia banget ya..hihi..kpn2 aku mau coba bikin shurros ubi juga..:)

      Delete
  2. Wa... bebas minyak dong ya., mauuuuu...

    Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...Yodha lagi batuk..jadi bikin cemilan buat dia yang bebas minyak..:)

      Delete
  3. mbak...kalo di semarang beli cetakannya di mana, harganya berapa?serbaguna juga nih,n lebih sehat ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di Ace hardware mba..tapi bertahun2 yang lalu lho..hihi...harganya 250 ribu..:)

      Delete
  4. Salam kenal mba' makasih ya sudah sharing resep churrosnya. Jadi ada ide untuk memanfaatkan cetakan donat listrik yang sudah lama teronggok dengan manisnya....
    -rita-

    ReplyDelete
  5. Mba yakin ini resep churros betulan? Saudara saya yang asli meksiko pernah masak buat saya dan dia nggak pakai mentega dan telur. Cuma air, tepung, dan baking soda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba..yang namanya resep suatu makanan biasanya berkembang ya Mba....:)..Memang mungkin aslinya yang seperti yang Mba bilang..tapi kalau di setiap Negara lain berkembangnya beda2 sich ..di Amerika misalnya..kayak yang aku contek resepnay di atas tuch..di Indonesia malah *churos* itu di buat dari bahan2 kayak sus gitu..hihi.

      Delete
  6. Mbak,ini pake tepung protein rendah ato protein tinggi? Trus unsalted butternya biasanya pake merk apa ya? Maap yah mbak,kebanyakan nanya, msh niubie bingittsss nih. Tapi suka banget makan. Daripada ngabisin duit buat beli, mending belajar bikin sendiri kan? Hehehe... Terima kasih mbak.

    -Indri-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedang aja Mba Indri..kala yang churros goreng baru pakai yang renah biar renyah..:)

      Delete
    2. Oh,oke mbak. Terima ksh. Btw, aq pernah liat resep ini yg ditambahin Lemon Zest. Gpp kah mbak? Sebaiknya parutan kulit Lemon atau Lemon Juice mbak?

      Delete
    3. Mbak,ini ditambahin Lemon oke ga ya? Rada ngawur dan melenceng dari resep sih...

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel