Tuesday, February 12, 2013

Kue Getas


Aku buat kue ini udah beberapa waktu lalu..cuma lupa terus mau posting di blog..padahal kue ini kue favorit ku dan suami..enak banget. Kue getas adalah kue dari Jawa Tengah yang di buat dari tepung ketan dan kelapa..di goreng terus di balut / di besta pakai gula pasir. Ada yang bilang kue ini kue gemblong ya..kalau di Jakarta dan sekitarnya..tapi ada yang bilang juga beda..karena kue gemblong itu dari ketan kukus yang di tumbuk terus di goreng dan di besta gula juga, tapi pakai gula  merah. Jadi..aku pakai nama kue getas aja..karena nama ini lah yang melekat di ingatan ku..karena ibuku juga sering buat dulu dan juga di pasar2 tradisional di Jawa Tengah di sebutnya kue getas. Rasanya enak sekali..legit..gurih dan manis. Kalau beli di pasar tuch kadang alot dan terlalu manis kue getasnya..nah kalau bikin sendiri..bisa pas..rasanya sesuai selera...manisnya juga pas..makan banyak pun tidak akan bosan..heran juga ya..kadang penjual jajan pasar di pasar tradisonal tuch sekarang kurang otentik rasanya, nggak kayak jaman dulu masih kecil. Jadi..biar puas dan lebih bersih..ayo bikin sendiri jajan pasar kue getas ini..di jamin..enakkk..dan bikinnya juga gampang banget ^_^......

Kue Getas 

Bahan-bahan :
125 gram tepung ketan putih
50 gram tepung beras
150 gram kelapa parut kasar
3/4 sendok teh garam
125 ml santan dari 1/2 butir kelapa
minyak untuk menggoreng

Bahan Besta:
75 gram gula pasir
35 ml air
1/2 sendok teh garam

Cara Pengolahan :
  1. Aduk rata tepung ketan putih, tepung beras, kelapa parut, dan garam. Tuang santan sedikit – sedikit. Aduk rata. Bentuk bulat pipih.
  2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
  3. Besta: rebus gula pasir, garam dan air  sambil diaduk sampai berambut dan kental. Masukkan kue. Aduk rata. Matikan api. Aduk terus sampai kering.
Tips agar besta warnanya bisa putih..buat bestanya pakai api kecil dan aduk terus sampai kental dan berambut..baru masukkan getasnya..aduk2 dan matikan api..nanti gula akan mengkristal dengan sendirinya.
Buat ukuran getasnya jangan terlalu besar ya, supaya cepat matang sampai ke dalam2 juga, kalau terlalu besar dan kelamaan di goreng, hati2 getasnya bisa mbledos..hihi.





32 comments :

  1. Mba, sepertinya cara pengolah poin ke-3 salah ketik :D
    Kebetulan saya juga suka kue ini, kapan-kapan bikin ah, trims ya resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mba Hannie..itu ku copi paste dr resep getas yang besta pandan yang postingan lama..hihi..jadi bestany berwarna hijau gt...thank koreksinya..

      Delete
  2. mba diah, aku penasaran dg pembuatan bestanya. Karena selama ini blm pernah sekalipun berhasil bikin salut gula... Hehehe... Bagi tips suksesnya dong mba, supaya bestanya garing dan gak pahit... Matur suwun lho mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Lina..pakai api kecil dulu..sambil di aduk2 terus gulanya..sampai berambut dan kental ya muncul buaih gt.nah..baru masukkan getasnya..terus langsung matikan api dan di aduk2 ya..biar nggak gosong atau pahit. Nanti gulanya akan mengera sendiri kok..^^..met coba ya..

      Delete
  3. hay mba, aku udah praktekkin tadi sore, berhasil- sil- sil.... hehehe... karena ini permintaan adik iparku yang lagi ngidam pengen makan gemblong anget, jadi ya terpaksa bikin sendiri. aku izin pasang resepnya di blogku ya mba...
    sekali lagi terima kasih banyak mba, asli, senaaaang sekali bisa bikin besta yang sesuai harapan...
    matur suwun sanget...
    salam manis.... (semanis besta perdana yang berhasil... hihihi...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Lina..sama2..wah sipppp..berhasil menyenangkan adik iparnya ya...mbak yang sangat baikk..^^

      Delete
  4. aku juga hari ini praktek mba diahh...dan berhasillll makasihh bangett yaaaaa.sampe mama ku minta besok buat lagi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..sippp Mba Mei..syukurlah jika suka ya..Mamanya..pasti seneng dech bisa masakin kue yang di sukai Mama ya..good job mba..:)

      Delete
  5. Halo mbak, saya baru coba praktek td pagi. Hasilnya enak, tp kok kurang kenyal ya. Sy bikinnya emg pake ilmu kira2 krn ga punya timbangan, hehe jd maluu...
    Tep ketan : tep beras 3:1. Apa krn terlalu banyak tep beras yg sy pake makanya kurang kenyal?
    Mohon koreksinya ya mbak.. Tks banyak uda berbagi ilmu :-)

    Dian #yangsukabangetbacablognyambakdiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..ya memang sebaiknya di timbang Mba Dian..kalau bikin kue..:)..
      Hayukk..kalau suka masak dan bikin kue..beli timbangan yang murah aja itu lho mba..ada kok yang harganya cuma 55 ribu..biar bisa sesuai resep ya..:)
      Atau kalau mau mudah dan terpaksa nggak di timbang bahannya, kalau mau kenyal banget ya pakai tepung ketan aja semua..di jamin kenyal banget..hihi..alias alot..:)

      Delete
    2. Habis ini beli timbangan ah...hihihi
      Tengkyu mbak..

      Dian #yangsukabangetbacablognyambakdiah

      Delete
    3. Sippp Mba Dian..berguna sekali kok di dapur..:)

      Delete
  6. Mba Diah btw pakai kelapa parut tua or Ÿªήğ buat urap ya?♥ ♏ªτůя:);)ΠůώůΠ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tua ndak masalah Mba Ika..malah semakin gurih..:)

      Delete
  7. Gitu ya ♏ϐάκ Diah,✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ ya :)

    ReplyDelete
  8. Mbak Diah, kok aku ga berhasil ya? Udah pake kelapa tua, kecil2, digoteng pake api kecil juga... Luarnya gosong tp dalemnya mentah. Pliz mbak help, aku doyan bgt kue ini. Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai wajan apa Mba..alumunium bisa kah ?..Kalau api sudah kecil..harusnya sich bisa matang sempurna ya..sampai kuning kecoklatan gt..kecuali pakai wajan alumunium tipis gt kali ya cepet gosong..:)

      Delete
    2. Iya ya, wajanku aluminium tipis kecil gitu. Lha bagusnya pake wajan apa Mbak? Sama ibuku ga boleh pake teflon skrg, aku jg bingung nih. Thanks mbak!

      Delete
    3. Kalau aku goreng2 pakai wajan besi atau stainless stell tebel Mba..bisa yang wajan besi tradisional..atau yang modern..juga byk..:)

      Delete
  9. Hai mba... Mohon pencerahannya donk.. itu proses bikin gulanya kaya bikin tempe manis itu ya? Tapi klo bikin tempe manis kok cuma lengket biasa ya gak ngeprul kayak si getas? Takutnya nnti begitu dituang si getas, gak brintil2 gulanya... Sebelum bikin nanya masternya dlu, biar gak banyak gagalnya.. hee.. Thx mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Indah..maaf baru bales..kmrn bilang iya..tapi kok lupa..hihi
      Mirip Mba..tapi kalau buat kue ini..gulanya lebih banyak..jadinya bisa mengeras menyelimuti kuenya..kalau tempe manis itu kan cuma buat perasa manis ya gulanya..:)

      Delete
  10. Mba..klo gula pasirnya dkurangi jadi 25gr gpp kn mba??soale ak buat kemaren jadinya maniiiiss banged,tapi enak dan empuk :)

    ReplyDelete
  11. Iya Mba..boleh banget di kurangi..:)

    ReplyDelete
  12. Salam kenal mb diah,aq baru aja nyoba bikin kue getasnya,kan aq kehabisan tpg beras,akhirnya aq pake aja terigu heheehe,enak jg mb,maknyuss resepnya mbak..makasih sdh share resep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sharenya Mba Niken,..iya..itu cuma buat campuran aja Mba..biar nggak liat banget getasnya..bisa pakai tapioka juga..:)

      Delete
  13. Mksh resepny skrng hobby masakku jd. Bisa menghasilkan duit..getasny laku di pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..ikut seneng Mba Elya..smg jadi tambahan rejeki ya..:)

      Delete
  14. Mba Didi, salam kenal dr jauh. Mau tanya tips nya agar bestanya ga cepat cair donk. Mau bawain oleh2 untuk teman yg tinggalnya 4 jam an dr tmp aku tinggal. Yg sudah sudah, bestanya pasti cair setelah beberapa jam. Trima kasih sebelumnya ya. Salam, Santy

    ReplyDelete
  15. Mba Diah...mohon pencerahan, barusan praktek. Tapi besta nya malab jadi seperti gulali. Tidak berbrintil brintil seperti punya Mba Diah. Itu kenapa ya ? Oh ya mba..terimakasih ya, blog nya banyak menginspirasi saya dalam memasak

    ReplyDelete
  16. Hi Mba Diah..selamat pagi..mau laporan lagi nih..(laporan mulu ya..hehe) barusan aku berhasil buat getas ini (ditempatku namanya gemblong)..bestanya aku tambahkan gula merah dikit...terimakasih banyak resepnya ya Mba...oya semalem aku buat selai nanas jg..pagi ini dipakai untuk olesan roti bekal anakku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIppp mba..syukurlah jika berhasil. Wah..rajin sekali bikin selai homemade..:) semangat terus ya..:)

      Delete
  17. mb DD,,,kemarin aku praktek bkin getas ini, ibuku udh lama kangen kue ini, nitip tkg sayur langganan ga prnah dpt,,smpe direwangi ga puasa biar bs sgr mkan kue ini hihi..,,hasilnya lmyn jg mb,, tp ga bisa berongga kyk mb DD bkin,,n terjadi tragedi,,mbledoss dahsyat mpe tangan kakiku keciprat minyak,,hihi..untung sll sedia saleb bakar d dapur,,pdhl bkinnya udh kecil2 lo mb,,kenapa ya,,apa krn kurang lembek santan kurang?? smpe udh tak tusuk2 pk garpu mlh pas udh diangkat ttp mbledos di serokan hihihi,,over all sukaaa..bkin 500gr mpe tak bagi2 tetanggaku bilang enakkk smua...thx mb DD...---bunda chera

    ReplyDelete